Ciri-Ciri Planet serta Keberadaan Planet dalam Sistem Tata Surya

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang planet-planet yang ada di tata surya ini, apakah anda tahu apa saja ciri-ciri yang ada pada planet? Nah, pada kesempatan kali ini artikel berikut akan menjelaskan tentang ciri-ciri planet.

Pada sistem tata surya kita terdapat banyak sekali benda-benda langit. Salah satu benda langit itu adalah planet. Planet pada saat ini berjumlah delapan, setiap planet memiliki karaktristik atau cirinya masing-masing.

Sehingga untuk membedakan planet satu dengan yang lainnya dibutuhkan pengetahuan lebih agar kita tidak salah dalam mengenali setiap planet.

Tetapi sebelum menjelaskan itu, pengertian planet secara harfiah adalah suatu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi suatu bintang dengan lintasan dan kecepatan tertentu.

Dalam sistem tata surya ada delapan planet yang mengitari matahari, dimana matahari sebagai pusatnya. Sekarang kita akan mengetahui lebih jauh lagi tentang planet.


Ciri-Ciri Planet


ilmudasar.id

Planet merupakan benda langit yang tidak memancarkan cahaya sendiri, namun hanya memantulkan cahaya matahari.

Menurut International Astronomical Audit (IAU), planet adalah benda langit yang mempunyai orbit mengelilingi matahari, memiliki massa dan gravitasi yang cukup sehingga bisa membentuk struktur bulat, dan memiliki lintasan orbit yang bersih (tidak memiliki benda langit lainnya di dalam orbitnya).

Setiap planet tentu memiliki ciri-ciri secara umum. Ciri-ciri planet ini penting untuk membedakan planet dengan benda langit lainnya.

Berikut ini ciri dari planet antara lain: tiap planet memiliki gaya gravitasi, medan magnet, kemiringan sumbu, atmosfer, orbit masing-masing, mengelilingi matahari pada orbitnya (revolusi), berputar pada porosnya (rotasi), berbentuk bola, tidak bisa mengeluarkan cahaya sendiri dan memiliki batas massa yakni 13 kali massa jupiter (13 MJ).


Keberadaaan Planet dalam Sistem Tata Surya


bacabaca.com

Dari delapan jumlah planet dibedakan menjadi dua bagian yaitu planet luar dan planet dalam. Planet dalam adalah planet-planet yang orbitnya berada diantara matahari dan bumi.

Ciri ciri planet dalam antara lain: planet pada umumnya terbuat dari batu dan logam, memiliki permukaan yang padat, tidak memiliki cincin, dan memiliki jumlah satelit yang sedikit bahkan tidak ada.

Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa yang termasuk dalam planet dalam adalah merkurius, venus dan bumi.

Sedangkan planet luar adalah planet-planet yang orbitnya tidak berada diantara matahari dan bumi.

Berikut ini ciri dari planet luar yaitu; planet luar umumnya terdiri dari hidrogen dan helium, memiliki jumlah satelit yang banyak, memiliki cincin (kecuali mars) dan memiliki atmosfer yang tebal.

Berdasarkan ciri-ciri tersebut yang termasuk bagian dari planet luar adalah planet mars, jupiter, sarturnus, uranus, dan neptunus.

idschool.net

Pada gambar di atas ditunjukkan nama-nama planet yang ada dalam tata surya yaitu; Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturunus, Uranus, dan Neptunus.

Nama-nama planet itu juga telah diurutkan berdasarkan jaraknya dari matahari mulai dari yang paling dekat hingga yang paling jauh.

Awalnya ada satu lagi planet yang tergolong dalam tata surya tetapi ukuranya terlalu kecil sehingga tidak masuk kedalam daftar planet, planet tersebut adalah pluto. Ciri ciri planet ini yaitu ukuran kecil dan letanya sangat jauh dari matahari.

Para ilmuwan sepakat mengelompokkan planet berdasarkan dua hal. Yang pertama, pengelompokkan berdasarkan posisinya terhadap sabuk asteroid. Kedua, pembagian planet-planet berdasarkan maerial penyusun planet.

Sampai disini dulu penjelasan tentang ciri-ciri dari planet. Semoga artikel ini bermanfaat!

Keyword: Ciri-Ciri Planet

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.