Pembagian Ilmu Ekonomi | Pengertian dan Penjelasan Singkatnya

Apa sih ekonomi? Kebanyakan orang pasti berpikir ekonomi sangat berhubungan dengan uang, hal ini dikarenakan setiap materi-materi yang diajarkan dalam ekonomi selalu menceritakan masalah keuangan.

Bagaimana tidak, dalam ekonomi ada yang namanya akuntansi dimana akuntunsi itu sendiri berisi tentang materi keuangan. Baik itu keuangan individu, perusahaan ataupun negara semuanya disajikan dalam bentuk laporan.

Ilmu ekonomi memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat dan memberikan dampak besar bagi kehidupan masyaratkat. Oleh karena itu terdapat pengelompokkan mengenai pembagian ilmu ekonomi. Sebelum mengetahui pembagiannya kita harus paham dulu mengenai apa itu ilmu ekonomi.

Pengertian Ilmu Ekonomi

rumus.co.id

Nah, ilmu ekonomi itu adalah ilmu yang mempelajari tentang segala tingkah laku manusia yang bertujuan untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya terbatas. Ilmu ekonomi juga dapat artikan sebagai usaha dalam membuat suatu alternatif barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan hidup manusia.

Di dalam ilmu ekonomi terdapat beberapa jenis, pada bagian ini akan dijelaskan mengenai pembagian ilmu ekonomi.

Pembagian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi secara umum terbagi menjadi tiga, yaitu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ekonomi terapan. Dimana teori ekonomi juga dibagi menjadi dua bagian yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Ekonomi deskriptif merupakan ilmu ekonomi yang menjelaskan tentang data-data yang berisi berbagai fenomena dan kenyataan yang terjadi.

Ekonomi deskriptif juga merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang menjelaskan secara apa adanya tentang kehidupan ekonomi pada suatu daerah atau negara pada suatu masa tertentu berdasarkan data yang ada.

mamikos.com

Pembagian ilmu ekonomi yang selanjutnya yaitu teori ekonomi. Teori ekonomi ini adalah pembagian ilmu ekonomi yang memberi penjelasan yang telah disederhanakan mengenai cara bagaimana sebuah sistem ekonomi bekerja dan ciri-ciri yang sangat penting dari sistem ekonomi tersebut.

Teori ekonomi terbentuk atas dasar landasan dari pengamatan sebab akibat yang didasarkan pada aksi dan juga reaksi yang ada di dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

Pada teori ekonomi terdapat dua bagian yaitu pertama, ekonomi makro yang merupakan jenis teori ekonomi mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Hal-hal yang dipelajari dalam ekonomi makro adalah fenomena yang luas seperti inflasi, pengangguran, pendapatan nasional dan pertumbuhan.

Kedua, ekonomi mikro yang mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya terbatas.

Ekonomi mikro juga mempelajari bagian-bagian seperti perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga pasar untuk satu jenis barang tertentu serta kuantitas faktor input barang dan jasa.

khanfarkhan.com

Untuk yang terkahir pembagian ilmu ekonomi adalah ekonomi terapan. Ekonomi terapan adalah cabang ilmu ekonomi yang menggunakan hasil kajian teori ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan ekonomi deskriptif.

Ekonomi terapan ini menggunakan beberapa ilmu teori ekonomi seperti pengukuran, metode analisis statistik dan ekonometrika untuk menjelaskan fenomena ekonomi dan untuk menginformasikan kebijakan ekonomi secara akurat.

Bagaimana? Sudah tahu kan apa itu ilmu ekonomi dan pembagian ilmu ekonomi itu sendiri? Seperti yang sudah dijelaskan ada tiga ilmu ekonomi yang dapat anda pahami.

Dimana ketiga bagian tersebut dapat anda lihat contohnya sehari-hari, karena setiap yang kita lakukan selalu berhubungan dengan ekonomi.

Ekonomi memang memberikan peranan yang begitu penting apalagi dalam dunia bisnis. Ilmu ekonomi sangat penting anda pelajari jika anda memiliki suatu bisnis yang sedang dijalankan. Semoga bermanfaat ya!

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.