Pakaian Adat banten Lengkap dengan gambar dan Penjelasannya !!

77
pakaian-adat-banten

Pakaian Adat banten Lengkap dengan gambar dan Penjelasannya !! – Hallo gaes untuk kamu yang mencintai seni budaya tentu sangat ingin mengetahui lebih dalam tentang kebudayaan yang ada di indonesia ini. salah satu kebuyaan yang kental di indonesia bisa tercermin melalui pakaian adat. Pakaian adat sendiri adalah sebuah busana yang biasa digunakan di daerah tertentu pada saat acara tertentu.

Setiap daerah yang ada di indonesia tentu memiliki pakaian adat yang unik dan memiliki ciri khas serta filosofi nya sendiri. Salah satu wilayah yang menarik banget untuk di ketahui pakaian adatnya adalah pakaian adat banten.

Banten sendiri adalah salah satu provinsi yang merupakan pecahan dari jawa barat. banten telah diresmikan sebagai salahs atu provinsi pada tahun 2000. Sehingga menurut sejarah yang mencatat bahwa masyarakat banten baru memang sedikit banyak terpengaruhi oleh kebudayaan sunda.

pada artikel kali ini wajibbelajar.com akan membagikan seputar pengetahuan mengenai baju adat banten beserta gambar dan penjelasannya lengkap. Berikut adalah penjelasan pengenai baju adat kota pelabuhan yang sering dikunjungi oleh banyak orang di seluruh dunia ini.

Baca juga : pakaian adat aceh

Baju Adat banten

#1 Pakaian adat pengantin banten

pakaian adat banten

Seperti daerah lainnya banten juga memiliki baju adat yang biasa digunakan dalam acara pernikahan. baju adat tersebut bernama baju adat pengantin. Dari motif dan desain yang ada pada baju adat ini sedikit banyak mirip dengan baju – baju yang dipengaruhi oleh kebudayaan sunda.

Baju ini tentu memiliki 2 tipe yaitu untuk pria dan untuk laki – laki. Untuk pria sendiri baju adat ini seperti baju koko dengan kerah dan kain banten sebagai khas dari bajju pengantin ini. Selain itu pria biasa menggunakan sabuk dari kain batik dan juga penutup kepala. Serta beberapa aksesosris seperti golok atau keris sebagai pelengkap dari baju adat ini.

Sedangkan untuk pengantin wanita pakaian khas banten ini merupakan sebuah baju kebaya yang dijadikan sebagai atasan. Sedangkan untuk bagian bawahnya biasa menggunakan kain atau biasa disebut dengan samping oleh orang sudna. Sebagai aksesoris mempelai wanita banten menggunakan selendang yang diselempangakan pada bahunya. Untuk bagian kepalanya bisa menggunakan hiasan dari kembang goyang yang berwarna keemasan dan beberapa rangakaian melati.

#2 Baju pangsi

pakaian adat banten

Nah ini adalah baju adat banten yang merupakan pengaruh dari kebudayaan sunda. Dalam kebudayaan sunda dan banten baju ini merupakan baju yang bisa digunakana dalam keseharian orang jaman dulu. Baju ini dapat digunakan sehari – hari dengan dipadukan bersama celana komprang.

Namun dewasa ini karena tren baju sudah semakin berubah, baju adan banten ini pun beralih fungsi menjadi baju yang biasa digunakan sebagai latihan silat tradisional atau seni bela diri yang biasa di pamerkan pada saat pagelaran yang ada di wilayah banten

#3 Pakaian adat baduy dan baduy dalam

pakaian adat banten

Suku baduy sendiri telah di clain sebagai salah satu suku asli yang berasal dari banten. Suku baduy memiliki pakaian adat tersendiri yang amsih terjaga dan di pakai hingga sekarang. Karena memang suku ini tidak menerima teknologi masuk kedalam lingkungan mereka.

Pakaian adat banten yang dimiliki oleh suku badui berupa baju butih polos yang bernama Jamang Sangsang. Filosofi baju adat suku baduy tersebut di ambil dari bagaimana baju tersebut digunakan. Baju ini sebenarnya hnay memiliki lubang di bagian lengan dan leher dan tidak memiliki kerah.

Baca juga : pakaian adat bali beserta gambarnya

Penutup :

Itu dia beberapa pakaian adat khas wilayah banten yang bisa kamu ketahui sebagai bahan pembelajaran yang bermanfaat untuk memperdalam pengetahuan kamu tentang ilmu seni dan budaya yang ada di indonesia ini. Jangan lupa untuk berbagi ilmu tentang pakaian adat ini bersama teman – teman dan kelaurga kamu yah

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here