1

Pengertian Koperasi dan Prinsip-Prinsip Menjalankannya

Koperasi jika diartikan secara sederhana adalah dari anggota untuk anggota. Ungkapan ini sangat tepat untuk menggambarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan koperasi yang tentunya tujuannya adalah untuk anggota itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui jika koperasi bisa hidup dan berjalan berkat iuran yang dilakukan oleh para anggota jadi anggota tersebutlah yang akan memberikan modal agar koperasi dapat berkembang dan maju. Jika di dalam politik kita kenal dengan demokrasi begitu juga dengan koperasi.

Pengertian koperasi sendiri jika ditinjau dari bahasa berasal dari dua suku kata di dalam bahasa Inggris yakni “co” dan juga “operation”. “Co” artinya bersama dan “operation” berarti bekerja. Jadi koperasi berarti melakukan pekerjaan secara bersama-sama.

Jika kamu ingin memahami lebih lanjut mengenai koperasi beserta prinsip-prinsipnya, maka kamu wajib menyimak artikel ini dengan seksama.


Pengertian Koperasi


harianpilar.com

Pengertian koperasi jika dilihat dari istilah merupakan sebuah badan usaha dimana yang terdiri dari berbagai angota atau badan hukum dengan berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Koperasi sendiri adalah produk ekonomi dimana kegiatanya bertujuan untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan serta dijalankan berdasarkan asas gotong royong.

Untuk landasan koperasi, kita semua paham jika koperasi sendiri adalah tulang punggung perekonomian masyarakat Indonesia.

Koperasi juga penting untuk didirikan sehingga sekarang untuk menemui koperasi sendiri cukup mudah. Karena koperasi ini sesuatu yang dianggap perlu ataupun urgent, membuat badan usaha ini perlu yang namanya landasan sehingga bisa berjalan dan berkembang.


Landasan Koperasi


maxmanroe.com

Jika sudah paham dengan pengertian koperasi, tidak ada salahnya untuk kita juga memhami tentang landasan koperasi itu sendiri.

Landasan koperasi yang pertama adalah landasan idiil pancasila dimana pada landasan ini menyatakan jika koperasi adalah sarana untuk dapat membuat kehidupan masyarakat yang adil, makmur dan juga sejahtera.

Badan usaha koperasi ini butuh landasan hukum yang akan menjadi topangan sehingga landasan hukum dari koperasi sendiri adalah pancasila.

Tidak hanya itu, di dalam koperasi juga ada yang namanya landasan UUD 1945 dimana pada landasan ini koperasi diposisikan Soko Guru Perokonomian Nasional yang dilihat dari kedudukan koperasi itu sendiri. Koperasi harus punya departemen atau kementrian yang secara khusus untuk dapat membawahi urusan koperasi nasional.

Jadi dengan adanya departemen yang mengurus koperasi tentu kegiatan seperti pembekalan, pembiayaan sampai penanganan hukum akan dilakukan oleh departemen itu sendiri.

Di dalam koperasi ada yang namanya landasan sosial dimana pada landasan ini koperasi adalah organisasi yang butuh peran masyarakat. Jadi, pengertian koperasi sendiri merupakan organisasi demokirasi ekonomi yang mandiri dan juga berotonomi.

Demi keutuhannya koperasi, setiap anggota akan bahu membahu berbagi, saling membantu, berpendapat dan juga berdiskusi baik itu mendiskusikan tentang organisasi, bagaimana cara pemasaran, kegiatan manajerial hingga membangun usaha anggota-anggota koperasi.


Prinsip Koperasi


taralite.co

Koperasi punya prinsip yang menjadi panutan dimana prinsip koperasi ini digunakan untuk mengaplikasikan tuntutan praktis koperasi.

Prinsip koperasi tersebut diantaranya keanggotaan yang secara sukarela dan terbuka, pengendalian yang dilakukan oleh anggota secara demokratis, partisipasi ekonomi dari anggota, prinsip otonomi dan kebebasan, prinsip pendidikan, pelatihan dan juga informasi, ada juga kerjasama diantara koperasi dan kepedulian terhadap komunitas.

Jadi, pada intinya, koperasi sendiri sangat mementingkan kepentingan para anggotanya karena tujuan koperasi sendiri adalah untuk mensejahterakan para anggota.

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian koperasi yang dapat kami ulas. Semoga bermanfaat!

Keyword: Pengertian Koperasi

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.