March 3, 2024

Siapa tak mengenal game Clash of Clans atau COC, permainan populer besutan Supercell ini berhasil menarik jutaan pemain di seluruh dunia. Pasalnya pihak pengembang menawarkan gameplay seru dan tidak membosankan, dimana para player-nya harus bisa bertahan, menyerang, hingga mengelola sumber daya dengan baik.

Meskipun telah dirilis sejak tahun 2013, namun hingga saat ini masih banyak pemain yang baru mencoba memainkan game strategi tersebut. Bila Anda salah satunya, simak tips jitu dalam bermain COC yang wajib diketahui pemula di bawah ini.

Apa Itu Clash of Clans?

Clash of Clans atau COC adalah sebuah game seru yang mengangkat tema strategi perang, menjelajah, melatih peleton, bertempur, membangun desa, hingga mengelola sumber daya. Selain itu permainan ini memadukan genre berbeda yakni strategi, castle defense, serta simulasi, tak heran jika sampai saat ini masih populer dimainkan di seluruh dunia.

Pemain diminta untuk membangun bangunan yang baik agar bisa digunakan sebagai perlindungan kokoh bagi desanya, seperti menara pengawas, meriam, tembok pertahanan, dan lain-lain. Selain itu player juga diminta untuk merekrut pasukan naga, goblin, archer, hingga barbarian, agar nantinya kuat menahan serangan dari goblin serta musuh.

Tips Bermain COC

Berikut tips bermain COC yang harus diketahui pemula.

Buat Desa Padat

Strategi penting pertama bagi pemula adalah membangun desa padat, sehingga nantinya lebih sulit untuk dihancurkan lawan. Namun dalam membangun desa, perhatikan letak penempatan gudang senjata.

Pastikan pemain telah menempatkan cannon, mortar, dan archer tower di lokasi yang tepat. Pasalnya lini depan tersebut dapat melindungi desa atau base pemain. Semakin padat garda terdepan tentu nantinya akan semakin sulit untuk ditembus lawan.

Jangan Buru-buru Membangun Town Hall

Hindari membangun Town Hall atau TH secara terburu-buru, karena justru nantinya dapat menjadi sasaran atau incaran klan lainnya. Membangun TH harus didasari dengan perhitungan, karena jika tidak memiliki pertahanan kuat maka Town Hall dapat mudah dihancurkan.

Bergabung dengan Clan

Agar permainan semakin seru, bergabunglah bersama Clan agar dapat bermain dengan pemain lain dalam tim yang sama. Selain itu terdapat beberapa keuntungan ketika bermain bersama dengan Clan, yaitu memungkinkan player mengikuti perang besar dan berpotensi mendapatkan hadiah menarik ketika menang. Teman Clan juga dapat membantu memberikan pasukan agar bisa menghadang lawan yang akan melakukan Raid dengan sasaran kastil Anda.

Upgrade Bangunan dan Pasukan

Pemain pemula pasti belum memiliki kekuatan serta jumlah pasukan yang cukup. Untuk itu lakukan upgrade pasukan dan bangunan, manfaatkan beragam sumber daya seperti Elixir, Dark Elixir, Gold, dan Gems.

Atur Strategi Penyerangan

Jangan asal menyerang, karena dalam permainan COC pemain harus pandai mengatur strategi penyerangan. Terlebih dahulu pemain dapat mencoba untuk menyerang Clan yang lemah, lalu perhatikan kondisi base lawan sebelum melakukan penyerangan. Pasalnya dengan melihat base, pemain dapat menentukan pasukan apa yang paling cocok untuk menyerang dengan cepat.

Pilih Target Penyerangan

Saat mencari lawan yang akan diserang, pastikan pemain telah menentukan apa tujuan dari penyerangan tersebut. Apabila tujuannya hanya ingin memperoleh resource tambahan, maka pilih lawan dengan Town Hall lebih rendah karena tidak perlu mengerahkan banyak pasukan.

Selain menerapkan tips bermain Clash of Clans di atas, Anda juga dapat melakukan pembelian in-game items COC di Zeusx.com. Terdapat ribuan items dengan harga terbaik yang bisa didapatkan untuk menunjang permainan.

Selain itu player juga dapat membeli akun agar bisa bermain dengan akun terbaik, sehingga mampu meningkatkan kemungkinan untuk memenangkan peperangan. Pilih akun COC sesuai kebutuhan Anda hanya di Zeusx.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *