Pakaian Adat Riau beserta Gambar dan Maknanya

42

Pakaian Adat Riau beserta Gambar dan Maknanya – Sumetera merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia. Berbagai provinsi berada didalamnya tentunya dengan masyarakatnya yang begitu heterogen. Akan tetapi terdapat daerah menarik dalam budayanya jika mau mengkaji lebih jauh, yaitu daerah Provinsi Riau. Masyarakatnya yang mayoritas masih keturunan bumi melayu ini menjadikannya melayu Indonesia sangat terasa jika kita berkunjung ketempat tersebut.

Tidak hanya bumi melayu yang menjadi ciri khas, akan tetapi melayu bernuansa islam juga sangat terasa dan kental, hal itu bisa terlihat dari budaya yang ada, baik tari-tarian, sopan santun, keagaaman,sistem pemerintahan, nuansa bangunan dan juga bentuk pakaian adatnya. Langsung saja kita coba bahas beberapa jenis pakaian adat dari Riau :

Pakaian Adat Riau

#1 Pakaian adat untuk anak-anak

Pakaian Adat Riau

Pakaian adat di Riau memang membedakan untuk setiap jenis usianya. Salah satunya adalah pakaian adat anak yaitu biasa disebut pakaian monyet, entah kenapa masyarakat setempat menyebutnya seperti itu yang bagi kita akan terheran mendengarnya. Terlihat secara kasat mata memang pakaian adat Riau sangat menutup aurat karena memnag nilai-nilai islam dijunjung tinggi.

Untuk kaum laki-laki baju lengan panjang yang menjulur sampai lengan menajdi ciri khas, dan warna yang dimunculkan biasanya warna yang cerah. Pakaian tersebut biasa disebut baju kurung cekak musang. Dengan ciri khas islam, untuk pria di bagian kepala menggunakan peci atau kain berbentuk segi empat yang terlihat nilai estetikanya. Kemudian pada bagian bawah menggunakan celana panjang yang menjulur hingga mata kaki yang mana warnanya disesuaikan dengan warna pakaian atas. Pada pinggang hingga lutut ditambahkan kain sarung bermotif kotak-kotak yag membah ciri khas melayu.

Untuk perempuan sendiri umumnya menggunakan kebaya yang terdiri dari kebaya kurung laboh, baju kurung tulang belut dan lain-lainnya. Kain kebaya yang menutup badan ini berlengan panjang yang menutup pergelangan dan hanya  menampakkan bagian telapak tangan saja. Pada bagian kepala menggunakan jilbab yang warnanya disesuaikan dengan warna pakain. sedangkan untuk bagian bawah menggunakan kain rok panjang yang anggun hingga semata kaki dan dtambah dengan selop pada alas kakinya. Tak lupa pernak-pernik biasanya ditambahka seperti gelang atau cinci untuk menambah kecantikkan. Aksesoris yang ditambahkan biasanya berupa,

  • Jam tangan
  • Bros
  • Gelang
  • Cincin
  • Kalung
  • dll
  • Pakaian untuk orangtua

Pakaian untuk orangtua ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang pertama saja, hanya untuk kesan pendewasaannya lebih terlihat dan tidak terlalu banyak pernak-pernik yang ditonjolkan. Untuk  kaum pria biasanya menggunakan pakaian adat baju kurung cekak musang atau baju kurung teluk dan baju kurung teluk belangga tentunya dengan tidak menghilangkan nilai melayu dan sangat bernuansa juga bernilai agamis. Sedangkan untuk perempuan pakaian yang dipakai adalah kebaya pendek dan kebaya laboh yang tentunya dilengkapi dengan jilbab yang menutupi kepala.

Warna-waran dari pakaian tersebut biasanya hanya terdiri dari warna-warna yang cerah yaitu hijau, ungu, biru, merah dan kuning. Tentunya pada setiap warna memiliki makna dan arti tersendiri.

#2 Pakaian adat resmi Riau

Pakaian Adat Riau

Pada zaman kerajaan, pakaian resmi penduduk Riau ini dikenakan hanya pada acara resmi pertemuan yang diadakan oleh raja. Pakaian adat resmi pria disebut Baju Kurung Cekak Musang. Pakaian ini terbuat dari kain berkualitas tinggi, sutra, atau kain satin, dengan perlengkapan kopiah dan kain samping yang mayoritas terbuat dari kain songket dan tenun.

Baca juga : Pakaian adat jawa barat

Pakaian adat Riau memang begitu bernuansa melayu dan juga islami. Pakaian tersebut biasanya dipakai pada upacara-upacara atau acara-acara besar. Oleh karena itu budaya tersebut harus tetap dilestarikan agar tidak punah dan tergerus oleh arus budaya asing yang kini tengah menerpa kaum muda jaman sekarang.

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here