3
7

Pahlawan Tanda Tanda Jasa | Pengertian Guru di Beberapa Agama

Pengertian guru secara etimologi diambil dari bahasa Sanskerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah “berat”, jadi pengertian guru adalah seorang pengajar suatu ilmu.

Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pada pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Secara umum pengertian guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal.

Pengertian guru dalam definisi yang lebih luas, dapat diartikan sebagai setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru, dapat juga dianggap seorang guru.


Pengertian Guru dalam Berbagai Agama


1. Agama Hindu

isha.sadhguru.org

Dalam agama Hindu, guru merupakan simbol bagi suatu tempat suci yang berisi ilmu (vidya) dan juga pembagi ilmu. Seorang guru adalah pemandu spiritual atau kejiwaan murid-muridnya.

2. Agama Budha

Pengertian guru dalam agama Budha, guru adalah orang yang memandu muridnya dalam jalan menuju kebenaran. Murid seorang guru memandang gurunya sebagai jelmaan Budha atau Bodhisattva.

3. Agama Sikh

Dalam agama Sikh guru mempunyai makna yang mirip dengan agama Hindu dan Budha, namun posisinya lebih penting lagi dikarenakan salah satu inti ajaran agama Sikh adalah kepercayaan terhadap ajaran sepuluh guru (Sikh).

Hanya ada sepuluh guru dalam agama Sikh. Guru pertama, Guru Nanak Dev adalah pendiri agama ini.

4. Agama Islam

liputan6.com

Orang India, Cina, Mesir, dan Israel menerima pengajaran dari guru yang merupakan seorang Imam atau Nabi.

Oleh sebab itu, seorang guru sangat dihormati dan terkenal di masyarakat serta menganggap guru sebagai pembimbing untuk mendapat keselamatan dan dihormati bahkan lebih dari orang tua mereka.

Secara formal pengertian guru adalah seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana. Selain itu ia juga telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru atau dosen yang berlaku di Indonesia.

Di Indonesia terdapat beberapa guru legendaris, seperti : Abdurrahman Wahid, Ki Hajar Dewantara, Ki Sarmidi Mangunsarkoro, Dewi Sartika, Haji Abdul Malik Karim Amrullah, Maria Ulfah Santoso, dan Sartono.

Pengertian guru terhadap pengajar suatu ilmu, yaitu pendidik profesional dengan tanggung jawab dan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Sedangkan menurut Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005, guru diartikan sebagai pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.


Pengertian Guru Menurut Ahli


zonamuslim.net

Menurut Husnul Chotimah (2008), Ia menyebutkan guru dalam pegertian sederhana adalah orang yang memfasilitasi proses peralihan ilmu pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik.

Dri Atmaka (2004: 17) menyebutkan jika guru (pendidik) adalah orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan pertolongan kepada anak didik dalam perkembangan baik jasmani maupun rohaninya.

Agar tercapai tingkat kedewasaan mampu berdiri sendiri memenuhi tugasnya sebagai mahluk Tuhan, mahluk sosial dan mahluk individu yang mandiri. Tanpa guru mustahil kita mampu mendapatkan ilmu yang efisien.

Jika Anda pernah belajar ta’lim muta’alim (salah satu kitab kuning) maka akan dijumpai tentang 6 perkara yang ada pada mencari ilmu, dan salah satunya adalah menggunakan jasa guru dengan penuh penghormatan. Sekian artikel tentang pengertian guru, semoga bermanfaat. Salam!

Keyword: Pengertian Guru

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.