Pakaian Adat kalimantan barat lengkap dengan Gambar dan Maknanya

39
pakaian adat kalimantan barat

Pakaian Adat kalimantan barat lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya – Hallo gaes untuk kamu yang tinggal di daerah kalimantan barat. Tentu dong sudah tau dengan pakaian adat kalimantan yang sangat eksotis dan populer samapi ke mancanegara ini.

Indonesia sendiri merupakan sebuah negara dengan kepulauan yang sangat banyak. Selain itu indonesia juga negara yang memiliki banyak sekali kebudayaan. Kebudayaan yang ada di indonesia sangat banyak sehingga kita sedikit kesulitan dalam memahami budayanya.

Karena budaya di indonesia ini sendiri sangat beragam jenisnya seperti musik, tarian, dan juga pakaian adat. Nah untuk kamu yang tertarik belajar tentang budaya kamu mengunjungi website yang tepat.

karena pada artikel kali ini kami akan memberikan sebuah informasi tentang pakaian adat kalimantan barat. Pakaian tersebut kaya akan budaya dan nuansa etnik dengan ciri khas yang sangat populer. Ciri khas dari pakaian adat kalimantan ini adalah pada kaling manik – manik yang ada di pakaian adat tersebut.

Berikut adalah pakaian adat yang berasal dari daerah kalimantan barat yang wajib banget kamu ketahui sekarang juga.

pakaian adat kalimantan barat

#1 Pakaian adat suku dayak laki – laki

pakaian adat kalimantan barat

Pakaian adat yang berasal dari kalimantan bertama adalah king baba. Pakaian ini merupakan pakaian adat yang biasa digunakan oleh laki laki. baba sendiri berarti seorang laki – laki dalam bahasa dayak.

pakaian ini memiliki bahan yang terbuat dari kulit tanaman amuro atau biasa disebut juga dengan kayu kapuo. Kayu tersebut bisa tumbuh di endemik kalimantan. karena pohot tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga pembuatan pakaian adat tersebut melalui beberapa tahap. Mulai dari kulit kayu ampuro yang di pukul – pukul terlebih dahulu menggunakan kayu bulat di dalam air. hal ini dilakukan untuk mendaptakan serat yang terbaik dari pohon tersebut.

Untuk melengkapi pakaian adat kalimantan ini biasanya ditambahkan sebuah aksesoris seperti ikat kepala. Nah ikat kepala ini sendiri cara penggunaannya adalah dengan di selipkan. Karena memang pakaian adat yang berbentuk ikat kepala ini terbuat dari bulu burung enggang gading.

Sehingga pakaian adat berupa ikat kepala ini memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri ketika digunakan oleh seorang laki – laki dari kalimantan barat. Sebagai tamban aksesoris lainnya. kamu bisa menambahkan sebuah senjata tradisional yang berupa sebuah mandau di bagian baju adat tersebut. Karena memang pakaian adat untuk laki – laki ini memiliki sebuah filosofi. Sebagai pakaian adat yang biasa digunakan untuk sebuah perang suku.

#2 Pakaian Adat Wanita Kalimantan Barat (Dayak)

pakaian adat kalimantan barat

Pakaian adat wanita suku dayak ini biasa disebut dengan istilah King Bibinge. Karena memang Bibinge dalam bahasa dayak sendiri adalah perempuan. Bahan dan proses pembuatan dari pakaian adat ini juga tidak terlalu berbeda dengan pakaian adat laki – laki suku dayak.

Namun yang membedakan antara pakaian adat laki – laki dan perempuan di kalimantan . Adalah desain yang lebih sopan untuk pakaian adat perempuan. Karena pakaian adat tersebut menutupi dada, stagen, dan juga kain bawah. Serta di hiasi dengan ikat kepa yang membentu sebuah segi tiga yang terbuat dari bulu burung enggang.

Untuk mempercantik pakaian adat ini biasanya ditambahkan kalung yang terbuat dari kulit dan juga tulang binatang. Atau bisa juga mengunakan bahan yang terbuat dari kayu. Filosofi dari pakaian adat yang biasa digunakan oleh wanita kalimantan ini adalah. Sebagai sebuah penangkal roh – roh halus yang akan datang khususnya pada anggota keluarga yang masih kecil dan bayi.

baca juga : pakaian adat bengkulu

penutup : pakain adat kalimantan barat

itu dia pakaian adat yang berasal dari daerah kalimantan terutama barat. yang memang memiliki budaya dayak. Setiap baju adat tentu memiliki filosofi yang menarik apa bila dipelajari dengan benar.

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here