Pengertian Demokrasi serta Jenis-Jenis Penerapannya

Secara umum, pengertian demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana setiap warga negara mempunyai hak yang setara dalam pengambilan ketentuan terkait keputusan hidup mereka.

Demokrasi juga bisa dianggap sebagai kekuasaan yang menitik beratkan pada kekuasaan rakyat, dimana rakyat memiliki kedaulatan yang paling tinggi.

Demokrasi mengizinkan warga negaranya untuk terlibat baik dengan cara segera atau mungkin dengan perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum.


Pengertian Demokrasi


mediakonsumen.com

Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata “demokratia” yang artinya kekuasaan rakyat. “Demokratia” terdiri dalam dua kata yakni “demos” yang bermakna rakyat serta “kratos” yang bermakna kebolehan atau kekuasaan.

Demokrasi meliputi situasi sosial, ekonomi, serta budaya yang memungkinkan terjadinya praktek kebebasan politik baik dengan cara bebas serta setara.

Dalam lingkup pemerintahan, demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat serta untuk rakyat.

Demokrasi merupakan sistem sosial serta politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang dibatasi dengan hukum serta tradisi untuk perlindungan hak-hak perseorangan warga negara. Dikenal dengan sistem pemerintahan oleh rakyat serta untuk rakyat.

Yang mengerjakan kekuasaan negara yakni wakil-wakil rakyat yang terpilih. Dimana rakyat sudah mempercayai jika semua kehendak serta kepentingannya akan dicermati dan dipenuhi oleh si wakil rakyat tersebut.


Jenis-Jenis Demokrasi


idntimes.com

Demokrasi banyak difungsikan di suatu negara dengan dengan berbagai jenis sistem yang berbeda. Jadi, jika dikategorikan demokrasi terbagi menjadi lebih dari satu jenis. Berikut penjelasannya:

a. Pengertian Demokrasi Berdasarkan pada Penyaluran Kehendak Rakyat

• Demokrasi Segera (Direct Democracy)

Pengertian demokrasi segera yaitu sistem demokrasi yang selalu melibatkan rakyat secara segera dalam pengemabilan setiap keputusan negara. Pada sistem ini rakyat dengan cara segera terlibat dalam penentuan umum serta memberikan kehendaknya.

• Demokrasi Tidak Segera (Indirect Democracy)

Demokrasi tidak segera merupakan sistem demokrasi yang tidak dengan terburu-buru melibatkan semua rakyat dalam pengambilan keputusan dalam satu negara. Apirasi rakyat ditampung terlebih dahulu melalui wakil-wakil yang dipilih oleh rakyat.

Wakil rakyat tersebut diyakini mampu menjadi penghubung dalam mewujudkan kehendak rakyat dengan baik. Jadi dalam sistem demokrasi tidak segera, rakyat tidak dilibatkan secara langsung dalam penentuan keputusan.

b. Pengertian Demokrasi Berdasarkan pada Konsentrasi Perhatiannya

agitasi.noblogs.org

• Demokrasi Resmi

Prinsipnya demokrasi ini akan memfokuskan pada sektor politik tanpa ada kurangnya kesenjangan sosial.

• Demokrasi Material

Dimana demokrasi akan fokus pada sektor politik dan akan terfokus pada material serta akan memperhatikan kesenjangan sosial

• Demokrasi Kombinasi

Prinsipnya demokrasi ini akan berfokus pada bidang ekonomi dan politik, agar keduanya dapat berjalan seimbang.

c. Demokrasi Berdasarkan pada Prinsip Ideologi

• Demokrasi Liberal

Pengertian demokrasi liberal yaitu sistem demokrasi yang didasarkan dari hak individu satu warga negara. Pada demokrasi ini, sistem pemerintahan dikuasai seutuhnya oleh rakyat.

Pemerintah sebagai perangkat negara tidak banyak ikut serta dalam kehidupan penduduk dan hanya memiliki kekuasaan yang sangat terbatas.

Demokrasi liberal disebut juga sebagai demokrasi konstitusi, dimana kekuasaanya  yang dibatasi oleh konstitusi tertentu.

• Demokrasi Komunis

Sistem demokrasi komunis didasarkan pada hak pemerintah di negaranya, dimana pemerintah memegang penuh kekuasaan paling tinggi di suatu negara.

Demokrasi komunis tidak dibatasi serta memiliki sifat totaliter yang membuat hak tiap-tiap individu di negara tersebut tak berpengaruh pada sistem pemerintahan.

• Demokrasi Pancasila

Pengertian demokrasi pancasila yaitu demokrasi yang didasarkan pada ideologi Indonesia, yakni Pancasila yang didasarkan pada tata sosial serta budaya bangsa Indonesia. Demokrasi Pancasila merupakan asas yang hingga kini dianut oleh sistem pemerintahan di Indonesia.

Keyword: Pengertian Demokrasi

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.