Tujuan Asean | Sejarah serta Manfaatnya yang Kita Rasakan Hingga kini

Asean merupakan organisasi antara negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Tujuan Asean yaitu untuk menjalin suatu kerjasama dalam bidang politik, ekonomi dan sosial antar negara-negara.

Organisasi yang terbentuk ini tentunya tidak hanya sekedar membangun sebuah organisasi saja. Selain tujuan tersebut, pembentukan organisasi Asean ini pun tentunya juga memiliki tujuan khusus.

Tujuan tersebut harus dipahami dan diperhatikan dengan baik, untuk anda ketahui melalui ulasan berikut.

Tujuan Asean

aa.com.tr

Organisasi Asean dijadikan sebagai wadah bagi negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, termasuk negara Indonesia yang masuk dalam daftar 10 anggota Asean.

Khususnya dalam hal menjalankan peran penting untuk memuwudkan tujuan negara dalam bidang perekonomian dan dalam bidang politik.

Pada tanggal 8 Agustus 1967, Asean telah dibentuk dan telah diresmikan oleh Deklarasi Bangkok.

Terdapat 5 negara pendiri Asean, diantaranya yaitu negara Indonesia, negara Malaysia, negara Singapura, negara Thailand dan negara Filipina.

aseanbriefing.com

Nama dari Asean memiliki kepanjangan yaitu Association of Southeast Asian Nations. Dari namanya tersebut, Asean ingin menjadi organisasi geo-politik dan juga ekonomi, khususnya di negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Sedangkan pada saat Asean diresmikan dan disahkan, hal ini dilandasi dengan ditandatanganinya Deklarasi Bangkok.

Selain ke 5 negara pendiri Asean di kawasan Asia Tenggara, terdapat 5 negara pendiri dari Asean juga, yaitu negara Brunei Darussalam, negara Vietnam, negara Laos, negara Myanmar dan juga negara Kamboja.

Sedangkan untuk Timor Leste belum menjadi negara yang masuk sebagai anggota Asean. Meskipun negara Timor Leste berada pada kawasan Asia Tenggara. Namun pada saat itu negara Timor Leste hanya menjadi negara pengawas saja.

Fungsi Asean Secara Umum

Pembentukan Asean tentunya memiliki tujuan secara umum, diantaranya yaitu:

dw.com

• Untuk mempercepat kemajuan sosial pertumbuhan ekonomi

Perkembangan budaya pada kawasan dengan melalui upaya kebersamaan pada semangat kesetaraan dan juga kemitraan untuk memperluas lantasan komunitas di Asia Tenggara yang damai dan sejahtera.

• Untuk mempromosikan stabilitas dan juga perdamaian secara regional

Melalui kewajiban untuk menghormati keadilan hukum pada hubungam antara negara-negara yang ada di kawasan Asean.

Selain itu juga untuk mematuhi prinsip-prinsip yang ada pada piagam perserikatan bangsa-bangsa.

• Untuk mempromosikan bantuan timbal balik dan kolaborasi aktif

Perihal yang sudah menjadi kepentingan bersama, khususnya dalam bidang sosial, bidang ekonomi, ilmiah, teknis dan juga bidang administrasi.

• Untuk memberikan bantuan satu sama lain

setnas-asean.id

Baik itu dalam bentuk pelatihan maupun fasilitas dalam penelitian yang ada di bidang profesiobal, bidang pendidikan, bidang administratif dan juga bidang teknis.

• Untuk melakukan kolaborasi yang lebih aktif lagi

Sebagai pemanfaatan industri dan pertanian yang jauh lebih besar untuk perluasan perdagangan.

Hal ini pun juga termasuk pada studi mengenai perdagangan komoditas internasional, peningkatan standar hidup para masyarakat, peningkatan fasilitas transportasi, dan juga untuk mempromosikan studi di Asia Tenggara.

• Untuk melakukan kerjasama yang sangat menguntungkan

liputan6.com

Menjalin kerjasama yang erat dengan organisasi regional dan organisasi internasional. Dengan demikian, maka hal ini akan ditentukan target serta tujuan yang sama antar organisasi.

Selain itu Asean juga akan menjelajahi jalan sebagai langkah untuk menjalin kerja sama yang jauh lebih erat diantara anggota.

Itulah tujuan dari Asean yang memang memiliki peran yang begitu sangat penting. Seperti yang sudah anda lihat, bahwa Asean memiliki tujuan yang begitu sangat berarti bagi negara.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.