4
8

Penjelasan Tentang Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Anak sekolahan tentunya akan mengenal dengan yang namanya besaran, baik itu besaran pokok maupun besaran turunan. Apalagi siswa yang sekolah SMA jurusan IPA sering kali belajar besaran.

Dalam ilmu fisika besaran pokok dan besaran turunan merupakan materi yang selalu di pakai untuk perhitungan.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang besaran. Terlebih dahulu anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan besaran?

Besaran adalah semua yang berkaitan dengan pengukuran atau sesuatu yang dapat diukur. Tapi tidak semuanya ada di dunia ini bisa diukur.

Untuk itu kami akan memberikan penjelasan tentang besaran lebih ringkas lagi, agar bisa membedakan apa yang bisa diukur dan apa saja yang tidak bisa diukur.


Penjelasan Besaran Pokok


No. Besaran Pokok Satuan Definisi
1 Panjang (l) meter (m) 1 meter ialah panjang lintasan yang ditempuh oleh cahaya pada ruang vakum dalam selang waktu 1/299 792 458 second
2 Massa (m) kilogram (kg) 1 kilogram ialah massa sebuah silinder platinum-iridium yang memiliki tinggi dan diameter 3.9 cm
3 Waktu (t) second (s) 1 second ialah selang waktu yang dibutuhkan atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9 192 631 770
4 Temperatur (T) kelvin (K) 0 kelvin ialah 0 absolut (kondisi dalam termodinamika dimana partikel-partikel penyusun materi berhenti bergerak)
1 kelvin ialah pecahan 1/273.16 dari temperatur termodinamika triple point air
5 Kuat Arus (I) ampere (A) 1 ampere ialah arus yang mengalir pada dua penghantar lurus paralel pada ruang vakum dengan jarak pisah 1 meter dengan panjang masing-masing penghantar tak hingga dan luas penampang diabaikan yang akan menghasilkan gaya tarik-menarik sebesar 2 x 10-7 N/m
6 Intensitas (In) candela (cd) 1 candela ialah intensitas cahaya pada arah tertentu dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 Hz dan mempunyai intensitas radian pada arah 1/683 watt per steradian.
7 Jumlah Zat (n) mol 1 mol ialah jumlah zat penyusun suatu unsur sebanyak jumlah atom pada 0.012 kg atom Carbon-12.

Pada pelajaran fisika kita mengukur setiap besaran dalam satuannya masing-masing. Dengan cara membandingkan besaran tersebut dengan suatu standar agar lebih jelasnya dengan contoh berikut: bayangkan anda mengukur besaran panjang suatu meja dan anda mendapatkan panjangnya lima jengkal.

Dengan demikian anda membandingkan besaran panjang meja dengan panjang jengkal anda dan tentunya jengkal anda adalah standarnya.

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain.

Besaran ini terbagi menjadi tujuh buah, yaitu panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus, intensitas cahaya, dan jumlah zat.


Penjelasan Besaran Turunan


No. Contoh Besaran Turunan Satuan
1 Luas (A) m2
2 Kecepatan (v) m/s1
3 Percepatan (a) m/s2
4 Massa jenis (ρ) kg/m3
5 Gaya (F) N
6 Tekanan (P) Pa

Ini berarti:

1. Luas diturunkan dari besaran panjang, yaitu panjang dikali panjang.
2. Kecepatan diturunkan dari besaran panjang dan waktu, yaitu panjang/jarak dibagi waktu.
3. Percepatan diturunkan dari besaran panjang dan waktu, yaitu jarak/panjang dibagi dengan waktu pangkat dua.
4. Massa jenis diturunkan dari besaran massa dan panjang, yaitu massa dibagi dengan panjang pangkat tiga (volume)
5. Gaya diturunkan dari besaran massa, panjang, dan waktu, yaitu massa dikali (panjang dibagi waktu pangkat dua).
6. Tekanan diturunkan dari besaran massa, panjang, dan waktu, yaitu massa dibagi dengan (massa dikali waktu pangkat dua).

Selain itu juga dikenal dengan istilah besaran turunan. Dimana besaran turunan adalah satuan besaran yang diturunkan dari besaran pokok, misalnya pembagian atau perkalian 2 besaran pokok dan lain-lain.

Ada beberapa macam jenis dari besaran turunan ini, anda akan mengetahuinya seiring dengan berjalannya waktu, karena untuk sekarang belum banyak digunakan.

Tetapi yang sering digunakan pada setiap waktu ditunjukkan pada gambar di atas yang menjelaskan macam-macam besaran turunan lengkap dengan nama satuan dan lambang satuanya. Di dalam pikiran kita pastinya akan bertanya-tanya tentang bagaimanakah cara mengukur besaran turunan?

Saat ini banyak besaran turunan yang dapat diukur secara langsung, artinya sudah ada alat ukurnya. Misalnya, tekanan udara diukur dengan barometer, gaya diukur dengan dinanometer dan volume air diukur dengan gelas ukur.

Sementara itu untuk mengukur luas atau volume suatu benda yang bentuknya beraturan kita dapat menggunakan rumus matematika.

Kemudian bagaimana jika benda yang akan kita ukur bentuknya tidak beraturan misalnya saja batu? Untuk mengukurnya kita dapat menggunakan alat tertentu.

Oleh karena itu, setiap besaran pokok dan besaran turunan sudah ditentukan alat ukurnya masing-masing.

Dimensi Besaran Pokok dan Besaran Turunan

inspirilo.com

Dalam topik ini kita juga mengenal istilah dimensi, yang merupakan penggambaran suatu besaran turunan dalam besaran-besaran pokok penyusunnya. Dengan begitu besaran pokok memiliki dimensi yang paling dasar.

No. Besaran Pokok Dimensi
1 Panjang (l) L
2 Massa (m) M
3 Waktu (t) T
4 Temperatur (T) Ө
5 Kuat Arus (I) I
6 Intensitas (In) J
7 Jumlah Zat (n) N

Pada bagian ini juga akan dikenal dengan istilah dimensi, yang merupakan penggambaran suatu besaran pokok dan besaran turunan. Dengan begitu besaran pokok memiliki dimensi yang paling dasar.

Pada besaran pokok standar dan alat ukur panjang dinyatakan dalam meter, panjang adalah jarak antara dua titik di dalam ruang. Satu meter sama dengan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299.792.458 sekon.

Standar dan alat ukur massa adalah kilogram (kg), dimana massa suatu benda adalah banyak zat yang dikandung benda tersebut. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran massa adalah neraca.

Terdapat beberapa jenis neraca, antara lain neraca duduk, neraca elektronik, dan neraca lengan. Satuan standar untuk waktu adalah sekon atau detik. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran waktu antara lain arloji dan stopwatch.

Keyword: Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.