2
18

Letak Geografis Benua Eropa dan Pengaruhnya pada Perbedaan Karakter

Karena letak geografis benua Eropa, sebagian besar penduduknya memiliki bola mata berwarna biru yang menyebabkan benua ini mendapatkan julukan sebagai ‘benua biru’.

Secara fisik jika dilihat di peta maka akan terlihat bahwa benua Eropa sebenarnya menjadi satu dengan benua Asia. Kedua benua ini dipisahkan oleh pegunungan Ural. Alasan budaya juga menjadi penyebab pemisahan kedua benua ini.

Letak astronomis benua Eropa yaitu 9’ BB sampai dengan 60’ BT dan 35’ LU s.d. 80’ LU dengan luas mencapai kurang lebih 10.355.000 kilometer persegi.

Sedangkan letak geografis benua Eropa di sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik, di sebelah timur berbatasan dengan benua Asia, di sebelah utara berbatasan dengan Samudera Arktik dan di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Tengah.

Secara umum benua Eropa dibagi menjadi 4 region yaitu: Eropa Utara, Eropa Selatan, Eropa Barat dan Eropa Timur.

Pembagian ini berdasarkan adanya perbedaan geografis dan kebudayaan. Tetapi sejak diresmikannya Uni Eropa, perbedaan ini sudah mulai memudar.


Letak Geografis Benua Eropa


1. Eropa Utara

123rf.com

Secara umum Eropa Utara terdiri atas negara-negara mempunyai kehidupan ekonomi yang sudah maju dengan kualitas hidup yang terbaik di dunia.

Sebagian negara juga memiliki populasi yang kecil dan sebagian besar tinggal di daerah perkotaan. Agama yang banyak dianut penduduk di Eropa Utara adalah Kristen Protestan.

Kualitas pendidikan di Eropa Utara juga terbaik di dunia, terbukti dengan Estonia dan Finlandia merupakan negara-negara teratas dalam rangking OECD.

Secara umum bahasa yang dipakai di Eropa Utara adalah bahasa Inggris, tetapi setiap negara juga memiliki bahasanya sendiri misalnya: bahasa Denmark, Islandia, dan lain-lain.

2. Eropa Timur

researchgate.net

Eropa Timur terdiri atas beberapa negara yang secara geografis terletak pada bagian timur Eropa, tetapi juga terdapat pada wilayah Eropa Tengah yang dulu merupakan bagian dari Blok Timur dalam perang dingin dan ditambah dengan negara-negara bekas Uni Soviet.

Agama yang dianut penduduk Eropa Timur adalah Katolik, Protestan, Gereja Ortodoks, dan Islam. Secara ekonomi sebagian besar negara-negara di Eropa Timur merupakan negara berkembang.

3. Eropa Selatan

megapixl.com

Disebut juga sebagai Eropa Mediterania. Di Eropa Selatan banyak terdapat bahasa yang digunakan penduduknya, misalnya: bahasa Italia, Spanyol, Portugal, Yunani, dan lain-lain. Sedangkan agama yang dianut disana yaitu: Katolik Roma, Ortodoks Yunani, Protestan, dan Islam.

Secara ekonomi Eropa Selatan merupakan negara-negara yang sudah maju, meskipun sebagian masih masuk kategori negara berkembang.

4. Eropa Barat

mapsofworld.com

Eropa barat merupakan salah satu region terkaya di dunia dengan perkembangan industri dan PDB tertinggi di dunia.

Agama yang dianut sebagaian besar masyarakat Eropa Barat adalah agama Kristen dan sebagian kecil lainnya adalah agama Islam, Yahudi, Hindu dan lain-lain yang berasal dari imigran Afrika dan Asia. Bahasa yang digunakan meliputi bahasa Inggris, Perancis, Belanda dan Jerman.


Pengaruh Letak Geografis Benua Eropa


harian.analisadaily.com

Letak geografis benua Eropa tentu memberikan berbagai pengaruh terhadap bagian-bagian negara di benua tersebut.

Yang paling menonjol yaitu pengaruh terhadap keadaan iklim di benua Eropa yang beragam antara negara satu dengan yang lain, tergantung pada letak geografis masing-masing negara di benua tersebut.

  • Bagian barat Eropa dan kepulauan Inggris: Iklim sedang yang dipengaruhi oleh lautan.
  • Eropa bagian Tengah dan Timur: Iklim sedang yang dipengaruhi oleh daratan.
  • Bagian utara Eropa, di sekitar garis lingkaran kutub utara: Iklim sub arktik.
  • Eropa bagian Selatan: Iklim mediterania dipengaruhi oleh Laut Tengah/ Mediterania.

Itulah sedikit ulasan mengenai letak geografis benua Eropa, serta pengaruhnya terhadap perbedaan iklim di bagian-bagian negara yang terdapat di benua tersebut. Semoga bermanfaat!

Keyword: Letak Geografis Benua Eropa

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.