6 Urutan Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia yang Sangat Menakjubkan

Pada artikel kali ini kita akan mengintip puncak gunung atau gunung tertinggi di Indonesia beserta basecamp untuk rute pendakian, biar lengkap informasinya.

Gunung tertinggi di Indonesia urutan pertama adalah Puncak Jaya di pegunungan Jaya Wijaya provinsi Papua, dan gunung inilah satu-satunya gunung di Indonesia yang diatasnya ada salju abadi.

Oh berarti semakin tinggi semakin dingin, padahal semakin dekat dengan matahari.

Berikut ini disajikan bebarapa puncak tertinggi di Indonesia urut dari yang tertinggi, yaitu beberapa puncak gunung tertinggi di masing-masing pulau utama di Indonesia.

Urutan Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Gunung Bijih (3.600 mdpl), Papua

interaktif.kompas.id

Gunung yang kaya kandungan bijih tembaga dan emas ini berada di Papua. Mungkin kita telah mengenal gunung emas di Indonesia, ya gunung Bijih ini. Gunung ini berada pada ketinggian 3.600 mdpl.

2. Puncak Rantemario 3.478 mdpl, Gunung Latimojong Sulawesi Selatan

manusialembah.com

Pegunungan Latimojong adalah satu nama pegunungan di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Gunung Latimojong dengan puncaknya bernama Rantemario 3.478 mdpl atau Batu Lotong berada di tengah-tengah Sulawesi Selatan, merupakan gunung tertinggi di pulau Sulawesi dan ke-12 di Indonesia.

Sebagian besar pengunungan ini terletak di daerah Kabupaten Enrekang. Pegunungan Latimojong ini membentang dari selatan ke utara.

3. Puncak Hargo Dumilah 3265 mdpl, Gunung Lawu, Jawa Timur-Jawa Tengah

bocahpetualang.com

Gunung Lawu dengan puncak Hargo Dumilah berada pada ketinggian 3.265 mdpl (meter dari permukaan laut), letaknya di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Tepatnya berada di tiga kabupaten yaitu Karanganyar (Jawa Tengah), Ngawi, dan Magetan (Jawa Timur). Terkenalnya gunung tersebut, dikarenakan gunung Lawu termasuk gunung tertua.

Bahkan ada yang menyebutnya sebagai gunung purba, yang sudah sangat dikenal di kalangan orang Jawa yang menyimpan banyak misteri.

Ada juga yang meyakini apabila gunung tersebut bisa untuk tempat mengasingkan diri atau meditasi untuk sarana memohon sesuatu kepada Sang Pencipta Alam Semesta, mengingat gunung ini termasuk gunung purbakala.

4. Puncak Syarif 3.145 mdpl Gunung Merbabu, Jawa Tengah

pegipegi.com

Puncak Syarif (3.142 mdpl), puncak Kenteng Songo (3.151 mdpl), puncak Trianggulasi (3.171 mdpl) merupakan puncak-puncak Merbabu yang trkenal di kalangan para pendaki saat ini.

Sedangkan ketinggian puncak yang telah lama beredar adalah 3.145 mdpl, merupakan puncak tertinggi ke-22. Apabila menggunakan data dengan ketinggian 3.171 mdpl maka puncak Merbabu berada di urutan ke-19.

5. Puncak Merapi 2.911 mdpl, Gunung Merapi, Jawa Tengah-DI Yogyakarta

phinemo.com

Puncak Merapi 2.930 mdpl per 2010, namun tercatat saat ini berketinggian Puncak Anyar 2.911 mdpl, ini artinya kondisi puncak Merapi yang berubah-ubah karena sering meletus. Anyar berarti puncak baru.

Kita masih ingat ketika juru kunci Merapi yang cukup ternama, Mbah Maridjan (karena menjadi bintang iklan produk ternama di Indonesia), menjadi salah satu bukti bahwa Merapi memiliki karakter sendiri.

Bahkan momen di Merapi menjadi legenda kisah seri yang disiarkan di radio dan televisi, Misteri Gunung Merapi.

Merapi terletak membentang di Kabupaten Boyolali, Kabupatan Klaten, Kabupaten Magelang (Jawa Tengah) dan Kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta).

Pengelolaan area sekitar Merapi masuk dalam Taman Nasional Gunung Merapi yang berpusat di Jln. Merapi 128 Boyolali.

6. Puncak Bromo 2.392 mdpl, Gunung Bromo, Jawa Timur

pegipegi.com

Gunung Bromo 2.392 mdpl termasuk dalam pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini terletak di Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Kabupaten Lumajang di Jawa Timur, Pulau Jawa.

Anda pasti pernah mengenal gunung ini, karena Bromo memang unik, dengan adanya danau pasir atau padang pasir.

Bromo merupakan gunung berapi yang mudah didaki, karena untuk mencapai puncak sudah diberi tangga. Dan tempat ini merupakan tempat favorit bagi siapa saja termasuk orang biasa.

Area pasir yang luas di sisi Bromo diperkirakan hasil dari letusan yang beribu-ribu tahun lalu dan tidak mengalir melalui DAS sehingga menumpuk. Jadilah padang pasir sehingga memperpendek jalan ke puncak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.