Penjelasan 4 Prinsip Geografi (Distribusi, Interelasi, Deskripsi, Korologi) Beserta Contohnya

54
Penjelasan 4 Prinsip Geografi (Distribusi, Interelasi, Deskripsi, Korologi) Beserta Contohnya
uniqpost.com

Sebuah penelitian disebut sebagai penelitian geografi apabila fenomena geosfer yang diteliti telah memuat prinsip geografi.

Sebuah kajian disebut sebagai kajian geografi apabila fenomena geosfer yang dikaji telah memuat prinsip geografi. Prinsip geografi ada tiga yaitu prinsip persebaran, prinsip interrelasi, dan prinsip deskripsi.

Prinsip persebaran yaitu prinsip yang menyatakan bahwa fenomena geosfer tersebar tidak merata di muka bumi. Fenomena geosfer antara satu tempat dengan tempat lain tidak identik (sama persis).

Jika suatu tempat memiliki temperatur 25° C dan di tempat lain juga memiliki temperatur 25°C tetapi belum tentu kedua tempat itu memiliki kelembaban udara yang sama. Sehingga, Tidak ada tempat-tempat di muka bumi yang  memiliki karakter yang identik.

Prinsip interrelasi adalah prinsip yang menyatakan bahwa segala fenomena geosfer saling berhubungan. Selain itu, terdapat juga hubungan fenomena geosfer di masa lalu, masa sekarang, dan masa depan.

Misalnya, Kondisi iklim akan berpengaruh terhadap persebaran vegetasi dan perubahan iklim dari masa ke masa juga berpengaruh pada perubahan persebaran vegetasi.

Prinsip deskripsi adalah prinsip yang menyatakan bahwa fenomena geosfer harus dapat digambarkan. Penggambaran fenomena geosfer harus dilakukan berdasarkan faktor keruangannya.

Penggambaran secara keruangan dapat menggunakan peta, penampang melintang, blok diagram, peta citra, dan sebagainya.

Ketiga prinsip tersebut harus dipenuhi oleh suatu fenomena geosfer agar dapat ditelaah, dikaji, diteliti secara geografi. Ketiga prinsip tersebut tidak boleh terpisahkan sehingga dikenal istilah prinsip korologi.

Prinsip korologi adalah prinsip yang menyatukan ketiga prinsip tersebut..

Sebenarnya tentang pelajaran geografi ini biasanya akan dibahas pada kelas 2. Namun pasalnya memahami konsep geografi dengan baik juga tidak ada salahnya. Untuk itu disini akan dijabarkan tentang beberapa prinsip geografi.


Penjelasan Lengkap Prinsip Geografi


Dengan mengetahui beberapa hal tersebut maka akan semakin mudah bagi anda untuk mengerti dengan baik mengenai geografi.

1. Distribusi

Distribusi artinya penyebaran, maksudnya kalau kamu belajar geografi pasti akan mempelajari penyebaran suatu fenomena. Nah kamu harus bisa membuat kalimat yang menyatakan suatu penyebaran. Coba lihat di bawah ini:

  • Di pagi hari masyarakat kota Jakarta mulai beraktifitas, ada yang ke kantor, sekolah hingga pasar.
  • Indonesia merupakan negara dengan jumlah gunung api terbanyak di dunia. Lokasi gunung api Indonesia ada di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku.
  • Abu vulkanik hasil erupsi Sinabung tahun 2015 menyebar sampai ke beberapa wilayah seperti Mdan, Mandailing, Padang hingga Pekanbaru.

2. Interelasi

Interelasi adalah adanya keterkaitan satu fenomena dengan fenomena lain baik sebelum atau sesudahnya. Contoh kalimantnya di bawah ini

  • Kemacetan di Jakarta membuat kerugian ekonomi hingga 3 miliar per hari.
  • Fenomena el nino memicu kekeringan panjang di Gunung Kidul.
  • Tsunami di Palu tahun 2018 disebabkan pergerakan sesar Palukoro.
  • Hujan deras selama hari kemarin memicu banjir bandang di Wonosobo.

3. Deskripsi

Deskripsi adalah penggambaran fenomena di permukaan bumi dengan berbagai macam cara baik tulisan, peta, statistik angka, diagram hingga foto. Contohnya:

  • Gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu mengakibatkan 1.400 orang meninggal dunia.
  • BNPB mencatat statistik bencana di Indonesia sebagai statistik bencana di Indonesia

4. Korologi

Korologi adalah penggabungan diantara ketiga konsep geografi sehingga menghasilkan suatu kajian geosfer yang utuh.

Jadi kalau korologi itu sebuah penggambaran fenomena ada unsur penyebaran, interelasi dan deksripsinya. Jadi tinggal gabung aja ketiga prinsip sebelumnya.

Demikian penjelasan lengkap mengenai prinsip geografi.

A Wife, Learner and Dreamer .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here