Pengertian Resensi, Manfaat, Tujuan, serta Bagian Isinya dalam Tulisan

48
pengertian resensi
satujam.com

Bagi Anda yang gemar membaca majalah, koran ataupun tabloid pastilah tidak asing dengan istilah resensi. Tapi, kadang banyak juga yang masih bingung dengan istilah atau pengertian resensi itu sendiri. Nah, pada kesempatan ini akan diulas terkait dengan pengertian resensi.

Mengenai Pengertian Resensi

gemainsani.co.id

Jadi, menurut etimologi istilah resensi ini terdapat dalam bahasa Belanda yaitu dari kata resentie. Sedangkan dalam bahasa latin resensi sepadan dengan kata recensio, recensere atau pun revidereh. Semua kata tersebut bermuara pada arti mengulas kembali.

Sedangkan menurut istilah pengertian resensi yaitu suatu penilaian terhadap suatu hasil karya. Jadi, untuk suatu hasil karya yang dapat dinilai bisa dalam bentuk buku ataupun dalam bentuk karya film dan juga karya drama.

Dari pengertian di atas dapat ditarik bahwa dalam menulis resensi hendaknya mencakup kelebihan, kekurangan bahkan juga informasi yang didapatkan dalam buku maupun apa yang hendak disampaikan kepada khalayak.

Setelah memahami sekilas tentang pengertian resensi, mungkin kita akan bertanya-tanya, apa sebenarnya manfaat maupun faedah dari resensi itu sendiri.

Manfaat dan Faedah Resensi

islamindonesia.id

Dapat memberikan gambaran kepada para pembaca atau khalayak ramai tentang suatu karya dan bisa mempengaruhi mereka untuk tertarik membaca atau menonton karya tersebut.

Selain itu, juga memperoleh imbalan atas buku-buku yang sudah diresensikan secara gratis yang mana imbalan ini biasanya dari penerbit buku apabila resensinya dimuat di media cetak.

Selanjutnya, karya yang telah diresensikan bisa dijadikan sebagai media untuk mempromosikan suatu karya. Nilai plusnya adalah mengasah kemampuan menulis bahkan bisa mengembangkan kreativitas dalam menulis.

Tujuan dari Pengertian Resensi

fikrikamal.com

Dalam meresensi suatu karya didapatkan goal yaitu:

  • Mengajak para pembaca untuk membicarakan dan berdiskusi lebih jauh tentang masalah yang di angkat dalam karya yang dibuat resensi
  • Memberikan pemahaman serta informasi secara komprehensif kepada pembaca tentang sebuah karya yang diresensi
  • Sebagai usaha dalam memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang kelayakan sebuah karya untuk dibaca atau diterbitkan
  • Sebagai upaya adalam memberikan jawaban mengenai pertanyaan-pertanyaan dari pembaca ketika sebuah karya diterbitkan

Setelah memahami pengertian resensi, faedah dan goalnya, ada baiknya juga memperhatikan jenis-jenis resensi. Adapun jenis-jenis resensi yaitu:

1. Jenis Resensi Informatif

Yang dimaksud dengan jenis resensi informatif yaitu resensi yang hanya menyampaikan isi dari resensi secara singkat. Selain itu juga hanya secara umum dari keseluruhan ini buku atau karya tersebut.

2. Jenis Resensi Deskriptif

Selanjutnya jenis resensi deskriptif yaitu suatu resensi yang mana membahas secara detail pada tiap bagian atau bab suatu karya seni baik itu buku, novel ataupun film.

3. Jenis Resensi Kritis

Pada jenis resensi kritis ini dimaksudkan sebagai resensi yang mencakup ulasan detail dengan metodologi ilmu pengetahuan ataupun pendekatan disiplin ilmu tertentu. Ada kecenderungan dalam jenis resensi kritis dan tentu objektif

Bagian dan Unsur yang Terdapat dalam suatu Resensi

thegorbalsla.com

Selanjutnya, penting juga diketahui terkait unsur-unsru yang harus ada dalam suatu resensi. Adapun unsur-unsur yang dimaksud meliputi.

1. Unsur Isi Resensi

Dalam unsur ini memuat tentang sinopsis, ulasan singkat bahkan dengan kutipan seperlunya, dan tidak lupa menuliskan keunggulan dan kelemahan karya seni tersebut entah itu karya dalam bentuk buku, film ataupun drama.

Selain itu, juga harus menyertakan rumusan kerangka dan penggunan bahasa jika yang diresensi adalah buku

2. Unsur Penyusunan Data

Adapun unsur dalam penyusunan data, jika yang diresensi adalah buku, maka harus meliputi:

  • Judul buku yang diresensi
  • Pengarang dari buku yang telah diresensi
  • Penerbit buku
  • Tahun terbit buku dan juga sertakan cetakan keberapa atau jilid berapa
  • Dan jangan lupa juga tentang dimensi atau spesifikasi buku tersebut
  • Dan yang tidak kalah pentingnya adalah harga jual buku yang telah diresensi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here