Teks Sumpah Pemuda | Sejarah, Isi, Tokoh dan Makna

Para pemuda Indonesia tentu tahu, bahwa setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda lahir pada tanggal 28 Oktober 1928 silam, sebelum Indonesia merdeka.

Pada 28 Oktober 2019 nanti telah menginjak yang ke-81 tahun. Sebenarnya istilah Sumpah Pemuda tidak muncul dalam putusan Kongres Pemuda II, melainkan diberikan setelahnya.


Sumpah Pemuda


Sumpah Pemuda merupakan tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar para pemuda dan pemudi Indonesia ini dianggap sebagai bentuk pengkristalan semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia yang merdeka.

Diharapkan menjadi asas bagi setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia dan supaya disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di depan rapat suatu perkumpulan untuk mengobarkan semangat demi Indonesia mereka saat itu.

Keputusan dalam kongres pemuda II tersebut adalah bentuk penegasan cita-cita akan ada tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia.


Teks Isi Sumpah Pemuda


Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan Kongres Pemuda II yang menjadi teks sumpah pemuda pertama (teks asli), sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisannya pun masih menggunakan ejaan Van Ophuysen.

“Kami poetra a dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Kami poetra dan poetri Indonesia menjoenjoeg bahasa persatoean, bahasa Indonesia.”

Ini adalah teks dan naskah asli dari Ikrar Persatuan Pemuda Indonesia. Kongres Pemuda II ini merupakan kongres pergerakan pemuda Indonesia yang dilaksanakan di Batavia (sekarang Jakarta) pada tanggal 27-28 Oktober 1928.

Kongres ini menjadi salah satu hari bersejarah yang dikenang karena telah melahirkan sebuah ikrar pemersatu bangsa Indonesia yang kini dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Image Source: brainly.co.id

Sejarah Sumpah Pemuda


Di balik perjuangan paara pemuda dan pemudi masa itu, terdapat beberapa fakta seputar Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah sumpah sakral yang diucapkan para pemuda zaman perjuangan meraih kemerdekaan.

Beberapa peristiwa penting menjadi saksi keberhasilan perjuangan untuk meraih kemerdekaan. Salah satu momentum bersejarah itu adalah Sumpah Pemuda. Pembangkitan semangat pemuda dan pemudi dari seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Dengan dilaksanakannya Sumpah Pemuda ini, perjuangan yang dimulai dengan kedaerahan pada akhirnya disatukan dengan ikrar bersama. Para pemuda pun akhirnya mengambil bagian penting untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Berawal dari sumbangan para pelajar Indonesia yaitu PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia) dan juga para cendekiawan Indonesia yang bercita-cita menyatukan seluruh organisasi pemuda di Indonesia, akhirnya berbagai pertemuan demi meraih kemerdekaan pun dilakukan.

Dalm kongres pemuda yang menghasilkan rumusan sumpah pemuda, penulisan teks sumpah pemuda dilakukan oleh Moehammad Yamin dan ditandatangani oleh Soegondo Djojopoespito yang merupakan ketua kongres tersebut.

Pembacaan rumusan akhirnya juga dilakukan oleh Soegondo.


Tokoh Sumpah Pemuda


Tokoh yang Berperan dalam Sumpah Pemuda :

  1. Soegondo Jojopoespito
  2. Muhammad Yamin
  3. Wage Rudolf Soepratman
  4. Amir Syarifuddin
  5. Sie Kong Liong
  6. Sarmidi Mangoensarkoro
  7. Djoko Marsaid
  8. Soenario Sastrowardoyo

Makna Sumpah Pemuda


Sebagai pemuda Indonesia kita seharusnya mampu memaknai dari sejarah lahirnya sumpah pemuda ini. Menyerukan untuk menjaga keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia.

Memiliki semangat untuk mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif yang membuat tambahnya rasa cinta kita terhadap tanah air pusaka Indonesia.

Sebagai bangsa yang besar, kita wajib bersyukur telah dianugerahi kemerdekaan Indonesia yang begitu luar biasa untuk mencapainya.

Mari kita persiapkan mental untuk perubahan Indonesia berkemajuan. Manfaatkan diri kita untuk menciptakan bangsa yang dicintai pemudanya dan seluruh warga Indonesia.

Demikian uraian tentang sejarah sumpah pemuda beserta teks sumpah pemuda asli menjelang lahirnya kemerdekaan Indonesia. Semoga bermanfaat. Salam.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.