3
6

5 Pengertian Akulturasi Menurut Para Ahli

Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing.

Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.

Contoh: Saat budaya rap dari negara asing digabungkan dengan bahasa Jawa, sehingga menge-rap dengan menggunakan bahasa Jawa. Ini terjadi di acara Simfoni Semesta Raya (sumber Wikipedia).


Pengertian Akulturasi


backpackerjakarta.com

Akulturasi merupakan proses sosial yang muncul sebagai kompilasi manusia dengan budaya tertentu yang tidak hadir dari suatu budaya asing.

Akulturasi juga dirancang dengan bersatunya dua budaya atau lebih tepatnya menciptakan budaya baru namun tidak menghilangkan budaya asli.


Pengertian Akulturasi Menurut Para Ahli


1. Nardy

lampost.co

Akulturasi menurut Nardy adalah proses sosial yang timbul jika ada beberapa kelompok manusia yang dihadapkan dengan hal yang tidak-tidak dari budaya yang berkaitan dengan rupa, sehingga lambat laun diolah ke dalam situasi itu sendiri.

2. Hasyim (2011)

Pengertian Akulturasi menurut Hasyim adalah perpaduan antara kedua budaya yang terjadi dalam kehidupan serasi dan damai.

3. John W. Berry (2005: 698)

Pengertian akulturasi menurut John W. Berry adalah proses perubahan budaya dan psikologis yang terjadi akibat kontrak antara dua atau lebih kelompok dan anggota masing-masing kelompok.

4. Dwi Hayudiarto (2005: 37)

Akulturasi menurut Dwi Hayudiarto adalah proses sosial yang timbul sebagai kompilasi dari beberapa kelompok manusia dengan beberapa kalangan dihadapkan dengan tidak-tidak dari sebuah budaya yang menjadikannya tidak sesuai dengan fakta yang ada, sehingga laun diterima dan diolah dalam bahasa yang dibuat sendiri sesuai dengan keinginan.

5. Suyono

Menurut Suyono akulturasi adalah pengambilan atau penerimaan satu atau beberapa unsur kebudayaan yang berasal dari pertemuan dua atau beberapa unsur kebudayaan yang saling berhubungan atau saling bertemu.

Pengertian Akulturasi menurut KBBI adalah penyerapan yang terjadi oleh seorang individu atau sekelompok masyarakat, terhadap beberapa sifat tertentu dari kebudayaan kelompok lain sebagai akibat dari kontak ataupun dari interaksi kedua kelompok kebudayaan tersebut.


Bentuk-Bentuk Akulturasi


1. Substitusi

kompasiana.com

Substitusi merupakan suatu penggantian unsur yang lama diganti dengan unsur yang baru dengan menambah nilai lebih untuk pemakainya.

2. Sinkretisme

Unsur budaya yang lama secara bersama dengan unsur budaya baru membentuk sebuah sistem baru. Dari perpaduan ini terjadi pada sistem keagamaan.

3. Penambahan (Addition)

Addition merupakan unsur budaya lama yang dilakukan penambahan dengan unsur budaya baru menjadikan ada pemberian sebuah nilai tambah.

4. Penggantian (Deculturation)

Unsur budaya yang lama hilang diganti dengan unsur budaya baru. Misalnya delman, ataupun andong yang diganti dengan angkot atau angkutan motor.

5. Originasi

Adanya unsur budaya yang baru yang tentunya tidak dikenal memunculkan perubahan besar pada kehidupan masyarakat. Seperti masuknya listrik ke desa.

6. Penolakan (Rejection)

Akibat adanya proses perubahan sosial budaya yang begitu cepat, memberikan dampak negatif yang terjadinya penilaian dari beberapa anggota masyarakat yang tidak siap dan tidak setuju pada adanya proses pencampuran tersebut.

Contohnya beberapa orang masih percaya dengan kepada dukun. Umumnya memang terdapat beberapa faktor yang menjadi pengaruh akulturasi, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Proses akulturasi yang ada pada masyarakat menunjukkan banyak hasil yang ikut berperan sampai saat ini, mulai dari seni bangunan seperti masjid, makan dan juga istana.

Seperti seni ukir relief yang menghiasi Masjid, makam Islam dan lain-lain. Sistem kalender, Angpaw (Negeri China), Hallowen (Eropa), Thanks Giving (Eropa), Valentine (Eropa) dan lain-lain. Adanya akulturasi semoga tetap menjadikan bangsa Indonesia bersatu yah!

Keyword: pengertian akulturasi

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.