1
2

Pengertian Hubungan Internasional, Asas-Asas Beserta Manfaatnya

Pengertian hubungan internasional secara umum adalah suatu bentuk interaksi atau hubungan antar negara yang merdeka dan berdaulat oleh dua negara atau lebih yang mencakup berbagai aspek baik politik, ekonomi, keamanan, sosial budaya dan berbagai aspek lainnya.

Sering dianggap bahwa bentuk pemerintahan suatu negara dapat menentukan cara negara tersebut berinteraksi dengan negara lain dalam sistem internasional.

Pengertian hubungan internasional secara sederhana dapat diartikan sebagai hubungan antar negara, antar kelompok atau antar individu dari suatu negara yang berbeda dalam bidang tertentu yang tujuannya adalah untuk kepentingan kedua belah pihak.

Menurut UU No 37 Tahun 1999 hubungan internasional adalah kegiatan yang menyangkut aspek regional dan internasional yang dilakukan oleh pemerintah di tingkat pusat dan internasional yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah, lembaga negara, badan usaha, lembaga swadaya, organisasi politik, organisasi masyarakat, LSM atau warga negara.


Pengertian Hubungan Internasional Menurut Ahli


geotimes.co.id

Berikut adalah pengertian hubungan internasional menurut para ahli, yaitu:

1. Mohtar Mas’oed

Hubungan internasional merupakan hubungan yang melibatkan bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga diperlukan mekanisme yang kompleks dan melibatkan banyak negara.

2. Ishaq Rahman

Pengertian hubungan internasional adalah ilmu yang identik dengan hubungan yang terjadi antar negara.

3. Couloumbis

Hubungan internasional adalah ilmu yang mendalami pola-pola reaksi dan aksi diantara beberapa negara berdaulat dimana yang indikatornya adalah perilaku elit.

4. Private

Pengertian hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari tentang interaksi dari beberapa jenis kesatuan politik sosial tertentu, termasuk studi atas keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

5. Suwardi Wiraatmaja

Hubungan internasional adalah ilmu sintesa yang menggambungkan, menyatukan serta memadukan berbagai disiplin yang mempunyai perhatian terhadap suatu masalah internasional.

6. Jeremy Bentham

aksi.id

Pengertian hubungan internasional ialah suatu ilmu yang merupakan suatu kesatuan disiplin dan mempunyai ruang lingkup serta sebuah konsep-konsep dasar.

7. Drs. R Soeprapto

Drs. R Seoprapto mengatakan hubungan internasional merupakan spesialisasi yang mengintegritaskan beberapa cabang ilmu pengetahuan lain yang mempelajari mengenai internasional kehidupan sosial manusia.

8. Tini Rustini, S.Pd

Hubungan internasional adalah hubungan antar negara dalam berbagai aspek kehidupan untuk memenuhi kepentingan masing-masing.

9. The Dictionary of World Politics

Pengertian hubungan internasional adalah istilah yang digunakan untuk melihat seluruh interaksi antara aktor-aktor negara dengan melewati batas-batas negara.

10. Amelia Novrida

Menurut Amelia hubungan internasional adalah suatu bentuk interaksi antar faktor atau anggota masyarakat yang satu dengan aktor maupun dengan anggota masyarakat yang lain.


Manfaat Hubungan Internasional


kompasiana.com

Berikut adalah manfaat dari adanya hubungan internasional antar negara-negara, yaitu:

1. Dapat menjalin persahabatan antar bangsa.

2. Menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan Negara.

3. Mempercepat proses perkembangan ekonomi negara.

4. Menunjang upaya pemeliharaan dan pemulihan perdamaian, keamanan dan stabilitas internasional.

5. Dapat menerima bantuan dari organisasi-organisasi internasional.

6. Meningkatkan investasi

7. Memperkuat posisi perdagangan

8. Meningkatkan penanggulangan kejahatan

9. Menunjang pelaksanaan dari kebijakan politik pemerintah dan hubungan luar negeri yang di lakukan untuk kepentingan pembangunan di semua bidang.

10. Mendapatkan bantuan dan upaya pencegahan serta penanggulangan setiap bentuk bencana alam serta pemulihan infrastruktur dan lain-lainnya.


Asas-Asas Hubungan Internasional


setkab.go.id

Berikut adalah asas yang mendasari suatu hubungan internasional terjadi, yaitu:

1. Asas Teritorial adalah asas yang didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya

2. Asas Kebangsaan adalah asas yang didasarkan pada kekuasaan negara terhadap warga negaranya.

3. Asas Kepentingan Umum adalah asas yang didasarkan pada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan masyarakat.

Pengertian hubungan Internasional sering disebut Studi Internasional (SI), meski keduanya tidak sama. Dalam hubungan internasional tidak harus selalu dalam hal kerjasama saja.

Persahabatan, persengketaan, permusuhan, bahkan peperangan juga termasuk dalam hubungan internasional. Semoga bermanfaat. Salam!

Keyword: Pengertian Hubungan Internasional

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.