Pakaian Adat JAMBI Lengkap dengan Gambar dan penjelasannya

Pakaian Adat JAMBI Lengkap dengan Gambar dan penjelasannya – Hallo gaes untuk kamu yang sangat menyukai budaya indonesia. Tentu kamu sudah tidak asing dengan beragam budaya yang ada di negri ini. Kita sebgai tuan rumah di negri ini sendiri saja tentu belum mengetahui semua kebudayaan yang ada di indonesia. Karena memang indonesia adalah negara yang kaya akan provinsi dan kebudayaan.

kebudayaan di indonesia sendiri bisa ebrupa musik, tarian, festival, dan yang paling mudah untuk di lestarikan adalah pakaian adat. Berbicara tentang pakaian adat tentu setiap wilayah memiliki ciri khas yang berbeda. Karena banyak sekali pakaian adat. pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pakaian adat jambi. Yang bisa kamu ketahui sebagai pengetahuan tentang ilmu kebudayaan indoensia. Jambi sendiri merupakan salah satu provinsi ada di pulau sumatera.

masyarakat jambi sendiri terkenal sebagai salah satu suku melayu. Sehingga kebudayaan jambi sedikit banyak terpengaruhi oleh kebudayaan melayu sendiri. Yang merupakan sebuah warisan dari kerajaan dulu dan masih di jaga menjadi adat jambi hingga sekarang.

Baju adat jambi hanya dibedakan menjadi 2 jenis. Baju adat untuk laki – laki dan juga baju adat yang bisa digunakan oleh perempuan yang ada di jambi. Berikut adalah baju adat jambi lengkap beserta gambar dan penjelasannya yang wajib banget kamu ketahui

Pakaian Adat Jambi

Pakaian adat yang berasal dari jambi. Pada umumnya dikategorikan menjadi 2 yaitu, pakaian adat yang biasa digunakan oleh pria, dan juga wanita. Berikut adalah pakaian yang digunakan oleh pria

#1 Busana Adat Jambi Pria

pakaian adat jambi

Pakaian adat yang biasa digunakan oleh pria pada bagian celana biasanya menggunakan Cangge. Hal ini agar pria bisa terlihat lebih menawan. karena memang bahan cemala tersebut menggunakan beludru merah yang dililitkan tambahan kain songket pada bagian pinggang. Agar lebih menarik dan kuat. bisa di tambahkan kain kuning yang melingkar pada bagian pinggang yang bisa menjadi sebuah tempat untuk menyimpan keris. Karena keris sendiri merupakan sebuah senjata tradisional yang berasal dari budaya jambi

pada bagian kepala pria tersebut bisa menggunakan penutup kepala yang terbuat dari bahan beludru merah yang telah. di lengkap dengan aksesosris flora yang bernama tali runci dan bungo runci. Dan pada baju adat asal jambi juga pria bisa menggunakan aksesosris yang berasal. dari bunga teratai pada bagian dada yang di pasang melingkai mengikuti abgian leher pria tersebut.

Pada bagian tangan pria bisa menggunakan gelang yang terbuat dari baha logan celupan dengan motif naga kuning. Simbol dari pakaian adat pria dari jambil melambangkan tentang seorang yang memiliki kekuasaan pada dirinya sendiri maka tidak akan bisa terganggu.

Pakaian Adat Jambi Untuk Wanita

pakaian adat jambi

Pakaian adat wanita biasa disebut dengan kurung tanggung. karena memang bagian lengan pada pakaian adat ini hanya sampai pada siku saja. Baju adat untuk wanita di daerah jambi ini terdiri dari sebuah kain. selendang songket dengan warna merah yang telah di sulami dengan benar berwarna emas. Untuk motif dari baju ini sendiri bisa menyerupai melati dan juga pucuk rembung juga bunga tagapo.

Aksesoris yang baisa digunakan oleh wanita jambi lebih banyak dari pada yang digunakan oleh pria. karena aksesoris yang digunakan seperti kalung. cincin, gelang dan masih banyak lagi yang harus dipakai sebagai hiasan wajib.

Selain itu wanita juga bisa menggunakan aksesoris yang sama dengan pria yaitu ikat pinggang. Ikat pinggang yang bisa digunakan oleh wanita adalah sendang serta selop. yang biasa digunakan di bagian bawah dada.

baca juga : pakaian adat jawa timur

Penutup : Pakaian adat Wanita

Itu dia pakaian adat jambi yang bisa kamu ketahui sebagai tambahan wawasan. tentang kesenian dan budaya yang ada di indonesia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.