Catat! Ini 4 Tanda Tubuh Kelebihan Gula

Kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia merupakan kondisi umum yang menjadi penyebab utama diabetes melitus. Jika kondisi ini dibiarkan, bukan tak mungkin dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah syaraf bahkan dapat mengancam nyawa.

Batasan kadar gula normal adalah kurang dari 100 mg/dL sebelum makan. Sedangkan setelah makan seharusnya kurang dari 140 mg/dL dalam waktu 2 jam setelah makan. Karena itulah Anda harus mewaspadai tanda-tanda kadar gula darah tinggi berikut ini.

Mudah Lelah Merupakan Salah Satu Tanda Tubuh Kelebihan Gula

1. Mudah Lelah

Sumber energi utama tubuh adalah gula. Namun jumlah gula yang berlebihan tanpa pengolahan yang tepat membuat energi tersebut justru tidak terpakai oleh tubuh, contohnya karena jumlah insulin tidak tercukupi atau terganggunya fungsi insulin.

Sehingga dampaknya tubuh akan mudah merasa lelah dan lemas.

2. Kerap Merasa Haus dan Buang Air Kecil

Apakah Anda kerap merasa haus meskipun sudah banyak minum? Jika iya, Anda patut curiga karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan pertanda tubuh kelebihan gula.

Penumpukan gula dalam darah dapat membuat ginjal bekerja ekstra untuk menyaring dan membuang, sehingga buang air kecil pun menjadi semakin sering. Rasa haus yang ditimbulkan pun akibat dari tubuh yang kehilangan banyak cairan melalui urine.

3. Mulut Kering

Tanda kelebihan gula selanjutnya adalah mulut yang terasa kering. Mulut kering rupanya dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri atau jamur pada mulut, dan umumnya disebabkan karena produksi air liur oleh kelenjar ludah yang terganggu.

4. Mengalami Perubahan Warna Kulit

Perubahan warna kulit juga dapat menjadi salah satu tanda meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Perubahan warna kulit umumnya terjadi pada daerah lipatan tubuh seperti buku-buku jari atau leher.

Selain itu meningkatnya gula darah juga dapat menyebabkan beberapa masalah kulit seperti tumbuhnya jerawat.

Penyebab Gula Darah Tinggi

Berikut ini penyebab naiknya gula darah yang umum terjadi :

– Mengalami infeksi
– Sedang dalam kondisi stres
– Tidak berolahraga
– Lupa menyuntikkan insulin atau lupa mengonsumsi obat penurun gula darah
– Mengonsumsi obat-obatan tertentu
– Melakukan aktivitas fisik berat, terlebih saat tingkat insulin tubuh rendah
– Mengonsumsi terlalu banyak makanan karbohidrat

Itulah tanda tubuh kelebihan gula yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply