1

8 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Definisinya Secara Umum

Jika anda adalah seorang praktisi atau yang aktif dalam suatu organisasi, mestilah sering mendengar kata sistem. Mesti kadang kata ini sangat populer, masih ada yang merasa bingung dengan pengertian sistem.

Hal ini dikarenakan kata ini digunakan dalam lintas disiplin ilmu. Nah, pada kesemapatan ini akan diulas tentang definisi atau pengertian sistem.

Definisi Sistem Secara Umum

jurnal.id

Langsung saja, sebenarnya secara sederhana sistem merupakan kumpulan unsur-unsur yang mana tergabung menjadi satu kesatuan. Selain itu, gabungan itu mestilah memiliki tujuan yang sama.

Sedangkan unsur yang terdapat dalam sistem itu haruslah saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Hal ini sebagai bentuk untuk memudahkan arus informasi hingga dicapai suatu tujuan yang sama.

Selain itu, sistem juga memuat unsur-unsur penggeraknya. Dengan adanya unsur penggerak ini maka akan tercipta saling berinteraksi satu sama lain dalam mencapai tujuan yang hendak dicapai.

Sampai disini apakah anda mulai memahami sistem itu? Kalau masih belum memahami dengan baik ataupun masih kurang faham, perlu kita lihat pengertian sistem dari para pakar dan para ahli berikut ini.

Pengertian Sistem Menurut Pakar dan Para Ahli

scaleup.id

1. Sumantri

Pakar yang pertama yaitu Sumantri yang mana menurutnya sistem itu adalah sekelompok bagian yang mana bagian tersebut saling mengisi dan bekerjasama demi menjalankan maksud tertentu.

Jika salah satu sistem sedang terganggu ataupun mengalami suatu kerusakan, maka hal ini akan berpengaruh terhadap sistem yang lain.

Jadi, keseluruhan bagian tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal, dalam artian lainnya saling ketergantungan dengan yang lainnya.

2. Prajudi

Berikutnya yaitu Prajudi yang berpendapat bahwa sistem adalah jaringan yang mana terdiri dari prosedur-prosedur saling terikat antara satu prosedur dengan prosedur lainnya.

Jadi, adanya keterikatan tersebut berdasarkan adanya pola yang bulat yang mana dapat menggerakkan fungsi utama maupun urusan pokok.

3. R. Fagen dan A. Hall

Sedangkan menurut R. Fagen dan A. Hall yang dimaksud dengan sistem yaitu kumpulan dari suatu objek yang mana mempunyai suatu hubungan antara masing-masing obyek, tidak terkecuali hubungan mengenai sifat-sifat yang mereka miliki.

4. Arifin Rahman

Selanjutnya, menurut Arifin Rahman sistem bermakna kumpulan pendapat, prinsip, dan unsur lain yang sudah mempunyai bentuk sebagai kesatuan yang berhubungan.

5. Indrajit

afternoongeeks.com

Berikutnya yaitu Indrajit yang bependapat bahwa sistem yaitu suatu perkumpulan komponen yang saling memiliki hubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.

6. Jogianto

Jogianto menyimpulkan bahwa sistem itu adalah gabungan banyak elemen yang memiliki hubungan dan saling berinteraksi dalam menyelesaikan suatu goal tertentu.

Selain itu, ia juga menggaris bawahi bahwa sistem itu digambarkan sebagai suatu kejadian yang nyata berupa manusia dan benda.

7. Murdick, R.G

Pakar ini menyimpulkan bahwa sistem merupakan suatu kumpulan elemen yang di dalamnya terdapat prosedur yang digunakan dalam rangka mencari tujuan bersama melalui metode pengoperasian barang dan data tertentu. Adapun cara ini ditujukan untuk mendapatkan data atau informasi yang hendak dicapai.

8. Harijono Djojodihardjo

Berikutnya, sistem menurut Harijono Djojodihardjo. Menurutnya sistem adalah gabungan suatu obyek yang mana mempunyai hubungan, baik dari bentuk fungsi maupun hubungan tiap-tiap ciri-ciri obyek yang dengan keseluruhan hingga menjadi kesatuan yang berfungsi.

Nah, demikianlah yang bisa kami ulas tentang sistem dan pengertian sistem menurut para pakar dan para ahli. Setelah membaca artikel ini diharapkan para pembaca bisa memahami apa itu sistem secara utuh.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.