Pakaian Adat Maluku Beserta Gambar dan Penjelasan

23

Halo guys

Buat kamu yang sedang mencari baju-baju adat yang ada maluku, artikel ini akan membahas hal itu looh. Mari kenali pakaian adat Maluku bersama – sama. selamat membaca…

Apakah kamu sudah tahu tetang provinsi Maluku?

Maluku merupakan merupakan provinsi yang masih kental dengan kebudayaannya. Setiap daerahnya punya keunikan sendiri dalam melestarikan kegiatan – kegiatan kebudayaan. Salah satunya yaitu pelestarian pakaian adat khas Maluku ini.

Pakaian adat Maluku sering dikenal dengan sebutan Cele atau kain Salele. Pakaiannya sangatlah sederhana dan tidak serumit daerah lainnya, tetapi corak pakaian adat Maluku memiliki makna tersendiri dan nilai estetika yang berbeda dari pakaian adat daerah lainnya.

Pakaian adat Maluku tidak hanya memiliki satu jenis pakaian adat saja, melainkan memiliki beberapa jenis pakaian adat yang bermacam – macam. Namun pakaian adat yang resmi adalah baju adat Cele

Penasaran? yuk simak ulasan berikut ini mengenai pakaian adat ciri khas maluku.

#1 Baju Cele

pakaian adat maluku

Pakaian adat cele ini sering disebut dengan kain salele. Kain ini memiliki tekstur yang tebal tetapi tidak panas ketika dipakai sehingga nyaman ketika dipakai. ciri khas pakaian cale ini adalah warnanya yang cerah yaitu merah dengan disertai garis – garis warna emas atau perak.

Pakaian cele untuk pria dan wanita memiliki perbedaan, yaitu:

Pakaian untuk pria didesain seperti atasan seperti jas yang dilengkapi dengan kemeja  didalamnya. Kemudian untuk celananya umumny menggunakan warna hitam atau bisa juga menyesuaikan warna dari atasan yang dipakai. Selanjutnya untuk sepatu menggunakan sepatu pantofel, lebih bagus lagi sepatunya juga menyesuaikan warna atasannya.

Pakaian untuk wanita

Atasan yang dikenakan dipadu padankan dengan kain sarung tenun atau kebaya dengan warna yang sama atau senada. Untuk sepatu, wanita juga mengenakan sepatu pantofel yang warnanya juga senada. untuk aksesoris yang digunakan ialah konde, yang mana bentuknya sama dengan konde pada umumnya. Yang berbeda adalah warna yang digunakan yaitu warna emas atau perak. Konde ini sering disebut dengan sebutan haspel oleh masyarakat Maluku. aksesoris selanjutnya yaitu kak kuping yang dikenakan untuk melengkapi baju cale yang memiliki jumlah 4. Selain itu ada bunga ron, sesir konde, dan kain lenso.

#2 Kebaya Putih Tangan Panjang

pakaian adat maluku

Pakaian ini berwarna puth yang mana dibuat dari bahan brokat. Sejarah pakaian ini, dulu sering dipakai oleh para wanita untuk kalangan tertentu saja seperti guru, berasal dari kerajaan atau bangsawan. Untuk pelengkap pakaian yang dikenakan ialah kancing di pergelangan tangan dan kancing bagian depan. Kemudian dibajunya juga dihiasi dengan bordir dibagian belakang. Kemudian penghias bagian kepala biasanya ditambah dengn tusuk konde atau sanggul berbentuk bulang. Untuk alas kakinya menggunakan warna yang senada dengan pakaian yaitu warna putih.

#3 Kebaya hitam gereja

pakaian adat maluku

Pakaian adat ini berwarna hitam dan memiliki lengan yang panjang. Bahan yang digunakan untuk membuat pakaian ini adalah brokat yang dipadupadankan dengan kain sarung. untuk mempercantik tampilan pakaian adat ini menambahkan beberapa aksesoris sehingga pakaian lebih memiliki estetika. Aksesorisnya yaitu kain lenso, celana hitam dan kaos kaki putih. Pada bagian kepala umumnya mengguankan sanggul bulan dan dilengkapi dengan tusuk konde. Pakaian ini sering dipakai ketika beribadah ke geraja.

#4 Baniang Putih

pakaian adat maluku

Pakaian ini berasal dari Maluku bagian tengah dan hanya dikenakan oleh kaum pria. Bagian putih ini bebentuk seperti kemeja pada umumnya tetapi kerahnya berbentuk bundar dengan dilengkapi kancing berwarna putih.

Baca Juga: Pakaian Adat Gorontalo

#5 Kebaya Dansa

pakaian adat maluku

Pakaian ini adalah pakaian yang sering digunakan ketika pesta rakyat. Pakaian ini memiliki bentuk seperti kemaja yang memiliki kerah bundar tanpa kancing. Kemudian untuk pembuatan pakaian ini menggunakan bahan dari kain polos dengan motif bunga – bunga kecil.

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here