Berbagai Metode Pengobatan Kanker yang Tersedia Saat Ini

Kanker termasuk dalam jenis penyakit mematikan di dunia setelah jantung. Kondisi ini terjadi ketika DNA dalam sel mengalami mutasi dan berkembang menjadi lebih banyak. Lantas, bagaimanakah cara mengatasi kanker?

Yuk, cari tahu berbagai pilihan pengobatan kanker pada ulasan di bawah ini!

7. Inilah Berbagai Metode Untuk Menangani Kasus Kanker

Kemoterapi

Karakteristik khas dari kanker adalah pembelahan sel yang tak terkendali. Sel abnormal kemudian akan membentuk tumor pada jenis kanker tertentu.

Apabila tidak segera ditangani dengan baik, maka sel kanker akan menyebar atau metastasis dan merusak fungsi jaringan organ di sekitarnya.

Salah satu cara pengobatan umum kanker yaitu kemoterapi. Jenis pengobatan ini menggunakan obat-obatan yang dapat membunuh sel-sel kanker dalam tubuh. berdasarkan cara kerja, struktur kimia, dan interaksinya, obat kemo dibedakan menjadi enam tipe diantaranya:

• Alkylating agent
• Antimetabolite
• Anti-tumor antibiotic
• Topoisomerase inhibitor
• Mitosis inhibitor
• Kortikosteroid

Efek dari penggunaan kemoterapi tidak hanya membunuh sel kanker, namun juga sel-sel sehat disekitarnya. Akan tetapi, sebagian besar sel normal akan dapat kembali pulih setelahnya.

Radioterapi

Cara mengatasi kanker lainnya yaitu dengan cara radioterapi. Terapi ini tidak menggunakan obat, melainkan sinar radiasi sehingga disebut terapi radiasi.

Terapi radiasi menggunakan radiasi dosis tingkat tinggi sehingga tumor dapat mengecil dan sel-sel kanker akan mati. Kemudian, sel-sel abnormal akan dipecah dan dihilangkan dari tubuh.

Hanya saja, perawatan radioterapi tidak hanya dilakukan satu kali, melainkan beberapa kali guna membuat DNA sel kanker rusak dan mati. Ada dua jenis pengobatan radioterapi yaitu radiasi eksternal dan radiasi internal.

Masing-masing pengobatan tersebut ditentukan berdasarkan jenis kanker, ukuran dan lokasi tumor, serta kesehatan tubuh menyeluruh.

Operasi Kanker

Cara umum dari pengobatan kanker dengan cara operasi kanker. Prosedur ini dilakukan dengan cara pengangkatan sel-sel kanker dalam tubuh supaya tidak menyebar ke seluruh jaringan sehat disekitarnya.

Beberapa tipe operasi kanker yaitu cryosurgery, bedah listrik, operasi lase, operasi Mohs, dan bedah laparoskopi.

Masih ada lagi beberapa pengobatan kanker diantaranya terapi biologis, terapi hormon, terapi radionuklir, terapi ultrasound, dan operasi biopsi. Tidak cukup hanya dengan pengobatan, seorang pasien kanker juga memerlukan perawatan paliatif.

Leave a Reply