Ciri-Ciri HAM Beserta Hakikat dan Pengertiannya (Lengkap)

51
Ciri-Ciri HAM Beserta Hakikat dan Pengertiannya (Lengkap)
uniqpost.com

Kak Asasi Manusia (HAM) adalah suatu hak yang dimiliki setap manusia sejak manusia itu dilahirkan. HAM merupakan suatu karunia dari Tuhan yang Maha Kuasa kepada semua manusia yang ada di muka bumi. Di Indonesia, HAM ini sangat diperhatikan sekali dimana upaya penegakkan HAM juga terus dilakukan hingga saat ini.

HAM juga punya yang namanya hakikat, ciri-ciri HAM, dan sifat-sifat dari HAM itu sendiri. Jadi, untuk kamu yang ingin mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap mengenai Hak Asasi Manusia, kamu bisa simak artikel berikut ini.

Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)

islami.co

Hak Asasi Manusia merupakan hal yang sudah dimiliki manusia sejak dilahirkan yang merupakan wujud dari Karunia Tuhan yang Maha Kuasa. Pengertian HAM menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hak asasi yang dilindungi melalui deklarasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

HAM sendiri meliputi hak untuk mendapatkan kemerdekaan, hak untuk hidup, hak untuk memiliki, dan juga hak mengeluarkan pendapat.

Dengan hadirnya HAM yang berasal dari kepercayaan manusia jika semua manusia yang ada di muka bumi punya derajat yang saja. Hakikat HAM sendiri berupa suatu hal yang hakiki dan juga universal yang termasuk di dalamnya terdapat ciri-ciri HAM.

Manusia memiliki hak dan martabat yang sama dan ini menjadi dasar dari adanya Hak Asasi Manusia di setiap negara. Dengan adanya hak tersebut tentu setiap manusia memiliki hak untuk dihormati, dilindungi pemerintah, hukum, dan negara serta insan yang ada di bumi ini.

HAM adalah hak asasi yang harus ditegakkan. Jadi jika ada kasus pelanggaran HAM tentu hal ini harus ditindak dengan tegas oleh hukum.

Untuk itu, sangat perlu yang namanya upaya pemerintah didalam menegakkan HAM. Butuh yang namanya integrasi diantara pihak terkait dalam menegakkan dan menghormati hak asasi yang dimiliki setiap warga negara yang ada di dalam suatu lingkup pemerintahan.

Ciri-Ciri HAM

kompasiana.com

HAM merupakan hak yang dimiliki manusia yang punya beberapa unsur dan juga ciri pokok yang digunakan untuk mengartikan pengertian HAM itu sendiri.

Ciri yang pertama dalah HAM sifatnya hakiki. Jadi, HAM merupakan hak asasi yang sifatnya hakiki. Dalam hal ini, hak asasi yan bersifat hakiki adalah hak yang dimiliki semua manusia sejak mereka dilahirkan.

HAM juga bersifat universal dimana HAM sendiri dapat menjangkau semua orang. HAM bisa berlaku untuk semua insan yang ada di dunia tanpa terkecuali. HAM tidak memandang yang namanya status, agama, suku, usia, jenis kelamin ataupun juga golongan.

Ciri HAM yag ketiga adalah tetap atau tidak bisa digabung. HAM tidak bisa dihilangkan di dalam diri manusia baik oleh siapapun itu karena HAM akan dibawa dari manusia itu lahir sampai meninggal kembali.

Ciri HAM yang keempat adalah utuh atau tidak bisa dibagi dimana HAM sendiri tidak bisa dibagi ke orang lain karena semua orang berhak untuk mendapatkan hak mereka secara utuh baik hak untuk hidup, hak sipil, hak untuk mendapatkan pendidikan dan masih banyak lagi.

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian ham dan ciri-ciri HAM yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi yang ada pada artikel ini bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang ingin memahami tentang Hak Asasi Manusia itu sendiri.

Jika belum jelas, teman-teman juga bisa membacanya dari artikel lain yang mengulas tentang tema yang serupa. Semoga bermanfaat!

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here