Mengulas Tentang Pengertian Visi dan Misi serta Contoh Penerapannya

Apa itu visi dan misi? Secara garis besar pengertian visi dan misi adalah suatu konsep perencanaan yang disertai sebuah tindakan untuk mencapai apa yang telah direncanakan.

Kalimat visi dan misi mungkin tidak terlalu asing di telinga sebagian besar orang, terutama ketika berada dalam sebuah organisasi. Visi serta misi merupakan sebuah perencanaan serta tindakan nyata dalam pencapaian sebuah tujuan dalam mewujudkannya.

Sebuah organisasi, baik itu dalam bentuk badan, kelompok maupun instasi harus memiliki visi dan misi yang jelas dalam menjalankan aktivitasnya. Karena dibentuknya sebuah organisasi pasti memiliki tujuan berupa visi dan misi yang harus dicapai.

Lalu apa sebenarnya definisi dari visi dan misi itu sendiri, berikut beberapa definisi dari visi serta misi yang dilihat dari berbagai perspektif.

Pengertian Visi dan Misi

Pengertian Visi

marketingnull.blogspot.com

Visi merupakan suatu pandangan hidup yang ditentukan dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan kelangsungan hidup sebuah organisasi.

Untuk membuat sebuah visi, diperlukan beberapa persyaratan yang harus terpenuhi, seperti; berorientasi ke depan, tidak dibuat berdasarkan kondisi organisasi saat ini, serta mengekspresikan kreatifitas.

Visi menjadi sebuah gambaran atau pernyataan terhadap keadaan dan karakteristik sebuah lembaga untuk mencapai sebuah keinginan dalam jangka panjang. Dimana hal tersebut dilakukan untuk dapat mencapai tujuan bersama.

Visi itu sendiri tidak dapat dituliskan secara lebih jelas, menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, oleh kemungkinan kemajuan clan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut.

finansialku.com

Dan pernyataan sebuah visi tersebut harus selalu berlaku pada semua kemungkinan perubahan yang mungkin terjadi sehingga suatu, oleh karena itu sebuah visi hendaknya mempunyai kerakter yang fleksibel.

Visi adalah pandangan atau pemikiran pada yang akan datang atau cita cita. Sebuah pernyataan visi juga dapat dikatakan sebagai cara pandang jauh ke depan kemana organisasi harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif, dan inovatif.

Visi merupakan sebuah gambaran keadaan masa depan yang diinginkan pada sebuah organisasi.

Pengertian Misi

brojuven.com

Misi merupakan salah satu penyataan yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi tentang cara dan usahanya untuk mewujudkam visi.

Dalam sebuah operasional organisasi maka anda haruslah berpedoman dengan misi. Hal tersebut dilakukan agar hasil dari sebuah visi terwujudkan.

Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar sebagai cara pencapaian sebuah visi.

Pentingnya pernyataan misi dalam mendukung pernyataan visi sebuah organisasi, maka selama pembentukannya perlu diperhatikan masukan-masukan dari anggota lembaga maupun organisasi serta sumber-sumber lain yang dianggap penting.

Misi adalah sedang atau akan melakukan apa yang sudah ada dalam visi itu. Misi juga merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan oleh organisasi agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.

Dengan adanya misi yang sudah ditetapkan maka diharapkan bagi seluruh pegawai ataupun kelompok yang menjalankan sebuah organisasi dapat mengerti dengan jelas mengenai peranan dan tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi di masa mendatang.

kitamuda.id

Misi dibuat agar orang-orang yang berkaitan dengan organisasi mengerti dan memiliki tujuan yang sama dalam mengimplementasikannya. Sebuah pernyataan misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukannya, dan bagaimana melakukannya.

Pernyataan sebuah misi belum dapat dipergunakan sebagai petunjuk bekerja.

Intepretasi lebih mendetail diperlukan agar pernyataan misi dapat diterjemahkan ke langkah-langkah kerja atau tahapan pencapaian tujuan sebagaimana tertulis dalam pernyataan misi. Untuk memberikan tekanan pada faktor komprehensif dari pernyataan misi.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.