2

Nama Nama Wali Songo, Penjelasan Nama Asli dan Sejarah Lengkap

Wali Songo atau yang berarti wali sembilan, merupakan sembilan tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, khususnya di pulau Jawa.

Nama-nama wali songo adalah; Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Kudus, Sunan Giri, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati.

Pada kesempatan ini, marilah kita belajar mengenali nama para wali songo beserta daerah yang menjadi tempat menyebarkan agama Islam.

Pada abad ke-14 para wali songo menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Hal ini berarti juga berakhirnya masa keemasan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia.

Wali Songo menempati daerah petinggi di pantai utara Jawa. Mereka menyebar di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, maupun Jawa Barat.

Seperti yang kita lihat, bahwa sampai sekarang, para Wali Songo dikenang sebagai tokoh penting dalam masuknya Islam di Indonesia, hal ini disebabkan sejarah telah mencatatnya.

Tak jarang pula makam para wali tersebut dikeramatkan dan masih banyak dikunjungi oleh para peziarah, serta menjadi bagian dari wisata religi masyarakat Indonesia.


Nama-nama Wali Songo


  1. Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)
  2. Sunan Ampel (Raden Rahmat)
  3. Sunan Bonang (Raden Makhdum Ibrahim)
  4. Sunan Drajat (Raden Qasim)
  5. Sunan Kudus (Ja’far Shadiq)
  6. Sunan Giri (Raden Paku/ Ainul Yaqin)
  7. Sunan Kalijaga (Raden Said)
  8. Sunan Muria (Raden Umar Said)
  9. Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah)

Kisah Wali Songo banyak dipelajari sebagai bukti sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia, khususnya di Jawa.

Sayangnya, banyak perbedaan pendapat tentang sejarah serta silsilah wali songo dikarenakan minimnya sumber informasi sejarah yang valid.


Sejarah Wali Songo, Asal Usul, dan Wilayah Dakwahnya


Karena sejarah ada maka masa lalu tak akan dengan mudah dilupakan.

Berikut sejarah mencatat tentang wali songo, mengenai silsilah keturunan, penyebaran dakwah agama Islam, dan makam para wali tersebut.

1. Sunan Gresik

Sunan Gresik sering disebut sebagai Maulana Malik Ibrahim. Sunan Gresik dianggap sebagai wali pertama yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Meski terdapat perbedaan tentang silsilah beliau, diperkirakan Sunan Gresik adalah keturunan dari wilayah Arab Maghrib di Afrika Utara.

Sunan Maulana Malik Ibrahim ternyata juga diperkirakan lahir di Samarkand, Asia Tengah, pada awal abad 14. Serta ada juga versi yang menyatakan bahwa Sunan Gresik

lahir di Persia dan Turki. Banyak juga yang berpendapat bahwa Sunan Gresik adalah keturunan dari Nabi Muhammad SAW ke-22.

Di antara sunan yang lainnya bisa dianggap bahwa Sunan Gresik adalah sunan yang paling dituakan(senior).

Dakwah sunan Gresik dilakukan pada akhir masa kerajaan Majapahit. Pertama kali beliau mendirikan masjid di desa Pasucinan, Manyar dekat kota Gresik.

Pendekatan dakwah dilakukan dengan sikap yang penuh keramahan terhadap masyarakat setempat dan melakukan pekerjaan bercocok tanam bersama.

2. Sunan Ampel

Sunan Ampel dikenal juga sebagai Raden Rahmat. Beliau adalah putera dari Sunan Gresik dan Dewi Condro Wulan. Wilayah dakwahnya meliputi Surabaya dan sekitarnya.

3. Sunan Bonang

Sunan Bonang memiliki nama asli Maulana Makhdum Ibrahim. Beliau adalah putera dari Sunan Ampel dan Nyai Ageng Manila.

Sunan Bonang merupakan keturunan ke-23 Nabi Muhammad SAW. Wilayah dakwahnya meliputi daerah Tuban dan sekitarnya.

4. Sunan Drajat

Sunan Drajat atau Raden Qasim, beliau sempat juga mendapatkan gelar Raden Syarifuddin. Merupakan putera dari Sunan Ampel dan saudaranya sunan Bonang.

Berarti beliau juga merupakan keturunan Nabi Muhammad yang ke-23.  Dakwahnya meliputi daerah Lamongan dan sekitarnya.

5. Sunan Kudus

Sunan Kudus memiliki nama asli Ja’far Shadiq. Beliau merupakan cucu dari Sunan Ampel serta putera dari Sunan Ngundung dan Syarifah Ruhil. Wilayah dakwahnya meliputi daerah Kudus dan sekitarnya.

6. Sunan Giri

Sunan Giri memiliki nama lain Raden Paku dan Muhammad Ainul Yaqin. Beliau adalah putera dari Maulana Ishaq.

Berteman di perguruan yang sama dengan Sunan Bonang, dengan berguru pada Sunan Ampel.

Wilayah dakwahnya meliputi daerah Gresik dan sekitarnya, Madua, Lombok, Kalimantan, Sulawesi, serta Maluku.

7. Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga sering disebut dengan Raden Said. Putera dari Tumenggung Wilatikta atau Raden Saur (Adipati Tuban yang sempat memimpin pemberontakan Ronggolawe pada zaman kerajaan Majapahit).

Sunan Kalijaga merupakan pribumi asli. Berumur hingga 131 tahun dan menyebarkan agama Islam di daerah Demak dan sekitarnya.

8. Sunan Muria

Sunan Muria memiliki nama asli Raden Umar Said. Beliau merupakan putera dari Sunan Kalijaga dan Dewi Sarah.

Menyebarkan agama Islam dengan berdakwah di daerah agak terpencil di sekitar gunung Muria yang meliputi; Jepara, Kudus, dan Pati.

9. Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati bernama asli Syarif Hidayatullah. Putera dari Syarif Abdullah Umdatuddin (keturunan bangsawan Timur Tengah). Wilayah dakwahnya meliputi Cirebon dan sekitarnya.

Demikian artikel mengenai nama-nama Wali Songo beserta wilayah dakwahnya. Semoga bermanfaat. Salam.

Keyword: Nama Nama Wali Songo

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.