9
26

Letak Geografis Benua Amerika dan Topografi Bentang Alamnya

Letak geografis benua Amerika di belahan bumi bagian barat berada diantara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik, dan juga terletak diantara Samudera Arktik dan Samudera Pasifik.

Sedangkan secara astronomis benua ini  memiliki luas wilayah kurang lebih 42.188.586 km2 dan terletak pada garis 720 LU – 590 LS dan 1630 BB – 360 BB.

Benua Amerika pertama kali ditemukan oleh Christoper Colombus pada tahun 1942. Christoper Colombus pertama kali mendarat di pulau Salvador, di kepulauan Bahama.

Saat itu, Benua Amerika menjadi sebuah daratan yang cukup besar dan memiliki belahan bumi bagian barat yang sering kali disebut dengan dunia baru.

Benua Amerika sendiri diambil dari nama seorang wartawan yang berasal dari Italia yakni, Amerigo Fespucci dan diketahui banyak menulis dan memperkenalkan tentang Benua Amerika melalui karya tulisannya.


Letak Geografis Benua Amerika


saintif.com

Benua Amerika juga memiliki batas-batas wilayah, antara lain, bagian utara dari Benua Amerika berbatasan dengan laut es utara (Laut Arktik). Pada bagian timur, berbatasan dengan Samudera Atlantik, dan juga pada bagian selatan Benua Amerika berbatasan dengan Samudera Pasifik.

Benua yang dikenal sebagai penguasa duni ini diketahui memiliki beberapa pembagian wilayah. Wilayah tersebut dibagi menjadi tiga, yakni Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Ketiga bagian wilayah Amerika tersebut memiliki sebutan masing-masing, yaitu Anglo Amerika untuk sebutan Amerika bagian Utara dan Amerika Latin untuk sebutan bagi Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan.


Topografi Benua Amerika


sains.kompas.com

Mengenai bentang alam wilayah Amerika sangat berbeda di bagian barat dan timurnya. Pada bagian barat Benua Amerika diisi oleh pegunungan yang memanjang dari Alaska bagian utara sampai dengan ujung Amerika selatan pada bagian selatannya.

Puncak gunung tertinggi di bagian ini dipegang oleh Gunung Aconcagua (6960 m) yang terletak di Argentina. Untuk bagian Amerika utara, pegunungan tiggi tersebut dipegang oleh Rocky Mountains dan di bagian wilayah Amerika Selatan disebut Cordelleras De Los Andes.

Benua Amerika diketahui memiliki pegunungan yang termasuk dalam deretan pegunungan Sirkum Pasifik, yakni kompleks gunung-gunung apinya tergolong gunung api yang masih aktif.

Benua Amerika juga memiliki dua tanah genting yakni, tanah genting Tehuan Tetec dan tanah genting Panama.

travelingyuk.com

Untuk wilayah daratan rendah bagian Amerika Utara atau Amerika Selatan terletak di bagian tengah. Daratan rendah Amerika Utara tersebut terletak pada aliran Sungai Missisipi dan untuk daratan rendah Amerika Selatan terletak di aliran Sungai Amazone.

Selain sungai, sebagian besar wilayah Benua Amerika juga memiliki danau. Danau tersebut antara lain, Danau Superior (terbesar), Ontario, Luciken, Beruang Besar, Eri dan lainnya.

Nevada Basin menjadi salah satu daerah depresi yang sangat luas di Benua Amerika dan sebagian daerah tersebut berupa gurun pasir. Selain itu, Suangai Amazone dan Sungai Missisipi juga menjadi dua sungai terbesar di kawasan Benua Amerika.

Wilayah Benua Amerika juga memiliki pembagian iklim tersendiri. Yang pertama, wilayah bagian utara yakni Alaska dan Kanada memiliki iklim sub arktik dan darat di sekitar danau-danau yang luas.

Kedua, iklim tropis yang meliputi seluruh wilayah Brazil yang letaknya di Amerika bagian Selatan. Yang ketiga adalah sub-tropis, yang mengitari sekitar wilayah Tanjung Kennedy dan juga dataran rendah Missisipi.

Terakhir adalah iklim semi gurun dan gurun. Iklim ini meliputi wilayah Benua Amerika di Nevada Basin dan Gurun Tatagonia Lau dan sepanjang pesisir Samudera Pasifik.

Keyword: Letak Geografis Benua Amerika

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.