March 3, 2024

Kebiasaan mendengarkan musik menjadi sebuah hobi dari beberapa orang dari zaman dulu sampai sekarang. Agar dapat didengarkan tanpa gangguan, maka bisa download lagu dan mengenali cara mendengarkan musik supaya aman.

Ada banyak sekali genre musik yang dapat dipilih untuk menemani berbagai momen setiap harinya. Namun, beberapa orang menerapkan kebiasaan yang kurang baik dalam hal ini, sehingga bisa membuat pendengaran mengalami gangguan.

Tidak hanya masalah pendengaran saja, setel musik dalam jangka waktu lama juga mempunyai risiko sendiri untuk diri Anda. Oleh sebab itu, pastikan bijak dalam melakukan kegiatan sambil mendengarkan musik-musik kesukaan.

Cara Mendengarkan Musik yang Tepat

Buat Anda yang mempunyai hobi mendengarkan musik, termasuk memakai alat earphone/headphone, harus memperhatikan beberapa hal agar tidak merusak pendengaran. Berikut beberapa cara mendengarkan musik yang tepat agar aman.

1. Ambil Istirahat

Cara pertama supaya telinga Anda tidak mengalami kelelahan berlebihan adalah dengan mengambil waktu untuk istirahat. Apabila memakai headphone atau sejenisnya, ambil jeda selama kurang lebih 5 menit per jam.

Mendengarkan musik memang sangat menyenangkan sehingga sering membuat beberapa orang menjadi lupa waktu. Oleh sebab itu, penting mengatur jadwal istirahat sejenak agar pendengaran tidak mengalami penurunan fungsi.

2. Pakai Peredam Suara Headphone

Pemakaian headphone menjadi opsi karena dinilai lebih nyaman dan mampu meredam suara-suara dari luar yang mengganggu. Fitur peredam suara sangat bagus untuk melindungi telinga sehingga mendengarkan di volume kecil tetap bagus.

Terdapat dua jenis peredam suara di headphone, yaitu pasif dimana mempunyai bentuk earplug yang tingkat meredam suara masih rendah. Jenis selanjutnya adalah aktif yang mampu meredam secara maksimal, termasuk saat di kendaraan umum.

3. Terapkan Aturan 60/60

Terdapat aturan 60/60 dalam mendengarkan musik memakai alat seperti headphone atau earphone. Waktu paling aman dan direkomendasikan yyaitu 60% dari jumlah volume serta 60 menit dalam sehari.

Pendengaran manusia mempunyai kapasitas 60dBs sampai 70 dBs. Apabila dengan terus menerus mendengarkan dengan volume kencang, maka bisa membuat daya dengar semakin menurun bahkan jika semakin parah menjadi tidak dapat dengar.

4. Jangan Terlalu Dekat dengan Speaker

Tidak hanya penggunaan bantuan alat seperti earphone dan sejenisnya, tetapi musik yang diputar memakai sounds speaker juga mempunyai risiko. Apabila Anda mendengarkan menggunakan speaker ini, pastikan tidak terlalu dekat.

Terlalu dekat dengan speaker yang kencang, pasti akan membuat pendengaran menjadi tidak nyaman. Jika terus dibiarkan, maka dapat menimbulkan masalah.

Anda bisa mendengarkan musik dengan aman memakai earphone/headphone sesuka hati. Pilih lagu-lagu terbaru dari penyanyi favorit dengan download lagu di lagu.dj secara gratis sehingga bisa didengarkan offline tanpa gangguan iklan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *