Pakaian Adat Nusa Tenggara Timur/ NTT Beserta Gambar dan Penjelasan

29

halo guys, kali ini artikel kami akan membahas tentang pakaian adat Nusa Tenggara Timur. Jadi bagi kamu yang sedang mencari apa saja sih pakaian khas Nusa Tenggara Timur itu, maka artikel ini sangat tepat untuk kamu baca. Gak usah pakai lama langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Apakah kamu sudah tahu tentang Nusa Tenggara Timur?

Nusa Tenggara Timur adalah pulau kecil yang berada dibagian timur negara Indonesia. Nusa Tenggara Timur masih terpecah lagi pulaunya yang memiliki jarak antar pulau satu dengan yang lainnya. Sehingga hal tersebut menjadi sarangnya budaya yang memiliki ciri khas masing – masing. salah satunya yaitu pakaian adat khas Provinsi Nusa Tenggara Timur ini guys.

Pulau – pulau kecil yang memisahkan daerah di Nusa Tenggara Timur membuat munculnya banyak suku, sehingga tiap suku memiliki pakaian adatnya masing – masing. Apakah kamu penasaran? yuk perhatikan pembahasan tentang pakaian adat Nusa Tenggara Timur dibawah ini.

#1 Baju Adat Khas Suku Rote

pakaian adat nusa tenggara timur

Pakain adat ini sangatlah populer dari pakaian adat suku lainnya, karena pakaian ini telah menjadi ciri khas Nusa Tenggara Timur di Nusantara Indonesia. Kenapa bisa begitu ya? yaa karena pakaian ini memiliki keunikan dan makna dari corak yang tertanam menjadi nilai utama. Salah satu keunikan dari pakaian adat ini adalah Ti’i langga.

Apa itu Ti’i langga?

Ti’i langga adalah topi yang berbentuk seperti topi khas meksiko sombrero. Bahan yang digunakan topi ini adalah dun lontar yang telah kering. makna yang dapat diambil dari pakaian ini adalah simbol percaya diri serta wibawa oleh laki – laki asal suku rote.

#2 Pakaian Adat Suku Sabu

pakaian adat nusa tenggara timur

Pakaian adat Nusa Tenggara ini memiliki perbedaan untuk pakaia yang dikenakan oleh pria dan wanita. Untuk pakaian pria atasannya mengenakan kemeja putih yang berlengan panjang yang dilengkapi dengan selendang. Selendang yang dikenakan berbahan sarung tenun yang cara pemakaiannya diselempangkan pada bagian bahu. Pada bagian kepala terdapat ikat kepala yang terbuat dari emas kalung mutisalak, sabuk berkantong dan perhiasan kalung dan leher.

Padat pakaian adat wanita penampilannya berupa kebaya dan kain tenun. Untuk kain tenunnya cara pemakaiannya diikatkan dibagian pinggang.

#3 Pakaian Adat Suku Dawan

pakaian adat nusa tenggara timur

Pakaian adat ini dimiiki oleh suku Dawan yang sering diisebut dengan baju amarasi. Atasannya untuk pria terdiri dari selimut kain berbahan tenun yang diikat dan baju bodo. Aksesoris yang digunakan pada pakaian Nusa Tenggara ini ialah kalung, ikat kepala dengan hiasan mutiara, dan gelang timor serta muti salak.

Untuk khusus perempuan mengenakan pakaian berupa sarung tenun, selandang, dan kebaya. Untuk aksesoris yang dikenakan berupa muti salak, tusuk konde, helang dikeapla, dan juga sisir emas.

#4 Pakaian Adat Suku Helong

pakaian adat nusa tenggara timur

Pakaian adat Nusa Tenggara yang satu ini memiliki dua jenis pakaian. Untuk yang pertama, pakaian khas untuk laki – laki menggunakan selimut besar yang diikat pada bagian pinggang untuk bawahannya, kemudian untuk atasannya menggunakan baju bodo atau kemeja. Pada bagian kepala menggunakan ikat kepala dan habas atau kalung.

Sedangkan untuk pakaian adat wanita menggunakan pakaian berupa kebaya sebagian atasannya. Sedangkan untuk bawahannya menggunakan kemben. Aksesoris yang digunakan yaitu perhiasan kepala berbentuk bulan sabit. selain itu juga ada aksesoris ikat pinggang emas, sarung, giwang atau karabu dan kalung berbentuk bulan.

Baca Juga: Pakaian Adat Gorontalo

Wah sepertinya seru yah pembahan kali ini. Indonesia memang sangat kaya dengan budaya dan keunikannya. Satu daerah saja memiliki banyak ciri khas yang masih dipecah lagi di suku – suku. Oleh karena itu, untuk anak muda milenial yang notabene menjadi generasi penerus bangsa ini ada baiknya menjaga dan melestarikan budaya yang telah lama dijaga oleh orang jaman dulu ini. Melestarikannya tidak sulit kok, temen – temen cukup mengetahui apa saja budayanya itu sudah cukup atau lebih baik lagi jika digunakan seperti pakaian adat ini.

Sekian dulu guys artikel ini, semoga bermanfaat yaa. salam hangat.

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here