1
4

Sejarah Dan Pengertian Algoritma Dalam Pemrograman serta Contohnya

Dalam kehidupan sehari-hari terdapat beberapa ilmu yang sering digunakan salah satunya adalah ilmu matematika dan ilmu komputer atau yang biasa disebuat algoritma. Pengertian algoritma adalah adalah prosedur yang berisi langkah demi langkah untuk sebuah perhitungan.


Pengertian Algoritma dan Penerapannya


jurnalponsel.com

Algoritma menjadi dasar bagi berbagai aplikasi strategis dalam kehidupan manusia. Sebagai salah satu perwujudan yang sangat erat hubungannya dengan dunia pemrograman dan komputer.

Di zaman yang sudah serba teknologi dan otomatisasi, maka sangat penting untuk mempelajari ilmu algoritma karena menjadi dasar bagi ilmu komputer yang sudah menyentuh hampir semua aspek kehidupan.

Algoritma juga bisa berarti urutan atau langkah-langkah dalam perhitungan untuk menyelesaikan sebuah masalah yang ditulis dalam sebuah urutan.

Sedangkan pengertian dari algoritma pemrograman adalah urutan, langkah demi langkah, atau prosedur yang dilakukan untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam pemrograman komputer.


Sejarah Algoritma


maxmanroe.xom

Sejarah algoritma dimulai pada era Al-Khawarizmi sebagai peletak dasar aturan-aturan dalam melakukan perhitungan aritmatika.

Formalisasi selanjutnya adalah sebagai usaha penentuan apa yang dinamakan metode efektif atau perhitungan efektif.

Setelah itu, pengembangan dalam bidang pemrograman terus dilakukan dengan menggunakan prinsip-prinsip tersebut.

Terdapat tiga bentuk dasar dari sebuah algoritma yaitu perulangan, sekuensial ran percabangan atau bersyarat. Bentuk perulangan atau looping algorithm menjalankan operasi beberapa langkah tertentu dengan berulang-ulang atau secara looping.

Untuk bentuk sekuensial adalah serangkaian langkah yang urutan langkahnya urut dari awal hingga akhir.

Sedangkan untuk pengertian algoritma bentuk percabangan atau bersyarat adalah operasi yang hanya akan berlanjut ke langkah selanjutnya jika sebuah syarat telah terpenuhi.


Contoh Algoritma Pemrograman


dailysocial.id

Algoritma haruslah dibuat dengan baik agar sistem berjalan dengan baik pula. Sehingga anda haruslah memenuhi kriteria ketika membuat sebuah algoritma.

Hal pertama yang perlu dilengkapi adalah masukan, yang mempunyai nilai nol atau diatasnya sehingga tidak berlaku untuk bilangan bernilai negatif.

Hal yang kedua adalah memiliki minimal satu output. Sebuah algoritma haruslah memiliki output, jika tidak maka algoritma tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Cakupannya hanya untuk hal-hal yang bersifat terbatas dan berhenti setelah melakukan hal-hal yang dibutuhkan saja.

Kriteria selanjutnya adalah adanya akhir dan awal yang jelas, tujuan yang jelas, dan setiap tahapan atau prosedur harus jelas dan dapat dijelaskan.

Hal yang terakhir adalah efisien, artinya tidak menambahkan hal yang tidak bermanfaat dalam deretan langkah atau prosedur. Pasalnya algoritma memiliki peranan yang sangat erat terutama pada bidang bahasa pemrograman.

Contohnya adalah pada pembuatan program komputer yang menggunakan bahasa pemgrograman seperti bahasa C, Visual Basic, dan lain sebagainya.

Program yang disusun dengan bahasa pemrograman akan memiliki urutan dari berbagai syntax sebagai dasar dari sebuah software.

Untuk dapat memahami definisi algoritma dengan baik maka anda haruslah mengerti tentang menggunakan contoh soal. Berikut adalah contoh soal algoritma:

Misalkan anda diminta mengubah waktu tempuh sebuah bus antar kota dalam satuan jam ke dalam satuan jam, menit, dan detik. Maka yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengkonversi dari satuan jam ke detik terlebih dahulu. Setelah itu, digunakan fungsi write untuk menambahkan total detik yang dibutuhkan.

Hal yang perlu diingat adalah apabila mengkonversi dari satuan jam ke dalam detik, maka bilangan bulat yang digunakan perlu diperhatikan.

Mempelajari algoritma pemrograman memerlukan banyak latihan serta trial and error sehingga terbiasa dan mampu memecahkan berbagai operasi yang rumit.

Keyword: Pengertian Algoritma

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.