May 29, 2024

Saat membahas tentang investasi di Indonesia, tentunya ada banyak sekali instrumen yang bisa dipilih. Jenis investasi tersebut nantinya bisa disesuaikan dengan profil dan karakter dari setiap investor.

Oleh karena itu, sebelum memulai investasi, akan lebih baik jika Anda mengenal beberapa jenis instrumen investasi terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat menentukan investasi mana yang paling tepat untuk dipilih.

Dari banyaknya jenis instrumen investasi yang ada, terdapat beberapa yang menjadi favorit di Indonesia. Berikut ini adalah jenis investasi yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Jenis Investasi di Indonesia Paling Populer

Seperti sudah dikatakan di awal, ada banyak sekali jenis instrumen yang bisa dipilih untuk investasi. Namun, terdapat beberapa jenis investasi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini.

Berikut adalah daftar investasi yang sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia:

1. Deposito

Instrumen yang pertama adalah tabungan berjangka atau biasa dikenal dengan nama deposito. Secara sekilas, deposito ini memang mempunyai cara kerja yang mirip dengan tabungan biasa.

Namun, terdapat dua hal dasar yang membedakan tabungan dan deposito, yaitu adanya waktu jatuh tempo dan tingkat bunga lebih tinggi. Biasanya, bunga deposito yang ditawarkan berada di angka 6%.

Akan tetapi, tidak seperti tabungan yang bisa diambil kapan saja, Anda hanya dapat mengambil deposito pada jangka waktu yang telah disepakati. Biasanya jangka waktu yang ditawarkan oleh pihak bank paling lama hingga 12 bulan.

2. Emas

Daftar investasi terpopuler berikutnya di Indonesia adalah investasi emas. Emas sendiri merupakan sebuah investasi yang bisa dilakukan dalam jangka panjang dan mempunyai risiko yang terbilang rendah seperti deposito.

Hal itu karena memang emas mempunyai harga yang terbilang stabil dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk berinvestasi emas, Anda bisa membeli langsung emas batangan ataupun membeli lewat aplikasi.

Demikianlah dua jenis investasi di Indonesia yang paling populer dipilih oleh para investor. Selain investasi di atas, Anda juga dapat berinvestasi bersama Kementerian BKPM untuk mendorong kemajuan investasi di Negara Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *