5
6

4 Pelaku Ekonomi dari Berbagai Elemen di Suatu Wilayah atau Negara

Pelaku ekonomi merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan semua pihak yang terlibat dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Pihak-pihak yang terlibat tersebut antara lain dari bagian produksi atau bahkan distribusi, dan juga konsumsi, baik yang dilakukan oleh perorangan maupun juga oleh sebuah organisasi (pihak pemerintah ataupun pihak swasta).


Aktivitas Masyarakat Selaku Pelaku Ekonomi


Selain itu, pihak-pihak terkait yang mengambil peran secara langsung dalam pelaku ekonomi adalah rumah tangga, perusahaan produsen, lembaga keuangan, pemerintah dan juga masyarakat luar negeri.

Semua pihak terkait dari berbagai elemen tersebut telah memiliki tugas masing-masing dan juga dapat saling mempengaruhi satu sama lain pada perekonomian dalam suatu wilayah/ negara.

1. Rumah Tangga

tiara-food.com

Setiap hari, kehidupan masyarakat tidak dapat lepas dari kegiatan ekonomi yang terjadi setiap waktu.

Pihak yang terlibat tersebut sudah memiliki peran dan bagian tersendiri dalam kegiatan tersebut, seperti konsumen atau juga bisa disebut dengan rumah tangga keluarga.

Rumah tangga menjadi pelaku ekonomi dengan konteks lingkup yang kecil, walaupun di dalamnya secara individu dan kelompok yang terdiri dari bapak, ibu, anak, tante, paman, nenek dan kakek hingga asisten rumah tangga.

Setiap rumah tangga memiliki barang dan jasa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup.

Untuk memenuhi hal tersebut rumah tangga keluarga akan memiliki penghasilannya yang digunakan unuk membeli sebuah barang dan jasa yang diperlukan.

Untuk mendapatkan penghasilan tersebut, rumah tangga keluarga ini akan memanfaatkan apa yang dapat mereka lakukan, seperti tenaga yang diberikan kepada rumah tangga perusahaan (kapasitas yang lebih besar).

2. Pelaku Ekonomi berupa Perusahaan

koperasi.net

Perusahaan biasanya akan melakukan kegiatan produksi, sesuai dengan fungsinya dan aktivitas yang dilakukan tersebut akan menghasilkan barang dan jasa.

Perusahaan juga harus memastikan bahwa barang dan jasa yang diproduksi tersebut dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain itu, perusahaan sebagai distributor adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan berupa kegiatan promosi, menyusun agenda perdagangan hingga memiliki agen atau bahkan cabang dan armada sebagai alat transportasi untuk mengangkut barang dan jasa yang dihasilkan.

Perusahaan sebagai konsumen juga tak luput untuk melakukan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan produksi.

Untuk kegiatan konsumsi, perusahaan biasanya akan mengadakan bahan baku yang diperlukan, alat dan juga pembayaran sebagai upah dan gaji para karyawan.

3. Negara

kanalaceh.com

Sebagai pelaku ekonomi, negara memiliki peran sebagai produsen juga akan melakukan kegiatan produksi.

Kegiatan produksi yang dilakukan oleh negara/ pemerintah tersebut memiliki tujuan untuk mengangkat kesejahteraan rakyat.

Hal ini dapat berupa pembangunan sebuah pembangkit tenaga listrik, mengembangkan sarana transportasi dan juga membangun sebuah perusahaan air minum sebagai bentuk layanan kesehatan dan juga lainnya.

4. Masyarakat Luar Negeri

cnnindonesia.com

Pelaku ekonomi yang keempat adalah masyarakat luar negeri. Setiap wilayah negara memiliki letak geografis dan kondisi masyarakat yang berbeda-beda.

Hal tersebut juga berdampak pada masing-masing wilayah/ negara yang memiliki sumber daya baik manusia dan alam yang berbeda-beda.

Perbedaan yang terjadi ini menyebabkan setiap wilayah negara harus menggantungkan dirinya dengan negara lain demi memenuhi kebutuhan dan keperluan wilayahnya.

Proses ini akan membentuk perdagangan luar negeri yang biasa dilakukan oleh banyak negara di seluruh dunia. Beberapa kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat luar negeri antara lain:

– mengimpor barang dari negara lain dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan

– melakukan ekspor dan impor barang untuk saling melengkapi kebutuhan antar kedua negara

– investasi dengan memberikan fasilitas kredit untuk membiayai kegiatan pembangunan dan pengembangan yang dilakukan oleh pemerintah baik swasta maupun pemerintah dalam negeri.

Keyword: pelaku ekonomi

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.