5

Pengertian Evaluasi | Perencanaan, Proses, Tujuan, dan Fungsinya

Secara umum pengertian evaluasi yaitu suatu propses identifikasi yang digunakan untuk menilai atau mengukur apakah program atau kegiatan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan tujuan maupun perencanaan yang ingin dicapai.

Proses dan Pengertian Evaluasi

nastad.org

Selain itu evaluasi juga memiliki arti sebagai kegiatan mengumpulkan informasi seputar kinerja manusia, metode, dan peralatan yang dipakai. Informasi yang akan dipakai dijadikan sebagai penentuan alternatif terbaik untuk membuat keputusan.

Dalam kehidupan manusia, proses evaluasi sangatlah dibutuhkan. Melalui evaluasi inilah yang menjadikan segala bidang dalam kehidupan dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas. Baik itu di dalam lingkungan kelompok, individu maupun di lingkungan kerja.

Melalui informasi, anda akan mengetahui tingkat dari kemajuan di suatu kegiatan, meningkatkan pencapaian sesuai dengan tujuan, dan meningkatkan pencapaian target yang akan mendatang nantinya.

Tujuan Melakukan Evaluasi

eige.europa.eu

Evaluasi yang dilakukan tentunya bukan tanpa tujuan. Akan tetapi ada banyak tujuan dari melakukan evaluasi itu sendiri, diantaranya yaitu:

• Untuk mengetahui seberapa baik dari tingkat penguasaan diri seseorang perihal kompetensi yang sudah ditetapkan.

• Untuk mengetahui apa saja yang menjadi kesulitan bagi diri seseorang perihal melakukan kegiatan. Dengan demikian, maka hal ini bisa dilakukan dalam melakukan diagnosis dan memungkinkan dalam memberikan remedia teaching.

• Untuk mengetahui seberapa tingkat keefisiensi dan keefktivitas pada suatu media, metode, maupun sumber daya yang lainnya dalam hal melakukan suatu kegiatan.

• Dijadikan sebagai informasi dan umpan balik untuk pelaksanaan evaluasi dalam memperbaiki kekurangan. Sehingga hal ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengambil keputusan pada masa yang akan mendatang nanti.

Kaitan Fungsi dan Pengertian Evaluasi

lametro.fr

Evaluasi dapat memberikan manfaat bagi pihak yang dievaluasi sekaligus memberikan manfaat bagi pihak yang sudah melakukan evaluasi.

Sedangkan evaluasi memiliki fungsi yang sangatlah penting, diantaranya yaitu:

1. Fungsi Selektif

Fungsi selektif merupakan fungsi yang bisa menyeleksi diri seseorang apakah seseorang mempunyai kompetisi yang sesuai pada standar yang telah ditetapkan ataupun tidak.

Misalnya saja menentukan diri seseorang diterima kerja maupun tidak, menentukan diri seseorang untuk naik jabatan maupun tidak, dan yang lainnya.

2. Fungsi Diagnosa

Fungsi evaluasi dari diagnosa yaitu digunakan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pada diri seseorang. Khususnya dalam bidang kompetensi tertentu yang dimiliki oleh diri seseorang.

Sedangkan setiap kompetensi yang dimiliki oleh diri seseorang tidaklah sama, sehingga hal ini harus diperhatikan dengan baik sebagai bahan pertimbangan.

3. Fungsi Penempatan

eipa.eu

Fungsi dari evaluasi penempatan ini yaitu untuk mengetahui posisi terbaik yang harus dipilih oleh diri seseorang pada suatu bidang tertentu.

Contohnya seperti mengetahui posisi karyawan yang sesuai pada bidang di dalam perusahaan.

5. Fungsi Pengukuran Keberhasilan

Alat ukur kebersihan individu yaitu dengan melakukan evaluasi. Hal ini dikarenakan evaluasi dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan dari suatu program, penggunaan sarana, metode yang dipakai bahkan hingga pada pencapaian tujuan.

Tahapan Proses Evaluasi

coe.int

Melakukan evaluasi tentunya harus melalui beberapa tahapan, diantaranya yaitu:

• Menentukan topik evaluasi

Menentukan evaluasi adalah kegiatan dalam penelitian untuk menentukan topik yang nantinya akan dievaluasi.

• Merancang kegiatan evaluasi

odi.org

Kegiatan yang harus dirancang pada saat melakukan evaluasi yaitu dengan mendesain proses evaluasi agar pelaksanaannya tidak akan terlewatkan.

• Pengumpulan data

Pengumpulan data merupakan kegiatan mengumpulkan, dan juga mencatat informasi sesuai perencanaan yang berdasakan pada kaidah-kaidah ilmiah.

Menganalisis data menjadi kegiatan mengolah informasi melalui pengelompokan data supaya lebih gampang untuk dilakukan analisis. Hal ini pun juga akan menjadi penentu tolak ukur waktu dari hasil evaluasi.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.