Tips Sukses Sosial Media Marketing untuk Bisnis Skala Mikro

Hampir setiap orang menggunakan sosial media yang mudah diakses melalui smartphone. Menariknya, selain untuk berkomunikasi, sosial media bisa dijadikan media marketing untuk memasarkan bisnis online Anda.

Apalagi, bagi pelaku bisnis mikro atau berskala kecil, sosial media berperan penting untuk mencari pelanggan baru. Lalu, bagaimanakah cara mengoptimalkan sosial media untuk strategi marketing? Berikut ini kami sampaikan beberapa caranya.

5. Cara Mengoptimalkan Sosial Media Sebagai Media Marketing

Membangun Kredibilitas

Pada poin ini, yang terpenting adalah membangun kredibilitas bisnis Anda. Mulailah dengan membuat brand awareness seperti tampilan website, blog, dan sosial media. Tidak perlu memiliki banyak pengikut, tetapi kaitkan bisnis Anda dengan target pasar yang tepat.

Membangun Relasi

Koneksi yang bagus akan membantu Anda melakukan pemasaran produk. Mulailah dengan memasarkan di sosial media, lalu bangun relasi dengan pihak-pihak yang berpotensial menjadi konsumen dan mitra bisnis Anda.

Membagi Konten yang Terakurasi

Satu hal penting dalam sosial media marketing adalah konten. Konten yang dibagikan harus dijaga supaya tetap relevan dan berkembang. Buatlah suatu konten yang diakurasi sebelum dibagikan.

Fungsi akurasi berguna untuk meningkatkan ranking SEO pada mesin pencari, membangun bisnis, meningkatkan keterkaitan pada sosial media, dan menambah jumlah pengikut.

Berpartisipasi dalam Komunitas Online

Ingin tahu seberapa jauh langkah Anda dalam pemasaran produk? Cobalah bergabung pada grup atau komunitas online. Disini, Anda dapat berdiskusi dengan pebisnis lain terkait bisnis yang sedang Anda jalankan.

Selain itu, Anda juga bisa menularkan pengetahuan bisnis Anda dengan anggota komunitas lainnya.

Gunakan Ruang pada Sosial Media untuk Fitur Chat

Sosial media memang memiliki beragam fungsi. Tidak hanya sebagai media marketing dan memperoleh informasi, Anda juga bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan terkait produk yang Anda tawarkan. Sebagai bukti transaksi, segala aktivitas dengan pelanggan bisa didokumentasikan.

Memulai sebuah bisnis mikro memang membutuhkan lebih banyak perjuangan. Tujuannya, tidak lain untuk mencari pelanggan lebih banyak. Nah, apabila sosial media marketing sudah berjalan optimal, jangan abaikan metode pemasaran offline, terutama bagi pelanggan yang datang langsung ya!

Leave a Reply