Pengertian Pasar Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Senang sekali rasanya sekarang ini kami bisa membagikan artikel mengenai pasar yang tentunya beberapa hal terkait pasar akan kami bahas juga disini mulai dari pengertian pasar, apa saja ciri-ciri pasar, dan fungsinya seperti apa.


Pengertian Pasar Secara Umum


marketwatch.com

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih lanjut, kita akan bahas dulu tentang apa itu pasar? Pengertian pasar dalam arti yang sempit, pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli baik berbentuk barang ataupun jasa.

Sementara pengertian pasar yang lebih luas, pasar adalah proses interaksi antara penjual dan pembeli sehingga mencapai harga pasar.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin canggih dan maju, pasar tidak bisa lagi diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli.

Apalagi sekarang ini jual beli barang atau jasa sudah bisa dilakukan tanpa harus bertemu atau dengan cara online.

Sementara untuk contoh pasar jika diartikan dalam arti yang luas adalah pasar uang, pasar saham, penjualan yang dilakukan melalui internet atau surat kabar yang kemudian dilanjutkan dengan interaksi lewat telepon ataupun internet.


Pengertian Pasar Menurut Ahli


warungcurhat.com

Pengertian pasar juga diungkapkan oleh beberapa ahli seperti William J. Stanton yang mengatakan jika pasar sendiri adalah sekumpulan orang yang punya keinginan untuk mendapatkan kepuasan, uang yang dimiliki digunakan untuk berbelanja disertai adanya keinginan untuk membelanjakan uang itu.

Ahli kedua yakni Hotler dan Amstrong menyebut jika pasar merupakan seperangkat pembeli yang aktual dan potensial dari sebuah produk barang atau jasa.

Sementara untuk ukuran pasar tergantung dari jumlah orang yang menunjukkan perihal kebutuhan, memiliki kemampuan dalam hal bertransaksi.

Banyak sekali yang memandang jika penjual dan pembeli adalah sebuah pasar dimana penjual akan mengirim produk dan jasa yang diproduksi dan untuk menyampaikannya ke pasar.

Pengertian pasar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pasar adalah tempat sekumpulan orang yang melakukan transkasi jual beli.


Syarat-Syarat Terbentuknya Pasar


merdeka.com

Jika pengertian pasar sudah kamu pahami dengan baik, maka kamu juga harus tahu syarat-syarat terbentuknya pasar itu sendiri.

Pasar bisa terbentuk jika ada penjual dan pembeli, ada barang atau jasa yang diperdagangkan, ada proses tawar menawar hingga terjadi kesepakatan harga diantara pembeli dan penjual tersebut.

Jadi, kegiatan-kegiatan ini dapat membentuk pasar meski tidak dilakukan dengan cara bertemu langsung.


Fungsi atau Kegunaan Pasar


Untuk fungsi pasar, pasar punya tiga fungsi yang dapat mendasari keberadaan pasar itu sendiri. Pertama, fungsi distribusi dimana pasar adalah sarana untuk membuat jarak konsumen dan produsen jadi dekat pada saat melakukan transaksi.

visitberlin.de

Di dalam fungsi distribusi sendiri, pasar akan berperan untuk melancarkan penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Ada juga yang namanya fungsi pembentukan harga dimana pada fungsi ini tugas pasar adalah membentuk harga pasar. Dimana harga pasar sendiri adalah hasil dari kesepakatan harga diantara penjual dan juga pembeli.

Ada yang namanya fungsi promosi dimana pasar dijadikan sebagai ajang untuk promosi. Pelaksanaan promosi sendiri bisa dilakukan misalnya dengan memasang spanduk, membagi brosur dan juga membagi sampel.

Sesuai dengan perannya, pasar adalah tempat untuk mempromosikan barang atau jasa yang akan diperdagangkan, menjadi tempat menjual hasil produksi, menjadi tempat mendapatkan bahan produksi, memudahkan konsumen dalam mendapat barang yang dibutuhkan.

Selain itu pasar juga menjadi tempat konsumen untuk mendapatkan sumber daya yang dimiliki. Serta masih banyak lagi peranan lain dari pasar yang tentunya sangat penting baik bagi penjual dan juga pembeli. Semoga artikel tentang pengertian pasar ini bermanfaat.

Keyword: pengertian pasar

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.