Pakaian Adat kalimantan Selatan Lengkap beserta Gambar dan Maknanya

35
pakaian adat kalimantan selatan

Pakaian Adat kalimantan Selatan Lengkap beserta Gambar dan Maknanya – Hallo gaes untuk kamu yang tinggal di daerah Kalimantan selatan. Tentu kamu sudah tidak asing dengan sebuah suku yang bernama suku banjar. Suku banjar sendiri sebenarnya adalah sebuah suku asli yang berada di kalimantan selatan.

Dari semua populasi yang ada di kalimantan selatan yang berjumlah sekitar 3,7 juta jiwa. Suku banjar telah mendominasi dengan jumlah presentase sebanyak 74% dari populasi yang ada di kalimantan selatan. hal ini membuat suku banyak menjadi suku mayoritas di kalimantan selatan.

Tentu saja kebudayaan yang menjadi ciri khas yang dimiliki oleh kalimantan selatan berasal dari kulu banjar. Kebudayaan yang paling populer dari suku banjar adalah kencah nasional. Hal ini tentu menjadi sebuah budaya dan warisan yang harus terus di lestarikan hingga sekarang. Selain kebudayaan tersebut. Banjar juga kaya akan pakaian adat yang bisa kamu pelajari loh.

Nah pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pakaian adat kalimantan selatan yang bisa kamu ketahui. Sebagai sebuah pembelajaran agar wawasan tentang sosial budaya kamu menjadi lebih luas. Terlebih lagi jika kamu adalah orang kalimantan selatan. Tentu wajib banget hukumnya untuk mengetahui tentang pakaian adat dari suku banjar. Berikut adalah pakaian adat yang wajib banget kamu ketahui.

pakaian adat kalimantan selatan

#1 Pengantin Bagajah Gamuling Baular Lulut

pakaian adat kalimantan selatan

Pakaian adat yang pertama adalah Pengantin Bagajah Gamuling Baular Lulut. karena memang semua baju adat yang berasal dari kalimantan selatan adalah pakaiana dat yang berpasangan. pakaian adat ini biasanya digunakan oleh seorang pria dan juga wanita. Nah pakaian ini juga biasa di gunakan pada saat pernikahan.

Nuansa yang digunakan dalam pakaian adat ini adalah nuansa hindu. Jadi orang – orang di banjar yang biasa menggunakan pakaian ini ketika menikah tentu menggunakan pakaian yang sangat kental dengan Kemben ini. Selain hal itu, banyak sekali rangkaian bunga melati yang digunakan sebgai hiasan dalam pakaian adat ini. Hal tersebut tentu menambah eksotis dan kecantikan dalam pakaian adat suku banjar ini.

#2 Pengantin Baamar Galung Pancar Matahari

pakaian adat kalimantan selatan

Berikutnya adalah pakaian adat kalimantan yang sangat identik dengan suku banjar. pasalnya pakaian adat ini memiliki aksesoris dan desain yang ckup mewah. Konsep dan desain dari pakaian adat ini sebenarnya berpaku pada sebuah konsep busana yang bersinar layaknya sebuah sinar matahari,

Pakaian pengantin terlihat sangat gemerlap dan bercahaya. Karena memang pakaian adat ini pertama kali di ciptakan sekitar abad ke 17. Yang mengalami masa gelap dan kelam. Sehingga diharapakan dengan adanya pakaian ini bisa membawa cahaya yang terang untuk suku banjar dan daerah kalimantan selatan.

#3 Pengantin Babaju Kun Galung Pacinan

pakaian adat kalimantan selatan

pakaian adat yang ketiga Pengantin Babaju Kun Galung Pacinan. Pakaian adat ini memiliki nuansa yang sangat kental dengan budaya timur tengah dan juga budaya cina. Karena memang pakaian adat ini adalah sebuah pembaruan yang unik. Dewasa ini banyak sekali pengantin banjar yang menggunakan busana ini dalam melakukan resepsi pernikahan.

karena memang busana adat ini di populerkan ketika menginjak abad ke 19. Sehingga busana adat Pengantin Babaju Kun Galung Pacinan ini adalah busana paling menarik untuk terus digunakan dalam acara pernikahan. Tampilan dan desain dari pakaian adat ini tentu beda dengan pakaian adat sebelumnya.

Kemilauan aksesoris yang ada pada kedua mempelai pria dan wanita sendiri dapat memperindah. Dan tentunya menambah kesan mewah ketika menggunakan pakaian adat ini dalam acara pernikahan.

penutup : pakaian Adat Kalimantan Selatan

baca juga : pakaian adat jawa timur

Itu dia busana adat dari suku banjar atau kalimantan selatan yang bisa kamu ketahui sebagai bahan pengetahuan dan pembelajaran kamu. Terus belajar tentang budaya kalimantan selatan dan budaya – budaya lainnya yah.

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here