Pakaian Adat Jawa Timur Lengkap dengan Gambar dan Penjelasan

58
Pakaian Adat Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur adalah propinsi yang terletak di Pulau Jawa Bagian Timur. Provinsi Jawa Timur sering dikenal sebagai provinsi yang memiliki banyak keunikan yang hanya dimiliki oleh masyarakatnya. Karena dikenal sebagai provinsi yang banyak keunikan, ternyata provinsi ini menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat menghibur. Salat satunya yang paling menonjol adalah Pakaian Adat Jawa Timur.

Pakaian adat Jawa Timur ini merupakan salah satu identitas wilayah yang terdapat Jawa Timur lhoo. Jangan sampai generasi milenial ini ngelupain pakaian tradisionalnya apalagi nihh kamu yang berasal dari Jawa Timur hehhe.. Seiring zaman modernisasi ini ternyata banyak lho yang mencampurkan baju modern dengan motif pakaian adat ini yang ternyata tetap bisa tampil kece tanpa menghilangkan identitas dari pakaian tradisional. Biasanya nih anak muda yang begini nihhh yang suka tampil dengan gaya unik yang kece tanpa menghilangkan kecintaan nya terhadap identitas wilayahnyaa.. khusus nya nih yaa area Jawa Timur yo rek ! 😀

Pakaian tradisional ini biasanya menyimpan arti dari setiap corak nya. Nih yaaa mimin kasih tau, soalnya anak muda jaman sekarang ini kadang suka susah nih kalo bedain jenis-jenis pakaian antar daerah.. Ya wajar sih Indonesia kan luas dan banyak pakaian nya.. jadi yang diinget ga cuma satu yoo.

Berikut jenis pakaian adat Jawa Timur yang wajib banget kamu ketahui untuk menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang budaya Jawa Timur

Pakaian adat Jawa Timur

#1 Odheng Santapan

Pakaian adat jawa timur

Odheng Santapan ini berbentuk kupluk (peci) yang bercorak batik khas Jawa Timur. Pakaian adata khas Jawa Timur ini dipakai untuk laki-laki.

Motif yang ada pada salah satu pakaian adat Jawa Timur ini, yaitu motif telaga biru atau banyak orang yang menyebutnya motif storjoan.

Bentuk Odheng Santapan ini bentuknya segitiga yang ukurannya bisa diukur sesuai dengan bentuk kepala. Karena memang bentuk dasarnya seperti kupluk yang disesuaikan dengan bentuk kepala pemakainya.

#2 Pase’an Madura

Pakaian adat jawa timur

Pese’an Madura merupakan jenis pakaian adat yang paling terkenal di Jawa Timur. Bentuknya seperti setelan yang terdiri dari baju bagian atas dan baju bagian bawah. Baju bagian atas ini terdiri dari baju luar dan bagu dalam. Baju luar berwarna dasar hitam dan baju dalam bermotif blaster warna merah-putih dan ada pula yang berwarna merah-hitam. Sedangkan baju bagian bawah berbentuk celana longgar yang ukuran panjangnya sampai mata kaki.

Jenis pakaian ini zaman dahulu sering dipakai pada acara adat maupun sehari-hari dangan bahan penyusunnya yaitu kain China. Tetapi seiring perkembangan zaman pakaian ini sudah dimodifikasi oleh orang Madura menggunakan bahan tetoran.

#3 Sarong Bahan

Pakaian adat jawa timur

Sarong bahan ini merupakan jenis pakaian sehari-hari pada zaman dahulu. Karena Sarong Bahan ini sering dipakai sehari-hari, leluhur menggunakan bahan yang kualitasnya baik. Nah, kain yang digunakan yaitu kain sutera dan sarong bagain plekatnya memakai behan katun.

Warna Sarong bahan ini dapat disesuaikan, tergantung warna yang diinginkan oleh pemakainya. Biasanya warna yang paling sering dipakai pada bahan ini berwarna kuning keemasan yang dapat memberikan kesan elegan dan unik bagi siapapun pemakainya. Selain warna, tentunya ukuran Sarong ini dapat disesuaikan dengan pemakainya.

#4 Pakaian Mantenan

Pakaian Adat Jawa Timur

Baca juga: Pakaian adat banten

Nah selain jenis pakain khas Jawa Timur yang telah disebutkan, ternyata Jawa Timur mempunyai pakaian mantenan nih. Pakain ini biasanya dipakai pada acara pernikahan dengan tata cara adat Jawa Timur yang mempunyai asesoris seperti kain selempang, ondheng, arloji rantai, anting, dan yang lainnya.

Jadi sekarang udah tahu kan kenis pakaian adat yang bisa jadi bahan wawasan kamu sekarang. Marilah kita sebagai generasi milenial jaman now melestarikan pakaian adat ini khususnya Jawa Timur yaa. Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan mengembangkan pakaian tradisional ini.

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here