Cara Melihat MAC Address di Android dan Router WiFi yang Perlu Anda Tahu

Sebagian orang mengganggap bahwa mac address merupakan hal yang tidak begitu penting. Namun, sebagian lain menganggapnya sebagai salah satu cara untuk mengubungkan perangkat ke jaringan WIFI. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara dan tips melihat Mac Address yang ada di Android.

Perlu diketahui bahwa setiap perangkat memiliki mac address yang berbeda baik PC maupun ponsel. Kenapa pengguna perlu mengetahui mac address dari sistem perangkatnya? Tentunya, setiap orang memiliki alasan tersendiri untuk menggunakan mac address.

Tetapi, tahukah Anda bahwa mac address bisa diplasukan dengan banyak cara. Maka dari itu, mac address tidak perlu disebarkan secara publik agar tidak pemakaiannya tidak disalahgunakan.

Bagaimana Cara Melihat Mac Address di Android

Anda tidak perlu menggunakan banyak aplikasi untuk mengetahui mac address. Tentunya, setiap perangkat memiliki OS yang sudah tercantum beberapa fitur yag dikenal dengan nama about phone. Pemakaian fitur ini difungsikan untuk menampilkan informasi secara menyeluruh yang berkaitan dengan ponsel secara lengkap. Berikut tata cara melihat mac address melalui android:

1. Membuka menu setting atau pengaturan dan mengklik menu pada fitur about phone

2. Menentukan pilihan menu bernama status

3. Umumnya, Anda akan diberi opsi pilihan seperti Other dan SIM, maka yang harus Anda pilih adalah other.

4. Selanjutnya, Anda scroll ke bawah untuk memastikan munculnya mac address pada perangkat ponsel Anda biasanya bertuliskan Wi-Fi MAC Address. Anda sudah melihat nomor mac address dan bisa dipakai sesuai kebutuhan.

Cara Melihat MAC Address Android melalui Router Wifi

Setelah Anda mengetahui alamat mac address melalui android. Saatnya, Anda dapat melihat alamat mac address Android dengan menggunakan router wifi. Berikut beberapa langkah untuk mengetahuinya sebagai berikut:

1. Anda harus login ke router wifi, apabila Anda menggunakan router indihome ZTE maka alamat loginnya adalah 192.168.1.1. setelah itu, Anda bisa memasukkan user dan passowrd router Anda.

2. Anda dapat mengetahui letak Mac address-nya di Network=> WLAN=> associated devices

Penggunaan Wfi sudah bukan hal asing bagi Anda bukan? Maka dari itu, Anda tentunya sudah cukup terbiasa membuka menu wifi dalam pengaturan perangkat yang Anda miliki.

Banyak yang menyatakan bahwa seberapa pentingmengenali Mc Address pada beberapa jenis router yang memiliki fitur Mac Filter. Fungsinya dapat mengontrol jaringan maupun network yang mampu terhubung ke perangkat wifi Anda.

Itulah beberapa cara melihat mac address di Android dan router wifi. Semoga beberapa informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda untuk menemukan mac address di tiap perangkat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.