Pakaian Adat Sulawesi Barat Lengkap beserta Maknanya

29

Pakaian Adat Sulawesi Barat Lengkap beserta Maknanya – Jika kita bicara Indonesia Timur mungkin masyarakat akan langsung menjawab Papua. Padahal begitu banyak wilayah Indonesia Timur yang memiliki ke unikkan dan kekayaannya tersendiri  baik dari segi budaya , bahasa, dan nilai norma. Salah satu wilayahnya yaitu Sulawesi Barat (Mamuju).  Budaya yang begitu kental sangat terasa di Sulawesi Barat terutama pakaian adatnya. Oleh karena itu artikel ini aan menjelaskan keberagaman pakaian adat yang ada di Sulawesi Barat.

Pakaian Adat Sulawesi Barat

#1 Pakaian adat Wanita Mandar

Pakaian Adat Sulawesi Barat

Pakaian untuk wanita biasanya disebut pattuqduq towaine, yang mana pakaian ini dipakai pada acara-acara upacara adat dan pernikahan yang memiliki ke khasan tersendiri. Wanita Mandar ketika mengenakan pakaian ini juga menambahkan berbagai aksesoris agar menambah kesan keindahan. Jika digunakan pada keseharian bisa ditambahkan 18 aksesoris dan juga pada saat acara pernikahan biasanya pengantin menambahkan 24 aksesoris.

#2 Pakaian adat laki-laki Mandar

Pakaian Adat Sulawesi Barat

Untuk kaum pria memakai pakaian adat juga termasuk kebanggaan dan juga melestarikan budayanya. Laki-laki Mandar biasanya menggunakan pakaian adat berupa jas tertutup berwarna hitam yang denga lengan panjang yang mejulur hingga pergelangan tangan. Sedangkan untuk bagian bawahnya menggunakan celana panjang yang warnanya juga dipadukkan dengan pakaian atas, kemudian ditambahkan kain sarung yang dilingkarkan dari pinggang sampai lutut.

#3 Pakaian adat laki-laki Toraja

Pakaian Adat Sulawesi Barat

Untuk pakaian adat ini diperuntukkan bagi laki-laki yang panjangnya bisa sampai lutut atau biasa disebut Sepa Tallung Buhu. Pakaian ini terus dilestarikan sehingga pemerintah mewajibkan PNS menggunkannya dalam kedinasannya. Pada saat dipakai biasanya menambahkan aksesoris berupa kandaure, gayang dan lipa.

#4 Pakaian adat wanita Toraja

Pakaian Adat Sulawesi Barat

Pakaian adat ini berupa lengan pendek dengan dominasi warna kuning merah. Tak kalah dengan pakaian adat laki-laki  Toraja, pakaian adat wanita Toraja ini juga diwajibkan untuk pegawai negeri sipil. Tentunya menjadikan ciri bagi dearah Toraja dan melestarikan budaya lokal.

#5 Pakaian adat Kandore

Pakaian Adat Sulawesi Barat

Pakaian adat ini diperuntukkan wanita yang membuatnya beda adalah dipenuhi dengan manik-manik atau perhiasan yang mampu menambah kesan keindahannya. Kemudian ditambah dengan ikat pinggang , juga gelang pada kedua lengannya yang begitu indah dan manik-manik lainnya.

#6 Pakaian sarung kain tenun Toraja

Pakaian Adat Sulawesi Barat

Pengguna sarung kain tenun Toraja ini tidak dibatasi untuk wanita atau laki-laki akan tetapi sering dipakai oleh laki-laki. Kain yang begitu halus dan bermotif khas dari daerah Toraja menjadikanya oleh-oleh jika berwisata kedaerah Toraja.

Baca juga: Pakaian Adat Jawa Barat

Memang begitu banyak pakaian adat dari daerah Sulawesi Barat ini, tentunya sudah diwarisi dari turun-turun temurun yang kini tugas kita adalah melestarikannya agar tidak hilang tergerus oleh jaman modern. Hal tadi menandakkan begitu melimpahnya budaya wilayah nusantara  yang tersebar di daerah Timur Indonesia.

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here