Keamanan Data Penting Perusahaan

Cara Meningkatkan Keamanan Data Penting Perusahaan

Semua perusahaan perlu menjaga keamanan data perusahaannya. Hal ini mengingat data yang tersimpan sangat mungkin berisi informasi sensitif terkait lini bisnis maupun data pribadi dari pelanggan/klien yang ditangani. Jika informasi tersebut bocor, bisa jadi dapat membahayakan operasional dari sebuah perusahaan.

Lalu bagaimana cara agar keamanan data perusahaan dapat terjaga? Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

Keamanan Data Penting Perusahaan

1. Mengamankan Jaringan

Jika perusahaan Anda menggunakan jaringan nirkabel, pastikan bahwa Anda memiliki teknisi atau staf IT yang mengamankan jaringan. Seorang hacker berpengalaman dapat memperoleh akses ke jaringan tidak aman dalam waktu beberapa detik saja. Sebuah perusahaan harus memastikan bahwa sudah mengunci router dan mengenkripsi informasi terhadap mata-mata.

2. Spot Website Phishing

Phishing adalah salah satu teknik yang paling umum pada pencurian identitas. Cara ini memungkinkan hacker untuk mengakses data Anda dengan berpura-pura menjadi situs web yang Anda percaya. Dengan kata lain, meng-klik pada salah satu website palsu akan memberi akses kepada mereka untuk masuk ke data sensitif Anda. Untuk menggagalkan upaya tersebut pastikan bahwa Anda memberi tahu karyawan Anda untuk waspada terhadap situs yang meminta informasi. Sebagai contoh, jika sebuah situs web meminta Anda untuk memasukkan nomor keamanan sosial maka situs ini pasti phishing. Beberapa situs phishing juga mengaku sebagai halaman web media sosial. Tidak semua orang jeli memeriksa apakah URL itu asli atau palsu.

3. Jangan Akses Informasi Pribadi pada PC Publik

Ini berjalan tanpa disadari bahwa di warnet mungkin anda membuka account anda di sebuah perusahaan. Tidak semua sistem komputer yang Anda gunakan di luar pekerjaan akan memiliki tingkat keamanan yang sama dengan yang di tempat kerja. Jika Anda benar-benar harus menggunakan komputer pribadi pastikan bahwa Anda menutupi trek Anda dan tidak meninggalkan informasi pribadi apapun di atasnya.

4. Backup

Back up file perusahaan Anda sesering yang Anda bisa. Bahkan hal sederhana seperti pemadaman listrik mendadak atau koneksi internet hilang telah mengakibatkan kehilangan data besar-besaran. Komputer adalah sebuah mesin dan kerusakan sewaktu waktu dapat terjadi. Backup data secara berkala akan mengamankan informasi penting terhadap setiap upaya pencurian identitas atau untuk sekedar jaga-jaga.

5. Data Center

Sebuah perusahaan sebaiknya memiliki data center. Data center adalah fasilitas yang menyediakan lokasi fisik untuk menempatkan sistem komputer yang dimiliki perusahaan dan komponen-komponen digital lainnya, termasuk data. Data center menyediakan jaringan dan ruang penyimpanan data yang bisa dipakai oleh perusahaan, organisasi, atau instansi lainnya untuk melakukan pengaturan, pemrosesan, penyimpanan, dan penyebarluasan data dalam skala besar.

Salah satu perusahaan data center di Jakarta adalah neuCentrIX. Merupakan perusahaan yang memberikan layanan data center untuk perusahaan Anda, neuCentrIX adalah ekosistem carrier-neutral data center dan solusi serba ada untuk layanan kolokasi, layanan cloud, dan internet exchange.

Adapun aspek penilaian kinerja data center terlihat dari kabel manajemen yang dirancang dan diimplementasikan dengan baik. Penyedia data center yang andal dan bertanggung jawab, seperti neuCentrIX, menerapkan praktik terbaik sistem manajemen kabel ini dalam menjalankan layanannya. Jika Anda sedang mencari provider data center yang dapat diandalkan, jangan ragu untuk menggunakan neuCentrIX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *