2
9

Macam-Macam Sejarah Didasarkan Pada Wilayah, Bidang, dan Tujuannya

Sejarah merupakan studi perihal masa lalu, secara khusus terkait dengan manusia. Pembelajaran megenai sejarah sudah diproses manusia untuk melihat peristiwa di masa lampau. Secara umum terdapat banyak macam-macam sejarah.

Macam-macam sejarah ini dapat ditinjau dari berbagai aspek yaitu, tempat terjadinya peristiwa tersebut hingga tujuan mempelajari sejarah tersebut.

Studi tentang sejarah Indonesia juga telah dimulai sejak Sekolah Dasar, baik sejarah kemerdekaan, sejarah kerajaan hingga pemerintahan. Salah satu ciri-ciri sejarah yaitu memiliki teori dan juga metode untuk dipelajari.

Belajar mengenai sejarah menjadi sangat penting, karena dapat mengetahui hal-hal yang terjadi di masa lalu yang berkaitan dengan kehidupan kita pada saat ini.

Sejarah memiliki macam dan jenis yang sangat beragam dan bervariasi. Macam-macam sejarah dapat diklasifikasikan menurut wilayahnya, bidangnya, isinya, tujuannya dan juga waktunya.


Macam-Macam Sejarah berdasarkan Wilayahnya


csus.edu

Terdapat 3 jenis sejarah berdasarkan wilayahnya, yaitu sejarah lokal (regional), sejarah nasional dan juga sejarah global atau dunia.

1. Sejarah Lokal/ Regional

Pengertian sejarah lokal ini yaitu sejarah yang menggambarkan peristiwa pada suatu daerah atau wilayah dalam lingkup lokal saja.

2. Sejarah Nasional

Yaitu jenis sejarah yang menggambarkan atau melihat suatu peristiwa yang terjadi di sebuah daerah dan memiliki dampak bagi suatu negara atau berdampak secara nasional.

3. Sejarah Global/ Dunia

Pengertian sejarah dunia atau global adalah sejarah yang menggambarkan kejadian di salah satu daerah yang berdampak secara global atau internasional.


Sejarah berdasarkan Jenisnya


merdeka.com

Selanjutnya adalah macam-macam sejarah menurut jenis-jenisnya. Terdapat 5 macam-macam sejarah berdasarkan jenis dan bidangnya, di antaranya adalah sejarah politik, sejarah sosial, sejarah ekonomi, sejarah kebudayaan, serta sejarah intelektual.

1. Sejarah Politik

Pengertian sejarah politik merupakan peristiwa di masa lampau yang terjadi akibat permasalahan dan faktor politik yang meliputi tokoh politik, sistem pemerintahan, kekuasaan, kepemimpinan, peperangan dan lain-lain.

2. Sejarah Sosial

Pengertian sejarah sosial merupakan peristiwa di masa lampau yang berkaitan dengan isu sosial yang berkembang di masyarakat pada saat itu.

3. Sejarah Ekonomi

Pengertian sejarah ekonomi yaitu sejarah yang mengulas mengenai masalah serta konsep ekonomi yang terjadi di masa lalu.

4. Sejarah Kebudayaan

Sejarah kebudayaan memiliki pengertian yakni sejarah yang membahas tentang kehidupan manusia yang ada kaitannya dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat.

5. Sejarah Intelektual

Intelektual yaitu sejarah yang mendiskusikan mengenai ide dan cara berpikir manusia yang berkaitan dengan ideologi-ideologi politik, idealisme jiwa, serta pandangan terhadap norma-norma dan juga nilai-nilai di masyarakat.


Macam-Macam Sejarah berdasarkan Bidangnya


republika.co.id

Selain itu, berdasarkan jenis dan bidangnya, sejarah juga dapat diklasifikasikan berdasarkan konsep dan tujuannya, yaitu sejarah ilmiah, sejarah warisan serta sejarah ideologi.

1. Sejarah Ilmiah/ Akademik

Pengertian dari sejarah ilmiah atau akademik yaitu sejarah yang ditulis menggunakan gambaran yang jelas mengenai masa lampau yang didasarkan pada tradisi akademik.

2. Sejarah Warisan

Pengertian sejarah warisan merupakan sejarah yang ingin memberikan semangat dan juga eksistensi dimana ciri-ciri utamanya menyuguhkan kisah pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan.

3. Sejarah Ideologi

Pengertian dari sejarah ideologi ini adalah sejarah yang mempelajari masa lalu mengenai terbentuknya simbol-simbol dan juga lambang yang digunakan negara hingga pada saat ini.

Keyword: macam-macam sejarah

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.