Pengertian Pendidikan | Macam-macam, Tahap dan Tujuan

Seseorang yang hidup di dunia ini, mau tidak mau pasti akan mengenyam pendidikan. Begitu pentingnya sebuah pendidikan bagi manusia, membuatnya tak bisa terlepas dari berbagai macam unsur lainnya. Pendidikan bisa diperoleh dari formal maupun non formal.

Pendidikan dapat mengembangkan karakter melalui berbagai macam kegiatan, seperti; penanaman nilai, pengembangan budi pekerti, nilai agama, pembelajaran dan pelatihan nilai-nilai moral, dan lain sebagainya.


Pengertian Pendidikan


1. Pengertian Pendidikan secara umum

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian.

2. Pengertian Pendidikan secara sederhana

Pendidikan adalah proses pembelajaran bagi peserta didik untuk dapat mengerti i, paham, dan membuat manusia lebih kritis dalam berpikir.

Juga setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan.

3. Pengertian Pendidikan secara etimologi

Berasal dari bahasa Latin “educatum” tersusun dari dua kata yaitu E dan Duco, di mana kata E berarti sebuah perkembangan dari dalam ke luar atau dari sedikit ke banyak, sedangkan Duco berarti perkembangan atau sedang berkembang.

Jadi, secara Etimologi pengertian pendidikan adalah proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan individu.

4. Pengertian Pendidikan menurut KBBI

Kata pendidikan berasal dari kata “didik” dan mendapatkan imbuhan “pe” serta akhiran “an” maka kata ini mempunyai arti proses atau cara perbuatan mendidik.

Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang, dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

5. Pengertian Pendidikan menurut UU dan GBHN

Sebuah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didiik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, mengendalikan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara (UU No.20 Tahun 2003)

Menurut UU No.2 Tahun 1989, pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan pelatihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

Menurut GBHN, pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.


Macam-macam Pendidikan


Secara garis besar, pendidikan bisa dijalani melalui 2 hal berikut ini :

1. Pendidikan Formal

Pendidikan yang bisa didapatkan dengan mengikuti kegiatan atau program pendidikan yang terstruktur dan terencana oleh badan pemerintah, misalnya melalui sekolah ataupun universitas.

2. Pendidikan Non formal

Pendidikan yang bisa didapatkan melalui aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, yang tidak terikat oleh lembaga bentukan pemerintahan, misalnya belajar sendiri melalui buku bacaan atau belajar melalui pengalaman diri sendiri dan orang lain.


Tahapan Pendidikan Formal


Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga mungkinkan secara otodidak. Namun, umumnya dibagi menjadi beberapa tahapan, seperti :

  1. Prasekolah
  2. Sekolah Dasar
  3. Sekolah Menengah Pertama
  4. Sekolah Menengah Atas
  5. Perguruan Tinggi atau Universitas

Bentuk pendidikan yang hadir melalui sekolah adalah yang paling umum, meskipun ada sebagian kecil orang tua memilih untuk pendidikan home-schooling, e-learning, atau yang serupa untuk anak-anak mereka.


Tujuan Pendidikan


Tujuan pendidikan itu sangat banyak, salah satunya seperti yang tercantum dalam undang-undang, yaitu: untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis juga bertanggung jawab.

Pendidikan merupakan sebuah upaya sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau untuk kemajuan lebih baik. Dengan menjadi manusia berpendidikan diharapkan mampu memperkuat bangsa Indonesia.

Tentunya disertai dengan akhlak yang mulia juga. Terimakasih karena telah membaca uraian tentang pengertian pendidikan ini. Semoga bermanfaat. Salam.

Keyword: Pengertian Pendidikan

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.