2
5

Bagian-Bagian Mata dan Masing-Masing Fungsinya

Banyak orang yang menyebut jika bagian mata hanya terdiri dari bola mata yang berwarna hitam kemudian dikelilingi cairan yang berwarna putih.

Jika kamu termasuk salah seorang yang menganggap bahwa mata hanya terdiri dari organ-organ tersebut, kamu salah, karena mata memiliki bagian yang sangat kompleks.

Seperti yang kita ketahui, mata adalah salah satu panca indra yang memiliki fungsi sangat penting di dalam kehidupan seseorang.

Karena jika tidak ada mata, tentunya kita tidak akan bisa melihat sesuatu yang kita inginkan, apalagi jika kita tidak bisa melihat kode yang diberikan orang lain.

Organ mata yang ada pada manusia sendiri dibagi menjadi dua yaitu organ bagian luar dan organ bagian dalam. Nah, jika kamu ingin mendapatkan penjelasan yang lebih luas tentang bagian mata, yuk simak artikel berikut ini!


Organ-Organ Mata


idschool.net

Organ pada mata dibagi menjadi organ luar dan organ dalam. Organ bagian luar cenderung berfunsgi untuk proteksi atau melindungi.

Organ luar juga berfungsi untuk mengolah cahaya yang masuk hingga akhirnya bisa diubah menjadi suatu penglihatan.

Sedikitnya ada 17 bagian mata yang memiliki peranan penting di dalam mekanisme penglihatan mulai dari kornea yang merupakan bagian bening dan bersifat tembus pandang yang letaknya ada di lapisan terluar dari mata.

Kornea sendiri berfungsi untuk tempat masuknya cahaya saat pertama kali. Jadi, sebelum pada akhirnya masuk ke sel penerima bagian dalam, cahaya akan masuk ke kornea terlebih dahulu.

Kita semua tahu jika pada mata seseorang ada bagian bola yang berwarna hitam atau pupil dan ada juga yang berwarna abu-abu, ada yang berwarna coklat atau bahkan biru.

Pupil yang berbeda-beda ini tergantung dari faktor genetik yang dimiliki seseorang tersebut. Kornea ini hanyalah organ yang akan menutupi pupil dan iris.

idntimes.com

Bagian kedua adalah pupil yang berfungsi sebagai tempat lewatnya cahaya yang masuk ke dalam mata. Pada pupil sendiri, banyak sedikitnya cahaya akan diatur disini.

Bagian ketiga adalah iris dimana pada bagian ini iris akan memberikan warna pada mata. Iris sendiri juga sering disebut selaput pelangi.

Organ mata yang juga sangat penting juga adalah retina atau selaput jala. Retina sendiri merupakan lapisan yang sangat tipis dan juga peka terhadap cahaya yang masuk.

Posisi retina sendiri berada di dinding paling dalam mata dan berfungsi untuk menangkap bayangan suatu benda.

pelajaran.id

Pada retina terdapat reseptor cahaya atau sel batang dan sel krucut. Ada juga sclera ataupun selaput putih yang merupakan bagian dinding putih di mata yang berfungsi dalam melindungi struktur mata dan juga membantu mempertahankan bentuk dari mata.

Ada yang namanya lensa mata yang sifatnya lunak dan juga transparan. Lensa mata sendiri berada di belakang iris dan fungsinya adalah untuk mengumpulkan atau memfokuskan cahaya yang masuk agar bayangan benda jatuh di tempat yang tepat.

Masih ada banyak lagi organ mata lainnya yang tentunya memiliki fungsi penting di dalam mekanisme penglihatan. Jadi susunan organ mata tidak sesederhana seperti yang kita pikirkan ya guys. Ada banyak sekali bagian-bagian yang masih perlu kita pelajari.

Dan kita juga harus selalu ingat untuk menjaga kesehatan mata, karena mata merupakan salah satu panca indra yang sangat penting untuk kehidupan kita.

Semoga artikel ini bisa menambah sedikit wawasan teman-teman dalam mengetahui bagian-bagian mata.

Keyword: Bagian-Bagian Mata

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.