2
6

Piagam PBB | Isi, Makna, serta Prinsip yang Terkandung di Dalamnya

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dibentuk agar mampu menciptakan dunia yang lebih aman dan nyaman.

Sehingga tercipta hubungan dan kerja sama yang baik antar negara anggota PBB.

Perserikatan ini terbentuk dengan ditandatangani nya sebuah surat yang dikenal dengan istilah Piagam PBB.


Ulasan Mengenai Isi Piagam PBB


egrafis.com

Kami, rakyat perserikatan bangsa-bangsa bertekad untuk menyelamatkan generasi-generasi yang mendatang dari bencana perang.

Yang selama hidup kita telah dua kali menimbulkan kesengsaraan yang tiada taranya bagi umat manusia.

Untuk memperteguh kepercayaan pada hak-hak asasi manusia, pada persamaan hak, baik bagi pria maupun wanita, dan bagi segala bangsa besar dan kecil, dan untuk menegakkan keadaan.

Dimana keadilan dan penghormatan terhadap kewajiban-kewajiban yang timbul dari perjanjian-perjanjian dan lain-lain sumber hukum internasional dapat dipelihara.

Dan untuk meningkatkan kemajuan sosial serta memperbaiki tingkat kehidupan dalam alam kebebasan yang lebih luas.

Dan untuk tujuan tujuan itu melaksanakan toleransi dan hidup bersama satu sama lain dalam suasana perdamaian sebagaiman layaknya hidup bertetangga baik.

Mempersatukan kekuatan kita untuk memelihara perdamaian dan keamanan internasional, dengan menerima prinsip-prinsip dan dengan membuat metode-metode, agar kekuatan senjata tidak akan digunakan kecuali untuk kepentingan bersama.

Menggunakan sarana-sarana internasional guna mempertinggi kemajuan ekonomi dan sosial semua bangsa.

Telah sunguh-sunguh bertekad untuk mempersatukan daya upaya kita bagi tercapainya tujuan-tujuan tersebut.

Sesuai dengan itu pemerintah yang mewakili telah menunjukkan kuasa penuh mereka yang terdapat dalam bentuk yang baik dan sah dan yang berhimpun di kota San Francisco.

Mereka telah sepakat menyetujui Piagam PBB ini dengan membentuk sebuah organisasi internasional yang dikenal sebagai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


Tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa


aa.com.tr

• Memelihara Perdamaian dan Keamanan Internasional

Tujuan didirikannya PBB yang utama adalah agar terpeliharanya perdamaian dan keamanan internasional. Pasalnya seluruh anggota PBB dengan efektif bersama-sama mencegah adanya ancaman-ancaman maupun pelanggaran terhadap aspek perdamaian.

Jikalau pun terdapat masalah, maka sebaiknya bisa diselesaikan dengan cara damai. Sehingga nantinya tidak akan menganggu keamanan dunia.

• Media Kerja Sama antar Bangsa

Piagam PBB ini juga dimaksudkan agar bisa mengembangkan hubungan antar bangsa-bangsa. Hal tersebut juga akan sangat berpengaruh terhadap kerjasama dan perdamaian dunia.

• Memberikan Solusi pada Permasalahan Internasional

PBB dibuat untuk dapat mencapai kerjasama internasional yang mampu memecahkan persoalan-persoalan di berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, kebudaya, ataupun bidang kemanusian.

Hal tersebut juga bisa mendorong kemajuan terhadap hak asasi dan kebebasan manusia untuk memilih agama yang dipercayanya.

• Pusat Penyelarasan

Menjadi pusat bagi penyelarasan segala tindakan bangsa-bangsa dalam mencapai tujuan-tujuan bersama tersebut.


Prinsip yang Terkandung dalam Piagam PBB


malangtoday.net

Dalam usahanya mencapai tujuan-tujuan dari terbentuknya PBB, organisasi ini dan anggota-anggotanya akan bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip sebagai berikut:

1. Piagam PBB memiliki prinsip persamaan keadaulatan terhadap seluruh anggota.

2. Segenap anggota, untuk menjamin diperolehnya hak-hak dan manfaat baginya yang timbul dari keanggotaannya, harus dengan setia memenuhi kewajiban-kewajiban yang diterima sesuai dengan piagam ini.

3. Setiap anggota harus mampu menyelesaikan sengketa internasional dengan jalur damai. Hal tersebut dilakukan agar keamanan internasional dapat terus terjaga.

4. Segenap anggota dalam hubungan internasional mereka, menjauhkan diri dari tindakan mengancam atau menggunakan kekerasan terhadap integritas wilayah atau kemerdekaan politik suatu negara lain atau dengan cara apapun yang bertentangan dengan tujuan-tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

5. Semua anggota harus memberikan segala bantuan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam suatu tindakannya yang diambil sesuai dengan piagam ini. Dan tidak akan memberikan bantuan kepada suatu negara yang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dikenakan tindakan pencegahan atau pemaksaan.

6. Organisasi ini menjamin agar negara-negara bukan anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa bertindak dengan prinsip-prinsip ini apabila dianggap perlu untuk perdamaian dan keamanan internasional.

7. Tidak ada suatu ketentuan pun dalam piagam ini yang memberi kuasa kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mencampuri urusan-urusan yang pada hakekatnya termasuk urusan dalam negeri suatu negara. Setiap negara diminta untuk dapat menyelesaikan masalahnya masing-masing dan mengambil tindakan.

Keyword: Piagam PBB

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.