2
6

Fungsi Pajak dan Kegunaannya bagi Kepentingan Negara di Indonesia

Setiap tahunnya pada bulan April, Amerika punya hari pajak. Indonesia sendiri, mungkin hari nasional tersebut belum ada.

Tapi, pentingnya fungsi pajak sudah sering didengungkan di mana-mana. Dan mungkin beberapa di antara kalian masih bingung, kenapa kita perlu membayar pajak bagi negara.

Digunakan untuk apa nantinya pajak yang sudah kita bayarkan?

Ternyata pajak merupakan penerimaan terbesar suatu negara yang digunakan untuk membangun seluruh daerah atau wilayah yang ada di negara tersebut.

Pajak yang dibayarkan oleh warga negara nantinya akan masuk ke kas negara.


Fungsi Pajak di Indonesia


maxmanroe.com

Khusus di Indonesia sendiri, pajak tersebut nantinya akan dipergunakan untuk beberapa hal seperti berikut:

1. Kemajuan Pendidikan

Pajak digunakan untuk anggaran pendidikan di Indonesia. Hasil penarikan pajak digunakan untuk membiayai Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Selain untuk membayar pendidikan, pajak juga digunakan untuk pembangunan gedung sekolah, pengadaan sarana dan prasarana sekolah, pembangunan asrama, dan membangun sarana olahraga.

2. Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pajak yang kita bayarkan juga digunakan untuk memberikan gaji bagi pegawai negeri sipil. Di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), memberikan gaji pegawai negeri sipil menjadi salah satu anggaran terbesar.

Namun ironinya, besarnya anggaran untuk gaji para pegawai negeri sipil kurang sebanding dengan kinerja pegawai negeri sipil untuk Indonesia.

3. Pertahanan dan Keamanan

Ternyata anggaran pertahanan dan keamanan juga menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang diperoleh dari pembayaran pajak.

Anggaran ini digunakan untuk membeli Alutsista (Alat Utama Sistem Pertahanan) untuk memberikan rasa aman bagi Indonesia.

4. Subsidi Pertanian

ilmubudidaya.com

Pajak juga digunakan untuk memberikan subsidi bagi bidang pertanian yang ada di Indonesia. Subsidi yang diberikan berupa pupuk yang berguna mengurangi beban para petani.

Ternyata pajak yang kalian bayarkan juga membantu para petani meringankan dalam membeli pupuk dengan harga yang lebih murah.

5. Peningkatan Fasilitas Kesehatan

Fungsi penting lain dari membayar pajak adalah digunakan untuk meningkatkan fasilitas kesehatan. Perlu diketahui, fasilitas kesehatan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan di Indonesia.

Salah satu program kesehatan yang menggunakan pajak yaitu Kartu Indonesia Sehat dan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

6. Infrastruktur Transportasi

Salah satu fungsi pajak yang terpenting adalah untuk pembangunan infrastruktur transportasi, seperti jalan dan jembatan.

Biaya pembangunan jalan tol dan jalur rel kereta api pun berasal dari hasil pembayaran pajak tersebut.

7. Penanggulangan Bencana

Pajak yang dibayarkan juga untuk penanggulangan bencana karena masuk ke anggaran negara. Salah satu penanggulangannya dengan membentuk Tim SAR (Search and Rescue).

8. Membayar Utang Negara

Sebagian besar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) digunakan untuk membayar utang Indonesia ke negara lain.


Jenis-Jenis Pajak


konsultasipajak.com

Pajak terdiri dari beberapa jenis yaitu sebagai berikut.

1. Pajak Penghasilan (PPh)

Merupakan jenis pajak yang dikenakan kepada orang pribadi atau badan atas penghasilan yang diterima atau diperoleh dalam suatu Tahun Pajak.

Penghasilan merupakan setiap tambahan dalam kemampuan ekonomi yang berasal baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Penambahan penghasilan tersebut digunakan untuk menambah kekayaan dalam bentuk apapun.

Pasalnya kekayaan juga bisa meningkatkan nama dan status sosial. Untuk itu penghasilan dapat berupa gaji, keuntungan usaha, hadiah dan lain sebagainya.

2. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Jenis pajak yang dikenakan atas konsumsi Barang Kena Pajak (BKP) atau Jasa Kena Pajak (JKP) di dalam Daerah Pabean.

Pasalnya barang dan jasa yang dikonsumsi secara pribadi, perusahaan maupun pemerintah akam dikenakan pajak sesuai dengan ketentuannya.

Itulah sekilas bahasan mengenai fungsi pajak beserta jenis pajak yang terdapat di Indonesia.

Keyword: Fungsi Pajak

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.