Kumpulan Lagu Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) Beserta Lirik dan Maknanya

Kumpulan Lagu Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) Beserta Lirik dan Maknanya

Sesuai dengan namanya, Nusa Tenggara Barat atau sering disingkat NTB merupakan salah satu provinsi yang terletak pada bagian barat gugusan Kepulauan Nusa Tenggara.

Provinsi yang beribukota di Mataram ini secara administratif terdiri dari 10 kabupaten atau kota yang meliputi Kota Mataram, Kota Bima, Kabupaten Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, dan Sumbawa Barat.

Secara geografis, Provinsi Nusa Tenggara Barat berbatasan dengan Laut Flores di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah selatan, Provinsi Bali di sebelah barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur di sebelah timur.

Seperti kita ketahui bahwa Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan kekayaan alamnya yang begitu indah sehingga perkembangan pariwisata di provinsi ini berkembang dengan cukup pesat.

Terdapat beberapa tempat wisata menarik seperti Pantai Senggigi, Pantai Pink, Gili Trawangan, Taman Narmada, Gunung Rinjani, dan masih banyak lagi.

Bahkan tak hanya wisatawan lokal yang tertarik untuk berkunjung ke provinsi ini, namun wisatawan mancanegara pun menjadikan Lombok sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika sedang berlibur ke Indonesia.

Akses untuk menuju setiap tempat wisata tersebut pun sangat mudah dan bahkan provinsi ini menyediakan 4 bandar udara yaitu Bandar Udara Selaparang di Mataram, Bandar Udara Internasional Zainudin Abdul Madjid di Lombok Tengah, Bandar Udara Sultan Muhammad Salahudin di Bima, dan Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Sumbawa.

Kekayaan alam berupa flora dan fauna yang terdapat di provinsi ini pun menjadi salah satu ikon di Indonesia seperti komodo yang hanya terdapat di Pulau Komodo yang termasuk dalam bagian dari provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kekayaan budaya dan adat yang terdapat di Nusa Tenggara Barat pun tak perlu dipertanyakan lagi termasuk lagu-lagu daerah.

Lagu daerah erat kaitannya dengan music dan music di NTB sering digunakan sebagai sarana upacara budaya (ritual), sarana hiburan, sarana komunikasi, saran ekspresi diri, pengiring tarian, dan sarana ekonomi.

Beberapa alat musik khas yang terdapat di Nusa Tenggara Barat di antaranya adalah genggong yang merupakan alat musik tiup yang terbuat dari pelepah daun enau, rebana burdah, gambus yang menggunakan dawai sebagai sumber bunyi, mandolin berupa alat music petik yang dimainkan seperti biola, preret, druridana, muri, dan idiokordo.


Lagu Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB)


Berikut ini beberapa lagu daerah yang berasal dari Nusa Tenggara Barat yang sering digunakan dalam acara-acara tertentu di provinsi ini:

1. Bolelebo

Bolelebo ita nusa lelelbo bolelebo ita nusa lelebo
Malole simalole ita nusale malole
Malole simalole ita nusale malole
Bolelebo lanah Timor lelebo
Bolelebo ita nusa lelebo
Baik tidak baik tanah Timor lebin baik
Baik tidak baik tanah Timor lebin baik

Bagi seorang perantau, tanah kelahiran yang merupakan kampung halamannya tetaplah menjadi tempat yang penuh kenangan dan tak terlupakan.

Lagu Bolelebo ini seolah menceritakan tentang kerinduan orang-orang Timur yang merantau ke daerah lain.

Kerinduan yang mendalam akan kampung halamannya tersebut dituangkan dalam lirik lagu tersebut yang menggambarkan bahwa tanah Timur tetaplah yang terbaik untuk mereka.

2. Haleleu Ala De Teang

Halele u ala de teang
Die jarang aming plaju
Jarang aming gebah humang
Udi keda benu miju
Helele u ala de teang
Die jarang aming plaju
Jarang aming gebah humang
Udi keda benu miju
Helele u ala de teang
Die jarang aming plaju
Jarang aming gebah humang
Udi keda benu miju

3. Tutu Koda

O ina beten melewan lau doan
O ina saren otanan rae lela
Panadi maan tun pulo pai getan
Rawe di maan wulan le mamatan
Mo aman langsung ken obo taran bala
Kemata lali go ena lalo dang
Naku mo pana di mulo duli tukang

Lirik dalam lagu ini menceritakan tentang pengalaman hidup seorang anak yang tinggal di kampung atau desa. Lagu ini seolah memberikan pengalaman berharga tentang arti kerja keras dan perjuangan.

Nasehat-nasehat yang disampaikan secara tersirat dalam lirik lagu ini sangat bermanfaat bagi para pendengar khususnya masyarakat Nusa Tenggara Barat.

4. Pai Mura Rame

Pai mura rame rame ka kano arie
Tula solao hamura rame rame
Buat senang Cuma ini malam saja
Tutup kronik kata sayonara
Sudahlah dekat dekat di ambang pintu
Mari bermaafan mari frater baru mengikat janji
Ingat ingat dalam doa dalam panggilan kita bersama

Lagu ini secara tersirat mengajarkan untuk saling bermaaf-maafan ketika selesai dalam suatu acara setelah bersenang-senang dalam satu malam.

Selain itu, agar tetap terjalin kebersamaan maka saling mengingat dalam doa adalah suatu hal yang baik.

Tentu saja lagu ini memiliki makna yang mendalam untuk tetap saling menjaga persaudaraan dan kebersamaan.

5. Tebe O Nana

Tebe o nana o tebe onana
E hau tebe o nana
E hau tebe o nana
Tebe o nana nanensa
E hau na nanensa

Reff:

E do re re do
O e do re re do
E hau tebe o nana
E hau tebe o nana
Tebe o nana nanensa
E hau na nanensa

Lagu ini cukup menarik dengan pengulangan nadanya yang khas.

Leave a Reply