Pakaian Adat kalimantan tengah Lengkap dengan Gambar dan Maknanya

34
pakaian adat kalimantan tengah

Pakaian Adat kalimantan tengah Lengkap dengan Gambar dan Maknanya – Hallo gaes untuk kamu yang berasal dari kalimantan tengah. Tentu kamu sudah tidak asing dengan budaya yang ada di sana yah. kalimantan tengah sendiri hingga sekarang telah di dominasi oleh suku dayah. Suku dayak telah menjadi populasi terbesar di kalimantan tengah. Sekitar lebih dari 45% populasi di kalimantan tengah adalah suku dayak.

Sehingga untuk kebudayaan yang di miliki oleh kalimantan tengah, rata – rata di pengaruhi oleh suku dayak. Sebagai suku asli dan menyimbangkan budaya paling banyak Dayak Ngaji yang ada di kalimantan dengan ini memiliki banayk sekali budaya yang wajib banget kita ketahui dan kita lesatarikan.

Di era yang mdoern ini tentu melestarikan budaya bukanlah sebuah hal yang mudah. Karena memang kita harus bisa mengimbangi perkembangan zaman dan amsuknya Budaya asing. Sehingga tingkat kesulitan untuk melestarikan budaya asli tanah air kita sendiri menjadi tantangan yang lebih sulit.

Pada artikel kali ini wajib belajar akan memberikan sebuah wawasan dan pengetahuan. Mengenai budaya suku dayak Ngaju terutama di bagian pakaian adat kalimantan tengah yang wajib banget kamu ketahui. berikut adalah pakaian adat kalimantan tengah beserta gambar dan penjelasannya lengkap banget

pakaian adat kalimantan tengah

# baju Sangkarut

pakaian adat kalimantan tengah

Pakaian adat yang pertama adalah baju sangkarut. Pakaian adat bisa berupa sebuah rompi yang memiliki fungsi perlindungan. nah karena rompi ini adalah sebuah perlindungan diri. Maka tentu saja rompi ini biasa di gunakan ketika perang di masa lalu.

Tetapi karena sekarang sudah bukan masanya perang lagi. Rompi ini kini sering digunakan untuk sebuah acara budaya seperti pernikahan. karena rompi ini juga dipercaya dapat menjadi penangkal atau memabtasi roh halus yang akan datang kepada pengguna rompi tersebut. Baju sangkarut ini terbuat dari bahan kulit nyami dan juga kulit lembu.

Selain itu kulit yang berasal dari pinang puyuh juga sangat mudah sekali di temukan di hutan hujan tropis seperti di kalimatnan sendiri. Kulit tersebut memiliki sebuah tekstur yang keras dan serat yang cukup banyak. Sehingga kulit tersebut sangat cocok sekali untuk di rajut dan dijadikan sebuah rompi pakaian adat. Selain menggunakan bahan tersebut. baju sangkarut juga bisa dibuat menggunakan bahan dari daun ennas dan juga serat dari tenggang.

#2 baju Upak Naymu

pakaian adat kalimantan tengah

pakaian adat yang ke dua adalah baju upak nyamu. Baju tersebut terbuat dari bahan yang tidak jauh beda dengan baju adat sebelumnya. Yaitu kulit kayu Namy yang merupakan bahan dasar dari baju ini. Jika baju adat nomor satu adalah rompi. Maka ini dibuat menjadi baju.

Seperti yang kita ketahui bahwa kulit nyamu sendiri memiliki sebuah serat yang cukup banyak. nah serat – serat tersebut digunakan sepenuhnya untuk menggunakan baju upak nyamu ini. Baju Nyamu ini tidak memiliki hiasan atau apapun. Ini lebih ke baju polos yang biasa di gunakan sehari – hari di masa lalu. Nah di zaman yang serba modern ini baju tersebut biasa di gunakan ketika ada kegiatan budaya atau festival budaya.

#3 baju pawang

pakaian adat kalimantan tengah

Sesuai dengan namanya baju adat kalimantan tengah yang ke tiga adalah baju pawang. baju ini memang khusus di buat dan digunakan untuk seorang Pawang, dukun, tabib, atau seorang yang memiliki kemampuan spiritual yang berasal dari kalimantan tengah. kemampuan spiritual tersebut seperti bisa mendatangkan hujan, menyembuhkan orang sakit dan masih banyak lagi.

bahan utama yang diugnakan dalam membuat baju adat pawang kalimantan tengah ini adalah Serat kayu yang telah di lengkap dengan tambahan manik – manik yang eksotis banget sebagai penghias dan ciri khas dari pakaian adat tersebut.

baca juga : pakaian adat kalimantan barat

Penutup : Pakaian Adat kalimantan Tengah

Itu dia pakaian adat kalimantan yang bisa kamu pelajari dan ketahui. Terus lestarikan budaya indonesia agar tidak lekan oleh zaman. kalau bukan kita siapa lagi

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here