Cara Reset HP Oppo dan Nasib Data Pasca Reset

Kata kunci atau password memungkinkan pengguna gawai mendapat privasi. Namun, bagaimana jadinya kalau password yang dimaksudkan untuk keamanan itu justru menghalagi gawai dari pemiliknya?

Salah satu ironi yang paling membuat deg-degan adalah melupakan kata kunci. Ibaratnya seperti senjata makan tuan. Lalu apa yang bisa dilakukan saat hal ini terjadi?

Bagi pemilik Oppo, satu-satunya cara adalah reset HP. Sebelum tambah panik, simak cara reset HP Oppo menurut ppdbkepri.id berikut.

Reset HP Oppo Jika Lupa Password

Sayangnya, jika Anda tidak memasang fitur sidik jari, mengatur alamat email recovery atau melengkapi pertanyaan pengaman pada ponsel sebelum kejadian ini, tidak ada cara lain: gawai harus dikembalikan ke mode pabrikan.

Artinya, gawai perlu direset ulang sepenuhnya berikut seluruh data di dalamnya. Caranya hanya bisa dilakukan dengan mengunjungi layanan konsumen resmi Oppo. Gawai Anda akan ditangani oleh pihak profesional Oppo.

Hindari Kehilangan Data dengan Back Up Rutin

Untuk mengantisipasi kehilangan data jika terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti di atas, ada baiknya Anda rutin memindahkan atau back up data dalam ponsel secara berkala. Secara umum ada dua cara untuk melakukan back up, yaitu via memori lokal dan via laptop atau PC.

Local Back Up

Untuk melakukan jenis back up data satu ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke pengaturan lalu pilih pengaturan tambahan
  • Ketuk back up and reset kemudian pilih local back up
  • Pilihan back up and restore ini juga bisa ditemukan di menu tools. Anda dapat menemukan data yang telah disimpan sesuai satuan waktu
  • Anda dapat memilih data-data berupa aplikasi, data pribadi, dan data sistem
  • Tunggu hingga proses dinyatakan selesai. Jangan mematikan gawai selama proses ini berlangsung. Hal ini bisa menimbulkan hilangnya data
  • Setelah selesai, data restorasi lama bisa dihapus untuk menghemat spasi memori gawai
  • Jika pilihan di atas tidak ditemukan, pilih new back up pada menu back up and resore. Pilih data yang ingin di-back up lalu ketuk start

 

Via Komputer

Cara paling mudah adalah memindahkan data gawia ke perangkat memori eksternal seperti SD card. Jadi, Anda hanya perlu melepas memori eksternalnya dan menghubungkannya ke komputer layaknya flash disk atau hard disk.

Data dari komputer juga bisa dengan mudah diakses ke dalam gawai melalui memori eksternal ini.

Demikian penjelasan cara reset HP Oppo untuk kasus lupa password. Disarankan untuk selalu mengatur sistem pengaman ganda untuk jaga-jaga jika terjadi kasus seperti ini agar tidak perlu repot reset secara manual ke gerai.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.