2
6

Perbedaan Saham dan Obligasi dari Segi Jangka Panjang

Dalam berbisnis tentunya kamu harus bisa memahami letak perbedaan saham dan obligasi. Selain itu ada baiknya juga mengetahui cara mengumpulkan modal dengan berbagai cara menjual atau melepas saham dan obligasi.

Banyak perusahaan membutuhkan modal masuk agar bisnis yang dijalankan berjalan lancar tetapi dengan tuntutan yang ada membuat perusahaan besar ditekan untuk mendapatkan modal dengan waktu cepat. Oleh karena itu anda haruslah mampu membedakan antara saham dan obligasi.


Perbedaan Pengertian Saham dan Obligasi


apaperbedaan.com

Saham merupakan bentuk kepemilikan dari suatu perusahaan. Tetapi, bentuk kepemilikan itu tidak berkuasa sepenuhnya.

Jadi, semakin tinggi kepemilikan saham yang kamu tanam dalam suatu perusahaan semakin tinggi pula profit yang kamu dapatkan.

Sementara obligasi merupakan surat hutang yang dibuat oleh pemerintah ataupun perusahaan, sebagai janji agar bisa membayar kembali hutangnya beserta bunganya juga.

Suatu perusahaan yang mengeluarkan saham untuk membantu mengumpulkan modal agar keberhasilan perusahaan tersebut cepat tercapai.

Di lain sisi, pemerintah dapat lebih aktif untuk menerbitkan macam-macam obligasi.

Mengapa orang-orang membeli saham?

astronacci.com

Perbedaan saham dan obligasi di atas sudah sangat jelas, saham dan obligasi adalah suatu aspek yang tentunya para investor sudah kenal sebelumnya.

Banyak orang pada zaman seperti ini sudah mulai berinvestasi dengan cara membeli saham ataupun obligasi.

Sekarang orang-orang membeli saham dan obligasi ini untuk jangka panjang dengan harapan untuk tabunganmasa depan, secara istilah dikenal sebagai passive income.

Keuntungan dengan jual beli saham adalah bisa membeli saham murah dan menjualnya dengan harga mahal alias menjualnya disaat harga saham sedang tinggi.

Untuk membaca kenaikan harga saham di dalam suatu perusahaan juga diperlukan dasar financial atau konsep yang sudah ada mengenai ketersediaan dan keinginan.

Selain itu, anda juga harus mengetahui dan mengenal kinerja dari perusahaan yang kita investasikan seperti bergerak di bidang apa.

Nah untuk itu banyak yang mengatakan saham jauh lebih menguntungkan daripada obligasi.

Bagaimana dengan obligasi?

swara.tunaiku.com

Obligasi juga sangat menguntungkan bagi peminatnya karena untuk memperoleh pendapatan yang tetap. Ingin mencari investasi yang terbaik?

Obligasi salah satu bentuk investasi yang lebih aman dengan kelebihan bunga yang kita dapatkan setiap tahun sudah fix alias sudah pasti jumlahnya.

Tidak seperti saham yang bisa berubah setiap harinya dan memiliki risiko yang lebih besar. Tetapi, di dalam investasi apapun pasti memiliki risiko.

Jadi, risiko besar, pendapatan besar sementara risiko rendah, pendapatan rendah. Pasalnya setiap saham merupakan bagian dari kepemilikan disebuah perusahaan.

Saham merupakan bagian dari pemilik perusahaan sehingga keuntungan maupun kerugiannya pun merupakan resiko pemilik salah.

Ketika seseorang berinvestasi dengan saham dan perusahaan berjalan dengan baik maka pendapatkannya pun akan kian bertambah.

Namun jika perusahaan tidak bisa berjalan dengan baik maka pemilik saham juga bisa mendapatkan kerugian.

Pada saat yang sama investor bisa saja menanggung resiko bahwa perusahaan bekerja dengan buruk, sehingga mengalami penurunan saham.

Pasaran saham cenderung berada di tingkat resiko. Sehingga para investor bisa saja kehilangan uangnya di waktu yang tak terduga.

Namun, mereka juga cenderung memberikan keuntungan jangka panjang. Karena hal tersebutlah saham sangatlah disukai oleh orang-orang, selain karena resiko untuk investasi jangka panjangnya yang lebih kecil.

Sedangkan obligasi tidak memiliki potensi yang kuat dalam jangka panjang sehingga investor tidak terlalu tertarik. Selain itu, obligasi kurang berisiko dibandingkan saham.

Sementata harga pasar dari sebagian besar obligasi cenderung membayar kembali jumlah pokok pada saat jatuh tempo.

Sehingga resiko kerugiannya akan lebih kecil jika dibandingkan dengan saham.Perbedaan Saham dan Obligasi

Keyword: Perbedaan Saham dan Obligasi

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.