2
7

Perbedaan DNA dan RNA Berdasarkan Fungsinya

Tes DNA kerap kali dilakukan untuk menguji seseorang, apakah benar-benar kerurunan mereka atau bukan.

Hal ini terjadi karena DNA bersifat tetap dalam mewariskan sifat genetik, sangat berbeda dengan RNA yang dapat berubah sewaktu-waktu dan dapat terurai.

Melalui tes DNA tersebut akan didapatkan sejumlah data berupa kromosom bawaan dari Ayah dan Ibu.

Kromosom lelaki yang disimbolkan dengan xxyy dan wanita dengan simbol xyxy. Melalui sebuah proses pembuahan akan didapatkan keturunan dari dua kromosom ini.

DNA sebagai pembawa materi genetik dan RNA sebagai penyimpan informasi. DNA dan RNA adalah dua organel sel yang menjadi cetak biru dari semua awal kehidupan.

DNA (deoxyribonucleic acid) atau asam deoksiribosa nukleat (ADN) merupakan tempat penyimpanan informasi genetik, DNA merupakan asam nukelat yang di dalamnya terdapat sel makhluk hidup.

nytimes.com

DNA terdiri dari materi yang membentuk kromosom-kromosom dan informasi genetik yang tersimpan dalam tubuh makhluk hidup.

RNA (ribonucleic acid) atau asam ribonukleat merupakan makromolekul yang berfungsi sebagai penyimpan dan penyalur informasi genetik.

RNA sebagai penyalur informasi genetik misalnya pada proses translasi untuk sintesis protein. RNA ialah hasil dari transkripsi dari suatu fragmen DNA, sehingga RNA sebagai polimer yang jauh lebih pendek jika dibandingkan DNA.


Letak Perbedaan DNA dan RNA


kontensekolah.com

Berikut adalah perbedaan DNA dan RNA yang telah umum diketahui:

1. Bentuk rantai pada DNA panjang, ganda, dan berpilin (double heliks), sedangkan RNA memiliki bentuk rantai pendek, tunggal, dan tidak berpilin.

2. Fungsi DNA adalah mengendalikan faktor keturunan dan sintesis protein sedangkan RNA hanya mengendalikan sintesis protein.

3. Letak DNA di dalam nukleus, kloroplas, mitokondria, sedangkan RNA berada di dalam nukleus, sitoplasma, kloroplas, mitokondria.

4. Komponen DNA adalah gula dan deoksiribosa, sedangkan RNA adalah ribosa.

5. Ukuran DNA Panjang membulat, sedangkan RNA pendek dan tipis.

6. Jenis basa pada DNA disusun oleh purin yang berasal dari susunan Guanin (G) dan Adenin(A) serta pirimidin yang berasal dari susunan Cytocine(C) dan Timin (T). Sedangkan basa nitrogen RNA disusun oleh purin Guanin (G) dan Adenin(A), serta Pirimidin Uracyl (U) dan Cytocine(C).

7. Kadar DNA tetap sedangkan RNA bisa berubah, karena mudah terurai. Sebab kadar DNA bersifat statis / tidak berubah karena tidak dipengaruhi aktivitas sintesis protein maupun aktivitas genetis, sedangkan kadar RNA dapat berubah karena adanya aktivitas sintesis protein.

8. Bentuk DNA menyerupai pita spiral ganda, sedangkan RNA berbentuk pita tunggal.


Perbedaan DNA dan RNA Berdasarkan Fungsinya


ilmudasar.id

Fungsi utama DNA adalah sebagai pembawa materi genetik. Namun demikian fungsi DNA sangat luas yaitu sebagai berikut:

1. Membawa materi genetika dari generasi ke generasi berikutnya.

2. Mengontrol kehidupan secara langsung maupun tidak.

3. Sebagai auto katalis atau penggandaan diri.

4. Sebagai heterokatalis atau melakukan sintetis terhadap senyawa lain.

Fungsi RNA adalah sebagai berikut :

1. Sebagai penyimpan informasi.

2. Sebagai perantara antara DNA dan protein dalam proses ekspresi genetik karena berlaku untuk organisme hidup.

Sebenarnya DNA adalah gugus asam amino rantai panjang, sedangkan RNA adalah gugus asam amino rantai pendek. Demikian penjelasan mengenai perbedaan DNA dan RNA beserta fungsinya masing-masing.

Semoga sedikit pembahasan yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber tadi bisa membantu anda dalam memahami perbedaan dari DNA dan RNA dan semoga bermanfaat untuk mengerjakan tugas sekolah ataupun tugas pembelajaran lainnya. Ayo, tetap semangat belajar ya! Salam.

Keyword: Perbedaan DNA dan RNA

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.